Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

5 Tips Mengelola Gaji yang Pas-Pasan

Anda seorang karyawan biasa? Apakah gaji anda pas-pasan?

Mungkin banyak diantara mereka yang memiliki gaji pas-pasan alias hanya sebesar UMP. Ada yang merasa cukup, ada juga yang merasa -- kalau jumlah tersebut masih kurang.

Itu hal wajar apabila dia sudah memiliki istri dan anak. Namun, apa jadinya kalau masih single dan tak memilki tanggungan -- tapi gajinya selalu tak cukup.

Mengapa bisa demikian? Apakah manajemen keuangannya buruk?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai 5 tips mengelola gaji yang pas-pasan. Silahkan disimak baik-baik.


tips mengelola gaji pas-pasan dalam karyawan
©Ilustrasi dari Pixabay


1. Usahakan berhemat untuk pengeluaran  rutin


Ketika anda merasa gaji masih kurang, maka yang perlu anda siasati adalah -- dengan meminimalisir pengeluaran rutin. Belilah barang-barang kebutuhan yang lebih murah, serta kurangi konsumsi yang berlebihan. Intinya, keluarkan budget untuk pengeluaran rutin yang sewajarnya saja.


2. Sisihkan untuk ditabung/investasi

Terkadang seseorang sadar atau tidak sadar -- ketika merasa memiliki kelebihan uang -- maka ia akan membelanjakan uang tersebut untuk membeli sesuatu yang diinginkannya. Yang lebih parah, barang yang dibeli tersebut bukanlah kebutuhan, melainkan sekedar pemuas nafsu belanja semata.

Kalau bisa, anda harus membiasakan diri untuk bisa menyisihkan 'kelebihan' uang anda untuk ditabung atau mungkin untuk diinvestasikan. Untuk investasi, biasanya bisa dibelikan ke tanah, atau emas. Tujuannya, agar anda memiliki aset yang sewaktu-waktu bisa dijual -- ketika anda membutuhkan uang. Usahakan aset yang dibeli, nilainya tidak menyusut seiring waktu berjalan.


3. Kurangi belanja yang tak perlu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk mengurangi pengeluaran -- hindarilah penyakit 'lapar mata' -- alias hasrat untuk membeli sesuatu yang dilihat. Ingat, kalau gaji anda pas-pasan, lebih baik jangan mengikuti gaya hidup orang lain yang lebih mewah. Alangkah baiknya agar anda menabung/investasi, agar 'ruang fiskal' anda menjadi lebih luas.


4. Mencari sumber penghasilan lain

Ketika anda sudah berhemat sedemikian rupa, namun masih tak cukup -- ada baiknya agar anda mencari sumber penghasilan sampingan. Contoh usaha sampingan yang bisa dijalankan antara lain, jualan pulsa, jualan snack di kantor, jual sepatu dan lain sebagainya.

Kemungkinan mereka yang masih single, namun gaji tak cukup -- bisa saja karena memiliki tanggungan, seperti biaya sekolah adik, untuk orang tua yang sakit-sakitan dan lain sebagainya.


5. Sisihkan untuk sedekah

Cara yang kelima ini terbilang ampuh bagi yang percaya. Ketika kita bersedekah dengan ikhlas, biasanya Allah akan membalasnya berlipat-lipat ganda. Hal ini sering terjadi pada orang-orang di sekitar kita, di mana -- harta mereka tak pernah habis -- bahkan cenderung bertambah. Mereka memang mengakui -- kalau sedekah adalah salah satu alasan kenapa rezeki mereka selalu mengalir dengan lancar.


Pada dasarnya, yang namanya gaji -- meskipun pas-pasan -- harus tetap disyukuri. Cara mensyukurinya adalah, dengan hidup hemat dan rajin bersedekah.

Apabila anda hidup boros, maka anda akan selalu mengeluh karena gaji tak cukup. Padahal di luar sana banyak yang penghasilannya lebih sedikit, namun hidup mereka jauh lebih bahagia.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR