Skip to main content

Tentang Sistem Perekonomian Kanada, Salah Satu Negara Maju di Dunia

Onlenpedia.com | Setelah membahas tentang sistem ekonomi Amerika Serikat, kali ini kita akan membahas tentang sistem ekonomi yang dianut negara tetangga dari negeri Paman Sam itu, yakni Kanada.

Lantas, seperti apa sistem perekonomian yang dianut Kanada?


sistem ekonomi kanada negara maju di dunia
Sistem ekonomi Kanada / gambar bendera Kanada


Sistem ekonomi Kanada

Sistem ekonomi yang dianut Kanada sama dengan sistem ekonomi yang dianut Amerika Serikat, yakni sistem ekonomi liberal. Perekonomian Kanada lebih terorientasi pada persaingan pasar, dan sistem tersebut mampu memajukan perekonomian Kanada, hingga memiliki standar hidup yang tinggi.

Dalam beberapa dasawarsa terakhir, pertumbuhan ekonomi Kanada sangat maju di sektor produksi, pertambangan, dan sektor pelayanan. Hal tersebut mampu merubah Kanada, dari ekonomi pedesaan -- menjadi industri perkotaan. Kanada juga memiliki cadangan energi yang cukup besar, yakni gas alam yang berada di pesisir timur, dan tiga provinsi barat, dan juga banyaknya sumber daya lain.

Kanada terhindar dari resesi ekonomi setelah tahun 2001, sekaligus mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi tertinggi diantara negara-negara anggota G8.

Ada beberapa hal yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kanada. Adanya perbedaan politik atas konstitusi Quebec dan wilayah Kanada lainnya, telah meningkatkan kemungkinan perpisahan di federasi. Akan tetapi pasca penguatan ekonomi Kanada, terutama di Quebec, akhirnya ketakutan akan perpecahan telah sirna.

Hal lainnya yang dikhawatirkan pemerintah Kanada adalah, berpindahnya tenaga kerja profesional ke Selatan, yakni Amerika Serikat. Hal ini dikenal dengan istilah 'Pengeluaran Otak', di mana para profesional Kanada dipikat dengan gaji tinggi, pajak rendah, dan kesempatan teknologi tinggi. Sebaliknya, "Pemasukan Otak" juga terjadi, dengan masuknya imigran terdidik (terutama dari negara berkembang) ke Kanada.

Kanada merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-9 di dunia. Mereka merupakan salah satu negara terkaya di dunia, dan menjadi bagian dari OECD dan G8. Senada dengan negara-negara maju lainnya, ekonomi Kanada mengandalkan sektor industri -- yang mana sektor tersebut mampu menghasilkan 3/4 dari total pendapatan Kanada.

Di tahun 2009, 58% ekspor Kanada berasal dari sektor pertanian, energi, perhutanan, dan ekspor perlombongan. Kemudian mesin, peralatan, produk otomotif, dan pembuatan menyumbang 38% ekspor Kanada.

Masih di tahun yang sama, sektor ekspor menyumbang sekitar 30% dari GDP Kanada. Adapun partner dagang utama Kanada adalah Amerika Serikat, dengan total 73% dari ekspor, dan 63% dari impor. Total ekspor dan impor Kanada berada di peringkat 8 dunia di tahun 2006.


Fakta-fakta mengenai perekonomian Kanada

Berikut ini beberapa fakta mengenai sistem ekonomi Kanada, antara lain:

1. Total PDB (perkiraan 2014) berdasarkan KKB adalah sebesar $ 1.591 triliun. Total PDB per kapita berdasarkan KKB adalah sebesar $ 44.843.

2. Total PDB (perkiraan 2014) berdasarkan Nominal adalah sebesar $ 1.788 triliun. Total PDB per kapita berdasarkan KKB adalah sebesar $ 50.397.

3. Indeks Gini di Kanada tahun 2010 adalah sebesar 33,7 (sedang).

4. IPM di Kanada tahun 2013 adalah sebesar 0,911 (sangat tinggi).

5. Mata uang Kanada adalah dolar Kanada.


Baca juga:



Itulah dia pembahasan singkat mengenai sistem ekonomi yang dianut Kanada, yang ternyata menganut sistem ekonomi liberal (pasar). Tampak jelas kalau negara ini tergolong negara maju, yang tentunya sangat jauh di atas Indonesia.

Komentar anda?


(Sumber: wikipedia.org)


Baca Juga