Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Hal ini Membuktikan Kalau Pebisnis Online Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Perekonomian Indonesia

Onlenpedia.com | Bisnis online akhir-akhir ini memang semakin booming. Keberadaannya pun mulai diakui, meski terkadang ada pula pebisnis online di beberapa daerah yang disepelekan banyak orang -- lantaran 'kerja'nya yang seperti pengangguran.

Well, meskipun agak diremehkan, sebenarnya pebisnis online memiliki kontribusi yang nyata bagi perekonomian Indonesia. Keberadaan mereka -- meskipun agak 'tak terlihat', namun kontribusinya cukup mempengaruhi bagi perekonomian nasional.

Lantas, apa saja kontribusi nyata para pebisnis online bagi perekonomian nasional?

Berikut 3 jawabannya!


kontribusi nyata para pebisnis online bagi kemajuan ekonomi nasional
Kontribusi para pebisnis online bagi perekonomian Indonesia / image via Pixabay


1. Mengalirkan uang dari luar negeri ke dalam negeri

Poin pertama ini khusus bagi pebisnis online yang 'mencari uang di luar negeri via internet'. Contohnya seperti menjual produk / jasa ke luar negeri, Blogger dan Youtuber yang membuat konten berbahasa Inggris, freelance yang bekerja paruh waktu bagi klien dari luar negeri, dan lain sebagainya. Mereka-mereka inilah 'pahlawan devisa yang tak terlihat'!

Dengan kegiatan tersebut, mereka cari uang dari luar negeri secara online (baca: 'mengalirkan uang dari luar negeri ke dalam negeri'). Mereka kemudian membelanjakan uangnya di Indonesia, baik untuk kebutuhan sehari-hari ataupun keperluan lainnya. Hal itu tentu sangat bagus untuk meningkatkan 'penambahan arus uang' dalam kegiatan ekonomi lokal.

Inilah kontribusi nyata yang dilakukan para pebisnis online, namun kadang tak diakui / tak diketahui banyak orang. Orang-orang lebih 'menghargai' pengusaha di dunia nyata, seperti pedagang dan lain sebagainya. Padahal semakin banyak pedagang bermunculan, malah semakin sengit persaingan antar pedagang. Hal itu justru membuat rezeki pedagang yang sudah ada akan 'terbagi' dengan pedagang - pedagang yang baru bermunculan.

Maka dari itu banyak pedagang yang mengeluh usaha semakin sepi. Hal itu lantaran bermunculannya pengusaha-pengusaha baru yang malah membuat persaingan semakin sengit, rezeki semakin terbagi.

Bandingkan dengan pebisnis online yang cari uang di luar negeri / luar daerahnya, kemudian ia membelanjakan uangnya di kota asalnya. Tentu itulah kontribusi sesungguhnya, yakni meningkatkan 'arus uang' di kota tempat tinggalnya.


2. Mengurangi angka pengangguran

Pebisnis online, terutama yang bergerak di bidang startup -- tentu memerlukan tim untuk membangun startup. Dengan mereka merekrut tim, maka sama saja dengan mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Selanjutnya, semakin lama startup tersebut berjalan dan terus berkembang -- maka mereka akan menambah lebih banyak karyawan.

Hal di atas baru rekruitasi tim / karyawan, belum lagi rekruitasi mitra, seperti GO-Jek, Grab, dan Uber yang memerlukan banyak mitra pengemudi. Ini tentu sangat bagus untuk mengurangi angka pengangguran untuk skala yang lebih besar.


3. Memberikan kemudahan bagi pengguna lewat layanan berbasis digital

Selain berkontribusi bagi 'penambahan arus uang' dan mengurangi angka pengangguran, bisnis online juga memberikan kemudahan bagi para pengguna / konsumen. Betapa tidak, mereka yang awalnya harus antri membeli tiket pesawat, kini bisa memesan tiket secara online. Kemudian dalam hal pengurusan SIM, STNK, dan kegiatan birokrasi lainnya yang 'rentan' pungli, kini bisa dilakukan secara transparan lewat jalur online. Selanjutnya, mereka yang awalnya harus pergi ke pasar panas-panasan plus biaya bensin dan parkir, kini bisa duduk santai di rumah dan membeli barang secara online. Pokoknya kegiatan bisnis online benar-benar memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional, salah satunya memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengatasi permasalahan mereka.

Bukankah itu sangat bagus?


Baca juga:



Itulah dia penjelasan singkat mengenai 3 kontribusi nyata para pebisnis online bagi kemajuan ekonomi nasional. Semoga dengan penjelasan di atas, bisa membuat para pebisnis online tidak dipandang sebelah mata alias diremehkan lagi. Semoga saja!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR