--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Efek Positif Persaingan Bisnis yang Ketat Bagi Para Pembeli / Konsumen

Onlenpedia.com | Persaingan bisnis yang semakin sengit memang 'buruk' bagi para pebisnis. Namun, bagi pembeli / konsumen justru sebaliknya.

Secara tak disadari, persaingan bisnis yang sengit antar penjual justru memberikan efek positif kepada konsumen / pembeli. Mereka seperti 'dimanjakan' oleh para penjual yang memberikan service excellent -- lantaran sulitnya mendapatkan pembeli (akibat persaingan yang terlampau ketat).

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang 3 efek positif persaingan bisnis bagi para pembeli / konsumen. Adapun 3 efek positif tersebut, meliputi:


efek positif persaingan bisnis yang ketat bagi pembeli konsumen
Apa saja efek positif dari persaingan bisnis? / image via Pixabay


1. Harga yang semakin murah

Persaingan yang teramat ketat antar penjual, biasanya juga berdampak pada persaingan harga.

Guna mendapatkan pembeli, ada saja penjual yang rela membanting harga menjadi sangat murah. Menurut si penjual, meskipun keuntungan sedikit -- yang penting laku dan penjualan sering terjadi, daripada keuntungan besar -- namun penjualan hanya terjadi sekali - dua kali saja.

Biasanya hal inilah yang membuat 'rusak'nya harga pasar dan mau tidak mau penjual lain 'ikut-ikut'an membanting harga -- agar produknya juga laku.

Lantas, siapakah yang untung?

Jawabannya, tentu saja pembeli! Dengan harga yang semakin bersaing, pembeli akan dimanjakan dengan harga-harga yang lebih murah.

Bandingkan kalau si penjual tak memiliki pesaing (monopoli). Tentu dia akan semaunya menetapkan harga, dan pembeli bakal gigit jari kalau harganya terlampau tinggi.


2. Pelayanan yang semakin baik

Persaingan bisnis yang ketat tak melulu soal harga. Ada juga yang bersaing dari segi pelayanan, kesigapan mengandle pembeli, keramahan dalam menjawab keluhan pelanggan, dan kesediaan penjual untuk ganti rugi.

Dengan persaingan yang ketat, para penjual pun berlomba-lomba untuk memberikan service excellent kepada konsumen. Dan pembeli pun bisa pilih-pilih penjual, yang mana yang bagus pelayanannya -- di situlah 'hati pembeli akan berlabuh'.


3. Berbagai promosi seperti diskon, cashback, beli 3 gratis 1, dan promo 'menggiurkan' lainnya

Tak hanya dengan persaingan harga dan pelayanan, pembeli kembali dimanjakan dengan berbagai promosi yang dilakukan para penjual.

Guna mendapatkan banyak pembeli, banyak penjual yang membuat promo-promo 'menggiurkan', seperti promo diskon, cashback, beli 3 gratis 1, dan promo-promo menarik lainnya. Dan pembeli pun semakin dimanjakan dengan 'persaingan positif' antar penjual tersebut.


Baca juga:



Itulah dia 3 efek positif dari persaingan bisnis bagi para pembeli / konsumen. Bagi para pebisnis / penjual, persaingan bisnis sangatlah kejam. Namun bagi para pembeli / konsumen, persaingan bisnis justru bagaikan 'surga'.

Bagaimana menurut anda?


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang