Skip to main content

Bisnis Jual - Beli Online Kian Menjamur, 3 Pihak ini yang Sangat Diuntungkan!

Onlenpedia.com | Bisnis jual - beli online semakin menjamur saja. Hal itu tak lepas dari pesatnya perkembangan era digital, disertai dengan meningkatnya kepercayaan akan membeli barang secara online -- yang akhirnya membuat bisnis tersebut kian berkembang.

Bicara soal perkembangan bisnis jualan online yang kian booming, sebenarnya ada beberapa pihak yang diuntungkan oleh fenomena tersebut.

Lantas, pihak mana saja yang dimaksudkan di atas?

Langsung saja, berikut ini ada 3 pihak yang diuntungkan berkat menjamurnya bisnis jual - beli online, yaitu:


bisnis jual beli online kian marak siapakah yang diuntungkan
Jual - beli online kian marak, siapa yang diuntungkan? / via Pixabay



1. Penjual yang tak memiliki toko fisik

Maraknya bisnis jualan online menjadi berkah tersendiri bagi para penjual yang tak memiliki toko fisik. Betapa tidak, banyak penjual online yang tak sanggup membeli toko, dan enggan menyewa toko -- akhirnya memutuskan untuk berjualan di ranah online.

Hasilnya, penjualan pun tak kalah bagus dengan para penjual non online. Bahkan keuntungan jauh lebih besar, lantaran tak perlu membeli / menyewa toko fisik. Cukup dengan berjualan gratis di situs marketplace, media sosial, ataupun blog gratisan, mereka sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Bandingkan dengan penjual offline yang harus membeli / menyewa toko dulu sebelum berjualan. Belum lagi, kemungkinan sepi pembeli apabila toko yang dibeli / disewa posisinya tidak strategis. Kalau pun ingin lokasi yang strategis, tentu harga beli / sewa toko tersebut sangat mahal. Alhasil, omset yang didapat pun harus dikurangi biaya sewa guna mendapatkan keuntungan bersih.


2. Perusahaan logistik (pengiriman barang)

Selain penjual yang tak memiliki fisik, maraknya bisnis jualan online juga menjadi berkah bagi perusahaan logistik (jasa kirim barang). Dengan vitalnya peran jasa kirim barang dalam jualan online, membuat perusahaan logistik kerap kebanjiran job pengiriman barang.

Karena potensinya yang sedang menanjak, perusahaan logistik baru pun banyak yang bermunculan. Sementara, perusahaan logistik lama terus memperkuat eksistensi, dengan memperbanyak cabang, menambah jam operasional, serta menambah pilihan paket pengiriman. Ini menandakan vitalnya peran perusahaan logistik bagi bisnis jual - beli online. Dan timbal baliknya, perusahaan logistik pun meraup keuntungan yang tidak sedikit.


3. Perbankan

Yang namanya jual - beli online, apalagi yang melibatkan penjual dan pembeli dari kota / provinsi yang berbeda, maka metode pembayarannya pun tak bisa secara langsung. Biasanya alternatif pembayaran yang paling diminati masyarakat adalah via transfer ATM.

Melihat fakta tersebut, kebutuhan akan jasa perbankan pun kian meningkat. Kemudian semakin banyak orang yang membuka rekening di bank -- guna memudahkan mereka dalam melakukan transaksi pembayaran ketika membeli produk / jasa secara online. Inilah yang menjadi keuntungan bagi bank, nasabah bertambah, arus kas bertambah, pendapatan dari biaya administrasi pun turut bertambah.


Baca juga:



Mungkin inilah yang dinamakan dengan 'kekuatan dari perubahan jaman'. Ketika jaman semakin maju, maka terbentuklah banyak bisnis baru, salah satunya bisnis jual - beli online. Dan 3 pihak di atas sangat diuntungkan dengan adanya model bisnis baru bernama jual - beli online tersebut.

Bagaimana menurut anda?


Baca Juga