Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Tentang Sistem Ekonomi Australia, Salah Satu Negara Maju di Dunia

Onlenpedia.com | Berdasarkan data dari Bank Dunia dan IMF, Australia tergolong sebagai salah satu negara maju di dunia. Sistem ekonomi yang mereka terapkan mampu meningkatkan PDB serta pendapatan perkapita penduduknya, sehingga menempatkan mereka sebagai salah satu negara dengan kemakmuran yang tinggi.

Lantas, seperti apakah sistem ekonomi yang dianut oleh Australia?

Mari kita simak ulasannya!


sistem ekonomi yang dianut australia negara maju dunia
Sistem perekonomian Australia / gambar bendera Australia


Sistem perekonomian Australia

Sebagai salah satu negara maju di dunia, Australia rupanya menganut sistem ekonomi yang sama dengan Amerika Serikat dan Inggris, yakni sistem ekonomi liberal (pasar). Negara ini sukses mencatatkan PDB per kapita yang tinggi dan angka kemiskinan yang cukup rendah. Adapun mata uang dari negeri ini adalah Dolar Australia.

Pasca digabungkannya Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange (2006), kini Bursa Efek Australia telah menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia. Selain itu, negara ini berada di urutan ketiga dalam Indeks Kebebasan Ekonomi (2010), dan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-13 dunia.

Untuk PDB per kapita, PDB per kapita Australia berada di urutan ke-9 dunia, di atas Britania Raya, Jerman, Perancis, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat. Dan dari segi Indeks Pembangunan Manusia PBB (2010), Australia berada diurutan ke-2.

Untuk kota-kota besar di Australia, tercatat berada di atas rata-rata penilaian objek survei kelayakan-hunian komparatif dunia. Melbourne berada di peringkat ke-2 dalam kriteria kota yang paling layak huni di dunia (2008) -- menurut 'The Economist'. Kemudian kota Perth berada di urutan keempat, Adelaide di urutan ketujuh, dan Sydney di urutan kesembilan. Untuk rumah penduduk, rata-rata harga rumah di Australia adalah yang termahal di dunia.


Fakta-fakta mengenai sistem ekonomi Australia

Dilansir dari laman Wikipedia, berikut ini 10 fakta mengenai sistem ekonomi Australia yang terdiri diri:

1. Rasio perdagangan Australia mengalami kenaikan berkat penguatan ekspor komoditas melebihi barang-barang manufaktur. Tercatat, harga komoditas naik sehingga mempengaruhi kemajuan ekonomi Australia

2. Neraca pembayaran Australia tercatat lebih dari 7% PDB negatif. Neraca ini memiliki defisit current account selama lebih dari 50 tahun.

3. Pertumbuhan ekonomi Tahunan Australia rata-rata 3,6% selama 15 tahun. Hal itu dibandingkan dengan rata-rata tahunan OECD yang sebesar 2,5%.

4. Di era 1980-an Perdana Menteri Bob Hawke, dan Bendahara Paul Keating, memulai proses modernisasi perekonomian Australia. Cara yang dilakukan adalah dengan mengambangkan dolar Australia (1983), dan mengatur sistem keuangan.

5. Sejak tahun 1996, pemerintahan Howard melanjutkan proses reformasi ekonomi, seperti deregulasi sebagian dari pasar tenaga kerja, dan menswastakan BUMN, terutama industri telekomunikasi, serta kebijakan reformasi pajak.

6. Sejak era 1990-an ekonomi Australia tak pernah mengalami resesi. Di bulan Juli 2005, angka pengangguran cuma sebesar 5%. Pada bulan Januari 2007, angka pengangguran mencapai 10.033.480 penduduk, dengan laju sebesar 5,1%. Pengangguran muda (usia 15-24 tahun) mengalami lonjakan dari 8,7% hingga 9,7% di tahun 2008-2009

7. 69% dari PDB Australia didapat dari sektor jasa seperti pariwisata, pendidikan, dan jasa finansial. Untuk sektor pertanian dan sumber daya alam hanya memperoleh 3% dan 5% dari PDB, namun memiliki andil besar dalam ekspor Australia.

8. Pada dasawarsa lalu, inflasi di Australia berada di kisaran 2–3%. Untuk suku bunga dasar, berada di kisaran 5–6%.

9. Australia merupakan pengekspor minuman anggur terbesar ke-4 di dunia, dan menyumbang $ 5,5 miliar per tahun
bagi perekonomian nasional.

10. Untuk partner ekspor, pangsa pasar terbesar Australia terdiri dari:
- Jepang
- China
- Amerika Serikat
- Korea Selatan
- Selandia Baru.


Baca juga:



Itulah dia paparan mengenai sistem ekonomi yang dianut oleh Australia, negara tetangga Indonesia. Bagaimana pendapat anda mengenai sistem ekonomi yang mereka anut?


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL