Skip to main content
iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual
© Onlenpedia Blog Network ™

Ingin Berjualan di Tokopedia? Perhatikan 3 Fakta Penting Ini!

Onlenpedia.com | Berjualan di Tokopedia merupakan salah satu cara menghasilkan uang secara online yang paling cepat mendatangkan hasil. Hal itu dikarenakan platform jualan sudah tersedia (tanpa harus membuat toko online sendiri), dan berjualan di sana gratis. Jadi anda tinggal fokus untuk berjualan -- hingga laku dan menghasilkan keuntungan.

Bicara soal berjualan di Tokopedia, sebelum anda memutuskan 'menggelar dagangan' di situs tersebut -- ada baiknya agar anda membaca fakta-fakta berikut ini. Di sini akan kami uraikan mengenai 3 fakta penting -- sebelum anda berjualan di Tokopedia.

Lantas, apa saja fakta yang dimaksud?


fakta penting sebelum berjualan di tokopedia agar sukses
Ingin berjualan di Tokopedia? / image via Tokopedia




1. Persaingan semakin ketat, jadilah penjual produk-produk 'spesialis'

Seandainya anda memulai berjualan di Tokopedia 3-5 tahun yang lalu, tentu persaingan tak seketat sekarang. Namun, meskipun persaingan yang sekarang begitu ketat -- masih ada peluang bagi anda untuk memenangkan persaingan.

Anda bisa tetap berjualan di Tokopedia, namun jadilah penjual yang 'spesialis'. 'Spesialis' yang dimaksud adalah menjual 1 jenis produk saja -- namun dengan berbagai model, varian, warna, ukuran, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, anda bisa berjualan produk spesialis kacamata. Jadi yang anda jual 1 jenis produk saja, namun bisa dengan berbagai varian, misalnya kacamata plus, kacamata minus, kacamata anti radiasi, kacamata renang, kacamata baca, dan lain sebagainya. Dengan begitu, orang-orang akan selalu mengingat toko anda yang merupakan 'spesialis penjual kacamata'.


2. Harga sangat murah, bahkan Tokopedia menjadi 'tolak ukur' harga produk termurah

Sebelum berjualan di Tokopedia, anda harus mengetahui fakta ini. Saking ketatnya persaingan antar penjual, akhirnya mengakibatkan persaingan harga yang 'gila-gilaan'. Akibatnya, harga-harga yang ditawarkan di Tokopedia sangatlah murah, jauh lebih murah dari harga yang ditawarkan di toko-toko offline.

Karena harga produk yang terlampau murah, alhasil Tokopedia menjadi salah satu rujukan calon pembeli dalam membandingkan harga. Banyak orang mengecek harga paling murah di Tokopedia, sebelum membeli barang secara online.

Apabila anda ingin berjualan di Tokopedia, kemudian mengabaikan fakta ini dan anda menjual produk dengan harga sesuka anda, dijamin produk yang anda jual sulit laku. Pokoknya anda harus memahami persaingan harga yang begitu ketat di Tokopedia, agar anda siap menghadapinya.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan supplier produk yang murah?

Anda bisa menemukannya di pabrik manufaktur sekitar tempat tinggal anda, atau bisa juga berupa home industries. Kalau tidak ada juga, anda bisa mengimpor produk-produk super murah -- langsung dari China.


3. Rata-rata penjual di Tokopedia adalah importir langsung

Terdapat fakta bahwa sebagian besar penjual di Tokopeia merupakan importir produk murah langsung dari China. Ini berkaitan dengan poin ke-2, alias persaingan harga yang 'gila-gilaan' yang membuat para penjual berlomba-lomba mencari supplier yang menjual harga super murah. Segala cara pun dilakukan para penjual, salah satunya dengan menjadi importir produk dari China.

Selain murah, produk-produk dari China sangatlah unik dan inovatif, serta tak diproduksi di Indonesia. Selain itu, produk impor dari China juga selalu update tiap bulannya, baik dari segi inovasi baru -- maupun upgrade desain produk lama. Dengan seringnya melakukan pembaruan inovasi produk, alhasil semakin banyak pilihan produk murah dengan inovasi terbaru yang diimpor dari China.


Baca juga:




Itulah dia pemaparan singkat mengenai 3  fakta penting yang harus anda ketahui sebelum berjualan di Tokopedia. Semoga pemaparan di atas berguna bagi anda -- karena berjualan di Tokopedia tidak bisa sembarangan dan 'asal jualan' saja -- melainkan harus tau seperti apa 'peta' persaingannya.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga