--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Mengenal Sistem Ekonomi Qatar, Salah Satu Negara Maju di Timur Tengah

Onlenpedia.com | Setelah mengulas tentang sistem ekonomi Arab Saudi, kali ini kita akan membahas sistem ekonomi negara di kawasan Timur Tengah lainnya, yakni Qatar.

Lantas, seperti apakah sistem ekonomi yang dianut oleh Qatar?


sistem ekonomi yang dianut qatar timur tengah sosialis
Sistem perekonomian Qatar / gambar bendera Qatar


Sistem perekonomian Qatar

Qatar merupakan negara timur tengah yang menganut sistem ekonomi sosialis. Hal itu bisa dilihat pada penguasaan sektor produksi penting yang dikuasai oleh pemerintah, seperti minyak bumi dan gas alam. Seperti diketahui, Qatar merupakan eksportir gas terbesar di dunia, yang produksinya mencapai 36 juta ton per tahun. Sedangkan produksi minyak bumi mencapai 1,1 juta barrel per hari.

Sistem ekonomi sosialis di Qatar juga bisa dilihat pada pengambilan keputusan ekonomi yang bersifat sentral dan terencana -- yang dilakukan oleh pemerintah. Karena pemerintah yang begitu dominan dalam kegiatan ekonomi, pemerintah Qatar pun memberikan intensif berupa material dan moral, untuk memberikan motivasi bagi para pelaku ekonomi non pemerintah.

Dari penjelasan di atas, terlihat kalau Qatar tidak menganut sistem ekonomi liberal, karena faktor-faktor produksi yang penting TIDAK dikuasai pihak swasta. Pun begitu dengan pengambilan keputusan ekonomi yang tidak diserahkan kepada swasta, melainkan sentralisasi oleh pemerintah.

Ada hal yang unik di Qatar mengenai kegiatan memancing. Memancing di negeri ini tak bisa dilakukan sembarangan, karena pemerintah memiliki aturan khusus terhadap budaya memancing yang harus dipatuhi para pemancing. Dan hal ini pun dimanfaatkan oleh para pengelola hotel di Qatar guna membuat tempat pemancingan di hotel bagi para turis.


Tentang perekonomian Qatar

Sebelum fokus pada hasil alam berupa minyak bumi dan gas alam, ekonomi Qatar awalnya fokus pada sekor perikanan dan mutiara. Seiring waktu berjalan, industri mutiara jatuh lantaran munculnya mutiara hasil budidaya Jepang, di era 1920-an dan 1930-an.

Perekonomian Qatar mengalami transformasi di era 1940-an, pasca penemuan cadangan minyak bumi yang cukup besar di negara tersebut. Sejak saat itu hingga sekarang, pemasukan utama Qatar berasal dari ekspor minyak dan gas alam. Adapun cadangan minyak bumi di Qatar diperkirakan mencapai 15 miliar barel (2,4 km³).

Saking banyaknya cadangan minyak di Qatar, diperkirakan untuk beberapa tahun ke depan -- Qatar masih tetap fokus pada ekspor minyak bumi dan gas alam. Meski begitu, mereka tetap 'melebarkan sayap' ke sektor lain seperti teknologi dan real estate. Di tahun 2004, Qatar Science & Technology Park dibuka untuk menarik dan melayani berbagai usaha berbasis teknologi, baik dari dalam maupun luar Qatar. Kemudian, hotel-hotel mewah mulai berdiri di negara tersebut, sebagai bentuk fokus mereka ke sektor real estate.

Qatar rupanya adalah negara dengan PDB per kapita nomor 2 tertinggi di dunia, yakni sekitar $ 111.000 per tahun (2008). Dengan besarnya pendapatan per kapita, membuat Qatar menjadi negara dengan taraf hidup yang sangat tinggi, bahkan melebihi 'kemakmuran' negara-negara di kawasan Eropa Barat. Banyak sekali layanan sosial dan fasilitas modern yang dibangun di negeri ini.

Tak seperti kebanyakan negara Timur Tengah yang kerap dilanda konflik, Qatar justru memiliki lingkungan yang nyaman, makroekonomi yang stabil, pasar efisien, birokrasi dan kelembagaan yang berkualitas, pemerintah efisien dan rendah tingkat korupsi, serta tingkat keamanan yang sangat bagus. Selain itu, Qatar tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Dengan sistem ekonomi yang tersentralisasi kepada pemerintah, membuat strategi pembangunan ekonomi bisa ditanamkan secara seimbang, menyebar, dan terarah, sehingga bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Qatar.


Fakta-fakta mengenai perekonomian Qatar

Berikut ini beberapa fakta mengenai sistem ekonomi Qatar, antara lain:

1. Jumlah penduduk (perkiraan 2015) adalah sebanyak 2.120.129, dengan kepadatan mencapai 175/km2.

2. Jumlah PDB berdasarkan KKB (perkiraan 2014) adalah sebesar $ 320.544 miliar. Jumlah PDB per kapita berdasarkan KKB di tahun yang sama adalah $ 143.427.

3. Jumlah PDB berdasarkan Nominal (perkiraan 2014) adalah sebesar $ 210.002 miliar. Jumlah PDB per kapita berdasarkan Nominal di tahun yang sama adalah $ 93.965.

4. Indeks gini di Qatar (tahun 2011) mencapai 41,1 (sedang).

5. IPM di Qatar (tahun 2014) mencapai 0,851 (sangat tinggi).

6. Mata uang resmi Qatar adalah Real Qatar.


Baca juga:



Itulah dia pembahasan mengenai sistem ekonomi Qatar yang ternyata menganut sistem ekonomi sosial. Dengan melimpahnya hasil alam berupa minyak dan gas bumi, menjadikan Qatar sebagai salah satu negara terkaya di dunia -- dengan taraf hidup penduduknya yang cukup tinggi.

Bagaimana tanggapan anda?


(Sumber: Wikipedia.org, sucifiriani.wordpress.com)


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang