Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 Cara Jitu Menghadapi Masalah yang Timbul di Kehidupan

Yang namanya kehidupan, selalu ada dinamika yang membuatnya semakin berwarna. Salah satunya adalah, keberadaan masalah yang terkadang membuat seseorang frustasi dan stress lantaran tak sanggup menghadapinya.

Langsung saja, berikut ini akan dijelaskan 5 cara jitu dalam menghadapi masalah hidup.

Apa sajakah itu?

cara jitu dalam menghadapi masalah dalam kehidupan
©ilustrasi dari Pixabay

Sumber masalah itu bisa datang dari mana saja, baik karena ulah kita sendiri -- maupun karena orang lain. Semua masalah yang terjadi tentunya akan menguras energi kita, merusak fokus dan mengurangi produktifitas.

Meski begitu, yang namanya masalah pasti ada jalan keluarnya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan mengatasinya sesegera mungkin.

Berikut ini 5 cara jitu dalam menghadapi masalah yang muncul di kehidupan. Silahkan disimak baik-baik.


1. Hadapi dan jangan lari

Seringkali orang-orang ingin lari dari masalah yang datang menghampirinya. Hal itu dikarenakan ketidaksiapan dan ingin mencari 'jalan pintas' agar bisa menghindari masalah tersebut.

Seyogyanya, yang namanya masalah itu harus dihadapi dan diterima. Kalau kita lari dari masalah, maka kita akan terus dikejar-kejar oleh masalah tersebut. Seperti sebuah peribahasa, "masalah itu jangan dicari, tapi kalau ada masalah -- janganlah kamu lari."


2. Tenang dan berfikir jernih

Ketika mental anda sudah siap untuk menghadapi dan tidak lari dari masalah, saatnya untuk 'memanage' pikiran agar bisa menghadapi masalah tersebut. Hadapilah setiap masalah dengan pikiran yang tenang, jernih dan positif. Jangan sampai terbawa perasaan, karena hal itu bisa membuat runyam segalanya.


3. Jangan dibesar-besarkan

Salah satu hal yang membuat masalah semakin rumit adalah, ketika masalah tersebut dibesar-besarkan. Lihatlah masalah tersebut dari sudut pandang yang obyektif, serta hindarilah ego yang terlampau besar ketika menghadapi sebuah masalah. Masalah itu sebenarnya perlu ditelaah dengan baik, dan jangan terlalu dibesar-besarkan secara lebay,


4. Segera cari solusinya

Cara terbaik dalam menghadapi masalah adalah, segera mencari solusinya. Jangan sampai suatu masalah dibiarkan berlarut-larut karena dampaknya akan sangat buruk bagi kehidupan. Ketika satu masalah datang, fokuskan dan prioritaskanlah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan sampai 'umur' dari suatu masalah dibiarkan semakin lama.


5. Berdoa dan meminta pertolonganNya

Yang namanya manusia tak mungkin bisa menyelesaikan masalah sendirian tanpa bantuan Tuhan. Dialah yang memutuskan untuk menyelesaikan masalah kita atau tidak. Semua itu merupakan KehendakNya, bukan kita.

Untuk itulah, kita senantiasa berdoa dan memohon petunjukNya -- agar bisa menyelesaikan masalah yang datang kepada kita. Semakin kita dekat kepadaNya, semakin lapang hati kita dalam menghadapi suatu masalah.


Pada intinya, yang namanya masalah itu tergantung cara kita menyikapinya. Semakin berat kita memandang suatu masalah, maka semakin sulit kita menyelesaikannya. Untuk itu, senantiasalah untuk berfikir positif -- dan tentunya selalu siap ketika masalah datang. Tak lupa juga agar selalu memohon petunjuk dariNya, agar dimudahkan dalam mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL