Skip to main content

3 Cara Terbaik Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Berhutang

Onlenpedia.com | Dalam memulai usaha, modal merupakan hal yang cukup vital dan krusial.

Kenapa disebut krusial?

Karena tak semua orang memiliki modal untuk memulai usaha, dan akhirnya mereka menempuh 'jalur instan' yakni berhutang.

Menurut kami, memulai usaha dengan 'pondasi modal' dalam bentuk hutang -- sangat tidak dianjurkan. Maka dari itu, di tulisan kali ini akan dipaparkan mengenai 3 cara mendapatkan modal tanpa harus berhutang.

Lantas, seperti apakah 3 cara yang dimaksud?


cara terbaik mendapatkan modal usaha tanpa berhutang pinjaman
Cara mendapatkan modal tanpa hutang? / via Pixabay


1. Cari investor

Daripada mencari kreditur (pemberi utang), alangkah baiknya agar anda mencari investor (pemberi modal).

Kalau hutang memiliki sifat 'wajib dibayar' (plus bunga), maka sistem investasi 'hanya' mengharuskan anda untuk bagi hasil. Anda bisa membuat perjanjian dalam bentuk pembagian laba, pembagian saham, dan lainnya. Semua tergantung kesepakatan anda dengan investor di awal (sebelum memulai usaha).

Adapun cara mencari investor bisa anda lakukan dari orang-orang terdekat anda yang memiliki permodalan. Lakukan lobi yang bisa meyakinkan mereka, agar mereka mau menanamkan modalnya untuk anda.

Meskipun terlihat mudah, namun kerjasama investasi ini tak boleh anda sepelekan. Modal yang diinvestasikan harus digunakan sebaik-baiknya dan sehemat-hematnya. Selain itu ada 'tanggung jawab moril' untuk membuktikan diri bahwa anda sanggup mengelola dana dari investor. Sebisa mungkin usaha anda harus bisa memberikan keuntungan, karena disitulah letak 'kepercayaan' mereka atas 'kemampuan' anda.


2. Menabung emas

Kenapa harus menabung emas, bukan uang?

Sekiranya ada 2 alasan agar anda 'menghindari' menabung uang dan 'mengalihkan'nya untuk ditabung dalam bentuk emas, antara lain:

- Sifat uang yang akan terus mengalami inflasi hanya membuat 'tabungan uang' menurun nilainya dari tahun ke tahun. Sedangkan emas, harganya akan terus naik untuk jangka panjang, sangat bagus untuk melawan 'ganas'nya inflasi.

- Dengan minimnya uang tunai lantaran dibelikan ke emas, maka nafsu belanja anda bisa ditekan. Dengan begitu, sifat hemat akan mulai 'menghinggapi' diri anda lantaran uang tunai yang dibelikan ke emas.

Nah, ketika emasnya sudah terkumpul sekian gram dan harganya sedang naik, maka anda bisa menjual emas tersebut untuk dijadikan modal usaha. Cara ini sudah pernah dilakukan kolega admin -- dan terbukti cukup berhasil.


3. Menyisihkan uang gaji untuk dibelikan peralatan dan perlengkapan usaha sedikit demi sedikit

Apabila anda seorang karyawan atau pegawai, maka anda akan mendapat gaji secara rutin tiap bulan. Daripada anda menyisihkan sebagian uang gaji untuk ditabung, alangkah baiknya kalau uangnya 'langsung' digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha.

Misalnya, anda ingin menjalankan usaha di bidang kuliner. Maka sisihkanlah gaji anda tiap bulan untuk membeli peralatan dan perlengkapan kuliner satu-persatu. Misalnya, bulan ini anda membeli kompor, maka bulan depan anda bisa membeli wajan dan panci, kemudian bulan depannya lagi anda bisa membeli piring dan sendok, dan seterusnya.

Cara ini sudah pernah dilakukan oleh teman admin yang berprofesi sebagai fotografer dan desain grafis. Sewaktu ia masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan koran, ia membeli peralatan 'bisnis masa depan'nya satu-persatu.

Pada akhirnya, peralatan terkumpul dan (kebetulan) ia pun habis kontrak di tempat kerjannya (lantaran pengurangan karyawan perusahaan koran sebagai akibat banyaknya portal berita online). Saat itulah ia fokus menjalankan bisnis fotografinya secara fulltime.

Silahkan lihat usaha teman admin di web resminya: Toscaworld.com


Baca juga:



Mendapatkan modal usaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras dan komitmen, agar anda tidak terpengaruh 'cara instan' -- yakni mengajukan pinjaman. Jadi, cobalah cara-cara yang dipaparkan di atas, dan jangan pernah sekalipun menyerah sebelum usaha dijalankan.

Ingat, apabila anda ingin berbisnis -- maka mental anda harus kuat. Jangan sampai anda 'kalah sebelum berperang' lantaran alasan 'sepele' bernama modal.


Baca Juga