Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

3 Cara Agar Bisnis yang Anda Jalankan Mampu Bertahan

Onlenpedia.com | Banyak orang yang bisa membangun bisnis. Namun, tak semua dari mereka mampu mempertahankan kelangsungan bisnis. Hal itu tak lepas dari persaingan sengit dunia bisnis -- yang memungkinkan banyak pebisnis 'tersingkir' karena kalah bersaing.

Bicara soal mempertahankan bisnis, di artikel kali ini akan membahas tentang cara agar bisnis yang anda
jalankan mampu bertahan. Adapun cara-cara yang dimaksud ada 3 macam, diantaranya:


cara agar bisnis yang anda jalankan mampu bertahan
Cara agar bisnis bisa bertahan (survive) / via Pixabay


1. Inovasi dan promosi tiada henti

Persaingan yang semakin sengit menuntut anda untuk melakukan inovasi dan promosi tiada henti. Sedikit saja anda 'bersantai-santai', maka kompetitor akan mengejar dan melewati anda.

Maka dari itu, lakukanlah inovasi terbaru, carilah berbagai referensi di internet, dan jangan pernah berhenti melakukan promosi. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan program terbaru, seperti diskon, cashback, atau promo berhadiah -- agar mampu menjaring banyak pembeli.


2. 'Mengintip' apa yang dilakukan kompetitor

Selain berinovasi dan berpromosi, anda juga perlu 'mengintip' apa saja yang dilakukan kompetitor anda. Tujuannya, agar anda tidak ketinggalan dalam menerapkan hal-hal baru pada bisnis anda.

Sebagai contoh, Instagram merupakan perusahaan yang kerap 'mengintip' dan 'mengkopas' apa yang dilakukan kompetitornya, yakni Snapchat. Bahkan fitur terbaru Instagram -- yakni Instagram Stories -- merupakan 'tiruan' Snapchat Stories, yakni sama-sama bisa 'hilang' dari timeline dalam kurun waktu tertentu. Berkat fitur tersebut, pengguna Instagram kian betah berlama-lama di platform yang diakuisisi Facebook tersebut.


3. Memberikan pelayanan yang semakin baik untuk konsumen anda

Selain melakukan inovasi, promosi, dan 'mengamati' kompetitor, anda juga perlu memperhatikan pelayanan terhadap konsumen anda.

Tingkatkanlah pelayanan terhadap konsumen anda, agar mereka semakin 'betah' membeli produk / jasa yang anda jual. Perhatikan feedback dan review dari konsumen, perbaiki hal-hal yang dikeluhkan konsumen, dan buat mereka merasa nyaman dengan layanan anda. Dengan mengandalkan pelayanan yang bermutu, bukan tidak mungkin konsumen anda akan 'menjelma' menjadi pelanggan tetap. Dan bisa saja mereka merekomendasikan produk / jasa yang anda jual kepada teman / kerabatnya. Tentunya ini sangat bagus untuk bisnis anda.


Baca juga:



Itulah dia pembahasan singkat mengenai cara agar bisnis yang anda jalankan mampu bertahan. Cobalah anda lakukan cara-cara di atas, agar bisnis anda bisa survive di tengah kompetisi yang kian 'menggila'. Ingat, siapa yang cepat 'bergerak' dalam menyikapi perubahan -- maka dialah pemenangnya.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR