Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Cara Menghilangkan Sifat Boros Dalam Mengelola Keuangan

Onlenpedia.com | Yang namanya manusia memiliki beragam karakter dan kebiasaan, termasuk dalam mengelola keuangan. Ada yang suka hemat, dan sebaliknya ada yang boros dalam mengelola keuangannya.

Khusus bagi anda yang suka boros, di sini akan dipaparkan mengenai tips-tips untuk menghilangkan sifat tersebut. Meskipun sulit, sifat boros dapat 'disalurkan' melalui 3 cara di bawah ini.

Lantas, apa sajakah itu?



cara menghilangkan sifat boros dalam mengelola keuangan
Cara menghilangkan sifat boros / via Pixabay


1. Gunakan untuk membeli barang produktif

Sifat boros susah dihilangkan, tapi bisa 'dialihkan' -- yakni dengan membelanjakan uang untuk hal-hal yang bersifat produktif. Ubahlah sifat dan kebiasaan anda membeli mobil dan gadget mahal dengan membeli sesuatu yang produktif, misalnya properti. Anda bisa membeli rumah, toko, ruko, atau tanah, menyesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

Ketahuilah, properti merupakan barang yang produktif, yakni bisa menghasilkan uang -- apabila disewakan. Selain itu, semakin lama properti 'mengendap' -- maka nilai jualnya akan semakin tinggi. Bandingkan dengan mobil ataupun gadget mahal yang semakin lama 'mengendap' -- maka nilai jualnya akan terus menyusut.


2. Gunakan untuk membeli emas

Selain 'dialokasikan' untuk membeli properti, anda juga bisa menghilangkan sifat boros anda dengan membeli emas sebanyak yang anda mampu.

Semakin banyak emas yang anda 'tabung', tentu akan semakin bagus. Dengan begitu, uang tunai di tangan anda tak akan banyak -- dan itu mampu 'meredam' nafsu belanja anda. Tentu akan sulit membeli sesuatu, namun dengan bayaran berupa emas -- lantaran uang tunai yang terbatas.

Selain bagus untuk 'mengurangi' uang tunai di tangan anda, 'menabung' emas juga bagus untuk investasi jangka panjang. Ketahuilah, nilai emas akan semakin naik untuk jangka panjang. Namun, untuk jangka pendek nilai jual emas akan fluktuatif.


3. Alokasikan untuk berinvestasi pada bisnis orang lain (investasi pada bisnis real)

Kalau anda membaca artikel ini, berarti anda benar-benar niat untuk menghilangkan sifat boros anda. Untuk poin ketiga ini cocok untuk anda yang benar-benar niat untuk menghilangkan sifat boros, sekaligus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika membeli properti atau emas terlalu lama untuk meraup keuntungan, maka anda bisa berinvestasi pada bisnis real. Di sini yang akan kita contohkan adalah bisnis kuliner.

Seperti yang kita tahu, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling cepat menghasilkan. Selain itu, bisnis ini juga memiliki 'ketahanan' terhadap krisis ekonomi, dan tentunya bagus untuk jangka panjang.

Sebagai tambahan, dalam berinvestasi di bisnis real -- usahakan untuk mencari partner yang memiliki reputasi bagus, misalnya jujur, rajin, ulet, dan memiliki jiwa bisnis yang teruji. Tujuannya agar uang yang anda investasikan berada di tangan yang tepat.


Baca juga:



Sifat boros merupakan salah satu sifat buruk yang harus anda jauhi. Orang kaya pun bisa jatuh miskin apabila terbiasa hidup ala-ala sosialita yang super boros. Maka dari itu, hilangkanlah sifat boros dalam diri anda -- dan biasakanlah untuk hidup hemat -- karena 'hemat itu pangkal kaya'.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR