Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

3 Cara Terbaik Mengembangkan Usaha / Bisnis yang Sudah Berjalan Stabil

Onlenpedia.com | Bisnis yang sudah berjalan dengan stabil dan menghasilkan, sangat sayang kalau dibiarkan 'jalan di tempat'. Anda harus memiliki visi agar bisnis tersebut berkembang lebih besar, agar bisa menambah pundi-pundi anda.

Selain meningkatkan pendapatan, bisnis yang terus dikembangkan juga bagus dalam mengurangi angka pengangguran. Akan banyak penyerapan tenaga kerja, apabila bisnis tersebut semakin berkembang dan memerlukan sumber daya yang lebih besar.

Bicara tentang pengembangan bisnis, bagi anda yang masih bingung caranya -- di sini akan dipaparkan mengenai 3 cara terbaik untuk mengembangkan bisnis / usaha yang anda jalankan. Adapun 3 cara tersebut meliputi:


cara terbaik mengembangkan usaha bisnis yang sudah staabil
Cara mengembangkan bisnis agar lebih besar / image via Pixabay


1. Ekspansi / buka cabang di beberapa tempat

Ketika bisnis berjalan dengan baik di sebuah tempat, ada baiknya agar bisnis tersebut ekspansi ke berbagai tempat. Caranya yakni dengan membuka cabang di tempat lain yang strategis dan potensi pasarnya bagus.

Apabila hal itu sukses, anda bisa menambah lebih banyak cabang ke berbagai kota. Bahkan, anda juga bisa menambah cabang ke berbagai daerah, atau mungkin ke berbagai negara.

Namun, kesemua langkah di atas memerlukan modal yang tidak sedikit. Apabila modal anda cukup, tentu tak akan masalah. Namun apabila anda terkendala modal, jangan khawatir -- karena anda bisa melakukan cara lain berdasarkan poin ke-2 di bawah ini.


2. Menciptakan franchise / kemitraan

Apabila anda ingin ekspansi dalam bentuk pendirian cabang usaha -- namun terkendala modal, maka anda bisa menerapkan strategi franchise ataupun kemitraan. Hal ini sudah banyak diterapkan berbagai UKM di Indonesia, baik besar maupun kecil -- dan itu terbukti sukses.

Anda bisa membuat paket franchise / kemitraan bisnis yang anda jalankan untuk dijual kepada orang lain. Biasanya dalam paketan tersebut ada peralatan, banner promosi, gerobak, dan lain-lain (untuk franchise makanan / minuman skala kecil).

Keuntungannya, selain brand anda 'menyebar' ke berbagai tempat, kerjasama tersebut biasanya juga berlangsung untuk jangka panjang -- di mana anda akan menyuplai bahan baku kepada mitra anda. Alhasil, keuntungan anda bisa didapatkan secara terus-menerus, apalagi kalau penjualan mitra anda bagus -- alhasil permintaan bahan baku akan meningkat.


3. Melakukan akuisisi terhadap merk kompetitor untuk memperkuat brand anda

Apabila anda ingin bisnis anda semakin kuat dan menjadi 'yang satu-satunya', maka anda harus mengakuisisi bisnis milik kompetitor anda. Dengan begitu, anda bisa mengganti merk kompetitor anda menjadi merk anda, kemudian merk anda-lah yang menjadi 'satu-satunya brand' dalam bidang bisnis tersebut.

Sebagai contoh, bisa dilihat pada langkah OLX yang mengakuisisi Toko Bagus dan mengganti nama Toko Bagus menjadi OLX. Tak cukup sampai disitu, OLX kemudian kembali mengakuisisi kompetitor Toko Bagus, yaitu Berniaga -- dan mengganti namanya menjadi OLX. Sekarang, OLX pun menjadi brand yang paling melekat di hati masyarakat -- untuk bidang bisnis jual-beli barang bekas.


Baca juga:



Itulah dia paparan singkat tentang 3 cara mengembangkan bisnis yang sudah berjalan stabil. Penting bagi anda untuk mengembangkan bisnis -- selain meningkatkan pendapatan dan mengurangi angka pengangguran, pengembangan bisnis juga bagus untuk investasi bisnis bagi anak dan cucu anda.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR