Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

3 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Barang Secara Online

Onlenpedia.com | Di era digital seperti sekarang, membeli barang secara online bukanlah hal yang tabu. Meski begitu, masih banyak orang yang enggan membeli barang secara online lantaran berbagai sebab.

Bagi anda yang masih 'fobia' dengan 'membeli barang secara online', di sini akan dipaparkan mengenai 3 alasan kenapa anda harus membeli barang secara online. Tujuan artikel ini ditulis agar bisa meyakinkan anda bahwa membeli barang secara online itu sangat-sangat menguntungkan bagi anda.

Lantas, apa saja 3 alasan yang dimaksud di atas?

Berikut paparannya!


alasan kenapa anda harus membeli barang secara online
Kenapa harus membeli barang secara online? / via Pixabay


1. Harga yang jauh lebih murah

Ketahuilah, harga barang yang dijual secara online jauh lebih murah ketimbang barang sejenis yang dijual di toko sekitar tempat tinggal anda.

Mengapa bisa demikian?

Alasannya karena jual beli secara online mampu memutus rantai distribusi, sehingga harga jual jauh lebih murah. Kalau barang yang dijual di sekitar tempat tinggal anda harus melewati beberapa 'tangan', hasilnya harga pun melambung. Kalau barang yang dijual secara online, biasanya langsung didapat di pabrik / supplier, sehingga harganya jauh lebih murah.

Admin sendiri membuktikannya, ketika membeli kacamata anti radiasi yang asli. Admin membeli kacamata tersebut di Tokopedia seharga Rp 300.000. Menurut teman-teman admin, harga kacamata sejenis di Optik bisa mencapai Rp 500.000 hingga Rp 700.000.

Mengapa harga di Optik jauh lebih mahal?

Jawabannya (mungkin) karena Optik harus menanggung biaya sewa tempat dan biaya gaji karyawan. Sedangkan penjual di Tokopedia tak memerlukan toko dan karyawan, sehingga biaya lebih sedikit dan harga jual jauh lebih murah.


2. Pilihan dan variasi produk yang jauh lebih banyak

Pilihan dan variasi produk yang dijual secara online jauh lebih banyak ketimbang di toko yang ada di kota tempat tinggal admin. Admin sendiri sudah membuktikannya, ketika membeli kacamata VR (Virtual Reality) via Tokopedia.

Sebelum membeli kacamata VR di Tokopedia, admin melakukan survey ke berbagai toko yang menjual produk tersebut. Hasilnya, di semua toko yang admin sambangi hanya menjual 1 merk saja, yakni merk VR-Box. Bandingkan dengan kacamata VR yang dijual di Tokopedia, yang memiliki banyak merk, seperti Riem Ritech, Bobo VR, Shinecoon, Oculus Rift, dan lain sebagainya. Dan akhirnya pilihan admin pun jatuh pada Riem Ritech yang admin beli di Tokopedia dengan harga yang sangat murah, yakni Rp 92.000.


3. Keamanan terjamin berkat adanya sistem rekening bersama (escrow)

Selama ini orang-orang enggan membeli barang secara online lantaran takut tertipu. Hal itu wajar, lantaran memang sering terjadi penipuan -- di mana uang sudah ditransfer, namun barang tak kunjung datang.

Maka dari itu, anda harus selektif dalam memilih toko online yang akan anda beli produknya. Hindarilah membeli barang di toko online yang tidak terkenal, kecuali anda sudah yakin atau mendapat referensi dari teman anda. Kalau anda yang masih awam, admin menyarankan agar anda membeli barang di situs marketplace yang menyediakan fitur rekening bersama (escrow). Contohnya yakni Bukalapak dan Tokopedia.

Dengan adanya fitur rekening bersama (rekber), maka uang yang anda kirim akan 'ditahan' oleh pihak Tokopedia / Bukalapak. Apabila barang sampai di tangan anda -- kemudian anda mengkonfirmasinya, maka uang pun akan dikirim dari rekening bersama menuju rekening penjual.

Sangat aman, bukan?


Baca juga:



Nah, itulah dia pembahasan tentang 3 alasan kenapa anda harus membeli barang secara online. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah anda masih 'fobia' dengan yang namanya 'beli barang secara online'?

Silahkan berikan tanggapan anda di kolom komentar!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR