--> Skip to main content



3 Tips Jitu Menghilangkan Rasa Malas Dalam Bekerja

Rasa malas dalam bekerja kerap menghantui para karyawan. Hal itu tak lepas dari adanya rasa bosan, atau mungkin karena melihat gaji teman di tempat kerja lain yang lebih besar.

Pertanyaannya sekarang, adakah tips untuk menghilangkan rasa malas dalam bekerja?

Simak ulasannya berikut ini!


tips menghilangkan rasa malas dalam bekerja
©Ilustrasi dari pixabay

Rasa malas adalah hal yang manusiawi. Namun, ketika kadar malas membuat produktifitas kita menurun -- alangkah baiknya agar segera diperbaiki. Tujuannya, agar kebiasaan malas bisa perlahan dihilangkan. Kalau dibiarkan, maka kemalasan akan 'menguasai' anda, dan itu benar-benar buruk!

Bagaimana cara menghilangkannya?

Berikut ini ada 3 tips jitu menghilangkan rasa malas dalam bekerja. Silahkan disimak baik-baik!


1. Miliki impian atau tujuan hidup

Impian dan tujuan hidup adalah motivasi terkuat agar bisa menghilangkan yang namanya kemalasan. Impian atau tujuan hidup yang dimaksud -- tidak harus neko-neko. Bisa saja, kita memiliki tujuan hidup yang simpel, seperti untuk membahagiakan orang tua kita. Niscaya, semangat kerja kita akan berlipat-lipat ganda demi menggapai tujuan yang kita inginkan itu.


2. Tanamkan kalimat "kalau tak kerja maka tak makan"

Kalimat ini kalau bahasa bisnisnya adalah 'The Power of Kepepet'. Tanamkanlah dalam pikiran anda bahwa, "kalau tidak bekerja, maka tidak makan". Dengan begitu, anda akan terbayang bagaimana rasanya tak bisa makan gara-gara tidak kerja. Alhasil, rasa malas bekerja perlahan akan hilang karena 'the power of kepepet' tersebut.


3. Sukai pekerjaan anda, niscaya anda akan menikmatinya

Yang terakhir ini sangat pas bagi yang malasnya sudah sangat akut -- apalagi tak ada beban/tanggungan hidup. Sebisa mungkin usahakan agar anda menyukai apa yang anda kerjakan, agar anda selalu bersemangat.

Seandainya pekerjaan yang ada tidak anda sukai, maka berhenti saja. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion dan keahlian anda, niscaya semua akan terasa menyenangkan. Kalau tak cocok juga, mulailah untuk memulai bisnis sendiri yang sesuai dengan passion anda.


Sesungguhnya, musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri. Karena di dalam dirinya, terdapat sifat-sifat yang menghancurkannya dari dalam -- sebut saja sifat malas, sombong, egois, dan lain sebagainya. Dan salah satu yang paling berbahaya adalah sifat malas yang sudah kita bahas di atas. Untuk itulah, sifat malas harus segera ditanggulangi -- salah satunya dengan mengikuti 3 tips di atas.

Pertanyaannya sekarang, apakah anda sekarang sedang bermalas-malasan?


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang