Skip to main content

3 Usaha Sampingan Dari Internet Tanpa Harus Memiliki Website / Blog Sendiri

Onlenpedia.com | Bagi anda yang masih bingung dalam memilih usaha sampingan, manfaatkanlah teknologi internet yang kini semakin booming. Dengan kemajuan internet seperti sekarang, menjalankan bisnis online bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang bagus untuk anda.

Bicara soal bisnis sampingan via internet, banyak orang yang mengira bahwa menjalankan usaha online harus memiliki website / blog sendiri. Padahal ada usaha sampingan online yang tak mengharuskan anda untuk memiliki website / blog sendiri, namun tetap memberikan keuntungan yang signifikan untuk anda.

Lantas, apa saja usaha sampingan yang dimaksud?

Langsung saja, berikut ini 3 usaha sampingan secara online tanpa harus memiliki website / blog sendiri, diantaranya:


usaha sampingan dari internet tanpa harus punya blog atau website sendiri
Usaha sampingan secara online / via Pixabay


1. Jualan online di situs marketplace atau media sosial

Sesungguhnya menjalankan usaha sampingan secara online yang paling cepat mendapatkan hasil bukanlah menggunakan blog. Salah satu usaha online yang paling cepat mendapatkan hasil adalah dengan menjual produk secara online.

Perlu anda ketahui, menjual produk secara online tak harus memiliki toko online sendiri. Anda bisa berjualan online di situs marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Opsi lainnya, anda juga bisa berjualan online via media sosial seperti Facebook dan Instagram. Untuk Facebook, anda bisa memanfaatkan fitur fanpage yang bisa dijadikan 'toko online' anda. Sedangkan di Instagram, anda bisa menggunakan akun Instagram dengan nama toko online anda.

Sebagai penambah motivasi, silahkan baca:



2. Jadi freelancer online

Ini mungkin bukan tergolong bisnis, melainkan kerja paruh waktu yang memanfaatkan media internet. Bagi anda yang memiliki keahlian seperti desain grafis, penerjemah bahasa, penulis artikel, dan keahlian lainnya, anda bisa menjadi freelancer online.

Bagi anda yang berminat, anda bisa menjual keahlian anda di situs-situs yang mempertemukan antara klien dengan freelancer. Untuk situs yang pangsa pasarnya internasional, bisa anda coba di:

- Upwork.com

- Fiverr.com

- Freelancer.com

Sedangkan untuk situs freelance pangsa pasar lokal (Indonesia), bisa anda daftarkan diri anda di:

- Sribulancer.com

- Projects.co.id

- Freelancer.co.id


3. Jadi youtuber

Apabila mencari uang menggunakan blog harus pandai menulis konten (atau menggunakan jasa penulis artikel), maka mencari uang dari Youtube cocok bagi mereka yang suka membuat dan mengedit video. Jadi, bagi anda yang tak suka menulis artikel atau tak punya dana untuk menggunakan jasa penulis konten, anda bisa menjalankan usaha sampingan lewat Youtube.

Bagi anda yang tertarik untuk menjadi youtuber, anda bisa membaca artikel di bawah ini:



Sebagai penambah motivasi, silahkan anda baca kisah inspiratif berikut ini:



Itulah dia ulasan singkat mengenai 3 usaha sampingan secara online tanpa harus memiliki blog / website sendiri. Sebenarnya ada banyak bisnis sampingan online yang bisa anda garap, namun yang paling menjanjikan dan paling populer hanyalah 3 poin di atas.

Ayo, segera mulai bisnis sampingan anda!


Baca Juga