Skip to main content

Cara Memilih dan Membeli Barang di Tokopedia

Onlenpedia.com | Siapa yang tak kenal Tokopedia? Ya, situs yang didirikan William Tanuwijaya ini bisa dibilang merupakan situs marketplace terbesar di Indonesia. Situs ini mempertemukan antara pembeli dan penjual, di mana Tokopedia berperan sebagai fasilitator dan memiliki sistem rekening bersama.

Bicara soal Tokopedia, kali ini admin akan berbagi pengalaman mengenai cara memilih dan membeli barang di Tokopedia. Tutorial kali ini admin tuliskan berdasarkan pengalaman nyata, di mana admin sudah beberapa kali belanja di situs marketplace tersebut.

Lantas, seperti apakah caranya?

Tanpa berbasa basi lagi, berikut ini cara memilih dan membeli barang di Tokopedia berdasarkan pengalaman admin, diantaranya:



cara memilih dan membeli barang yang tepat di tokopedia
Cara memilih dan membeli barang secara online via Tokopedia


1. Cara memilih barang di Tokopedia

Untuk poin ini admin tuliskan berdasarkan pengalaman admin dalam mendapatkan produk terbaik di Tokopedia. Adapun cara memilih barang yang tepat di Tokopedia yaitu:

a). Pertama-tama, pilih barang dengan mengetik kata kunci barang yang anda inginkan, misalnya 'powerbank Xiao Mi'.

b). Setelah itu akan muncul banyak hasil pencarian produk 'powerbank Xiao Mi'. Sampai di sini, tentu anda akan bingung akan membeli yang mana.

c). Agar mendapatkan produk terbaik, kami menyarankan agar anda mengurutkan produk berdasarkan 'penjualan'. Caranya yakni dengan mencari tulisan 'urutkan', kemudian pilih tulisan 'penjualan'.

Mengapa harus diurutkan berdasarkan penjualan?

Jawabannya karena barang yang akan tampil -- diurutkan dari yang paling banyak terjual (paling atas). Dengan banyaknya penjualan (sukses) yang terjadi, anda bisa membaca 'ulasan' maupun 'diskusi' produk satu-persatu. Kemudian, anda bisa memilih produk dengan 'ulasan' terbaik dan bintang paling bagus -- berkat 'referensi' dari penjualan sebelumnya.

d). Silahkan pilih produk yang menurut anda cocok (dari segi harga dan ulasan). Kemudian siap-siap untuk melakukan pembelian barang tersebut.


2. Cara membeli barang di Tokopedia

Setelah menemukan produk yang paling tepat, tiba saatnya anda untuk membeli produk tersebut. Adapun cara melakukan pembelian di Tokopedia meliputi:

a). Setelah memilih barang (sesuai cara di atas), pertama-tama silahkan pilih tulisan 'diskusi' dan mulai diskusi baru untuk penjual.

b). Terlebih dahulu tanyakan ketersediaan barang, kemudian warna, ukuran, dan model yang diinginkan -- apakah masih ada atau tidak. Apabila ada, silahkan anda lakukan langkah selanjutnya.

c). Pilih tulisan 'beli' berwarna orange, kemudian anda akan diarahkan ke laman pengisian alamat dan metode pengiriman.

d). Isilah alamat lengkap anda dengan benar dan teliti di kolom alamat, kemudian isikan keterangan barang (contoh: mohon diperhatikan pengepakan, jangan lupa warna yang dipesan, dll).

e). Pilih jasa pengiriman yang anda inginkan sesuai pilihan yang tersedia. Kemudian akan muncul jumlah ongkos kirim secara otomatis (berdasarkan alamat pengiriman yang anda tulis sebelumnya).

f). Kemudian anda akan menuju halaman 'checkout' -- yang mana anda akan membayarkan total pembelian (harga barang + ongkir) ditambah angka unik.

g). Silahkan pilih metode pembayaran, yakni transfer bank, kartu kredit, melalui merchant (Alfamart dll), melalui kantor pos, dan lain sebagainya.

h). Lakukan pembayaran sesuai metode yang anda inginkan. Jangan lupa untuk membayar sejumlah total pembelian ditambah angka unik (untuk kemudahan verifikasi).

i). Setelah melakukan pembayaran, segera foto bukti pembayaran anda. Setelah itu, upload bukti pembayaran anda di kolom yang disediakan (pilih tulisan 'upload'). Untuk konfirmasi pembayaran akan terjadi secara otomatis by system.

j). Selanjutnya, tunggu verifikasi pembayaran dari pihak Tokopedia. Setelah pembayaran diverifikasi, maka informasi akan diteruskan ke penjual -- agar segera memproses pesanan.

k). Penjual harus merespon pesanan dalam waktu maksimal 2 hari. Pesanan dibatalkan otomatis apabila tak ada respon, dan uang anda akan masuk ke saldo Tokopedia milik anda.

l). Setelah penjual merespon pesanan (sebelum batas waktu), kemudian ia diberi waktu 4 hari untuk mengonfirmasi pengiriman. Apabila tak ada konfirmasi pengiriman dalam waktu 4 hari, maka pesanan dibatalkan otomatis dan uang anda akan masuk ke saldo Tokopedia milik anda.

m). Penjual mengonfirmasi pengiriman, plus memberikan nomor resi pengiriman kepada anda. Anda juga bisa melacak resi tersebut dengan memilih tulisan 'track' -- guna memastikan pengiriman barang.

n). Tunggu barang sampai ke rumah anda. Apabila lama tidak sampai (lebih dari waktu estimasi pengiriman), silahkan pilih tulisan 'komplain'. Namun, apabila barang sampai sesuai estimasi, silahkan 'konfirmasi barang sudah sampai'.

o). Setelah barang sampai, silahkan lihat kondisi barang -- apakah sesuai spesifikasinya dengan yang anda inginkan -- atau tidak. Selanjutnya anda bisa memberikan review terhadap pembelian tersebut, dengan memberikan bintang (maksimal 5) untuk 'akurasi produk' dan 'kualitas produk'. Anda juga bisa menambahkan komentar di kolom yang disediakan. Ini penting untuk menilai kinerja penjual di Tokopedia, sekaligus sebagai bahan referensi bagi pembeli lain.

p). Selesai, maka anda sudah menjadi pembeli di Tokopedia.


Baca juga:



Itulah dia penjelasan mengenai cara memilih dan membeli barang di Tokopedia. Semoga penjelasan yang singkat di atas mudah dipahami dan bisa segera anda praktekkan!


Baca Juga