Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Mengenai Sistem Ekonomi Belanda, Salah Satu Negara Maju di Dunia

Onlenpedia.com | Negara-negara di Eropa Barat rata-rata memiliki perekonomian yang maju, salah satunya adalah Belanda. Negara tersebut tercatat memiliki PDB (Pendapatan Domestik Bruto) dan PDB per kapita yang cukup besar.

Lalu, seperti apa sistem ekonomi yang dianut oleh Belanda?

Berikut ulasannya!


sistem ekonomi yang dianut belanda negara maju eropa dunia
Sistem perekonomian Belanda / gambar bendera Belanda


Sistem perekonomian Belanda

Belanda merupakan negara dengan perekonomian yang maju, dan terbuka bagi dunia. Sebelumnya, pemerintah Belanda telah mengurangi 'dominasi'nya dalam perekonomian (sejak era 1980-an), alhasil Belanda pun tergolong negara penganut sistem ekonomi liberal (pasar).

Adapun kegiatan ekonomi utama di Belanda mencakup industri pemrosesan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik.

Sektor pertanian Belanda tergolong kecil, yakni di bawah 4% dari total populasi. Meskipun sektor pertaniannya kecil, namun Belanda mampu mengandalkan kelebihan mereka dalam hal industri makanan untuk diekspor. Belanda tercatat berada di peringkat 3 sebagai negara pengekspor makanan terbesar, setelah Amerika Serikat, dan Perancis.

Sama seperti Perancis dan Jerman, Belanda juga menjadi salah satu negara perintis mata uang Euro. Alhasil, mereka mengganti mata uang lamanya, yaitu Gulden -- menjadi Euro -- pada 1 Januari 2002.

Selain maju sebagai negara industri, ekonomi Belanda juga sangat maju dalam sektor perdagangan internasional. Negara itu berada di peringkat 16, berdasarkan perolehan PDB.

Perekonomian Belanda berkembang cukup pesat pada tahun 1998 - 2000. Akan tetapi, pertumbuhan yang cukup signifikan terjadi pada tahun 2001 - 2005 dikarenakan perlambatan pertumbuhan ekonomi global di tahun 1998. Dari segi inflasi, Belanda mengalami inflasi sebesar 1,3% -- dan tetap menjaganya agar tidak lebih dari 1,5%.

Selain menjadi salah satu negara pencetus Uni Eropa, di dalam perekonomian Dunia -- peran Belanda cukup signifikan. Negara tersebut juga menjadi pendiri lembaga keuangan penting dunia lainnya, seperti WTO dan OECD.

Dari sektor ekspor, Belanda memiliki komoditi ekspor utama seperti mesin, bahan kimia, dan pengolahan makanan. Adapun negara tujuan utama ekspor Belanda meliputi:
- Jerman
- Tiongkok / China
- Belgia
- Amerika Serikat
- Britania Raya.


Beberapa fakta mengenai perekonomian Belanda

Berikut ini ada beberapa fakta mengenai sistem ekonomi Belanda, diantaranya:

- Perkiraan PDB (berdasarkan KKB) di tahun 2014, sebesar $ 798.600 miliar

- Perkiraan PDB per kapita (berdasarkan KKB) di tahun 2014 sebesar $ 47.355

- Perkiraan PDB (berdasarkan nominal) di tahun 2014 sebesar $ 866.354 miliar

- Perkiraan PDB per kapita (berdasarkan nominal) di tahun 2014 sebesar $ 51.373

- Gini (2011) sebesar 25,8 (rendah)

- IPM (2013) sebesar 0,915 (tinggi)

- Mata uang: Euro (sebelumnya Gulden).


Baca juga:



Itulah dia paparan singkat mengenai sistem ekonomi yang dianut Belanda. Sebagai salah satu negara di Eropa Barat, sistem ekonomi Belanda berhasil membuatnya menjadi negara yang maju. Bahkan pendapatan per kapita-nya pun cukup tinggi dan di atas rata-rata.

Bagaimana tanggapan anda?


(Sumber: Wikipedia.org)


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL