Skip to main content
iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual
© Onlenpedia Blog Network ™

Ingin Memulai Bisnis, Namun Keraguan Selalu Muncul? Ini 3 Cara Mengatasinya!

Onlenpedia.com | Di zaman yang serba sulit, menjalankan bisnis bisa menjadi solusi yang bagus untuk meningkatkan pendapatan. Anda bisa menjalankan bisnis secara full time, atau bisa juga bisnis sampingan -- apabila anda berprofesi sebagai karyawan.

Bicara soal menjalankan bisnis, yang paling sulit dilakukan adalah 'memulai'nya. Biasanya ada saja orang yang ingin memulai bisnis, namun tak kunjung dieksekusi -- lantaran masih ada keraguan dalam dirinya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis?

Jawabannya, bisa dilihat pada 3 cara berikut ini!


bagaimana cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis
Cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis / via Pixabay


1. Sering-sering membaca / menonton kisah para pebisnis sukses

Keraguan anda dalam memulai bisnis mengartikan bahwa tekad anda masih setengah-setengah. Perlu 'suntikan' motivasi yang lebih, agar anda memiliki tekad yang kuat dalam memulai bisnis.

Salah satu cara untuk menambah motivasi bisnis adalah, dengan membaca atau menonton kisah sukses para pebisnis sukses.

Admin lebih merekomendasikan anda untuk menonton film kisah sukses pebisnis. Adapun contoh film yang admin rekomendasikan adalah film asal Thailand yang berjudul 'Top Secret'. Film tersebut mengisahkan tentang biografi pengusaha sukses asal Thailand yang bernama Top Ittipat. Top Ittipat diketahui merupakan pendiri perusahaan yang memproduksi cemilan terkenal, Tao Kae Noi. Di sana akan diceritakan tentang susah payahnya Top dalam merintis bisnis, yang mana kisahnya akan sangat mengharukan. Namun, proses yang berat tersebut akhirnya berbuah kesuksesan yang cukup dramatis.

Selain film tentang kisah nyata, anda juga bisa menonton film inspiratif lainnya -- meski berupa cerita fiksi. Adapun film fiksi yang direkomendasikan admin adalah film Hollywood yang berjudul 'Joy'. Film ini mengisahkan tentang seorang ibu rumah tangga muda yang sukses berbisnis lantaran ingin merubah hidupnya. Adapun pemeran tokoh ibu muda bernama Joy ini adalah aktris cantik Jennifer Lawrence.


2. Memiliki target untuk membeli sesuatu yang mahal

Kalau membaca / menonton cerita sukses pebisnis masih belum cukup, anda perlu 'suntikan' motivasi yang lebih mantap lagi. Kali ini anda harus lebih banyak 'menatap ke atas', alias melihat orang-orang kaya yang ada di sekitar anda. Rata-rata dari mereka pasti memiliki rumah mewah, mobil mewah, maupun gadget mahal.

Ketika anda 'menatap ke atas' janganlah anda merasa iri ataupun dengki, karena itu adalah sifat orang-orang 'bermental miskin'. Jadikanlah orang-orang kaya di sekitar anda sebagai 'pelecut' semangat anda untuk segera memulai bisnis. Dan tanamkanlah di hati anda kalimat seperti di bawah ini:

"Suatu saat nanti saya akan membeli rumah mewah, mobil mewah, dan gadget mahal seperti mereka. Oh tidak, yang jauh lebih mewah dan jauh lebih mahal dari punya mereka. Saya pasti bisa!"


3. Usahakan berada di situasi yang 'kepepet' agar bisa memunculkan 'The Power of Kepepet'

Masih ragu dalam memulai bisnis?

Hmm.. Mungkin anda perlu 'suntikan' motivasi yang lebih 'mengerikan' lagi. Caranya harus 'natural', yakni anda harus hidup dalam keadaan serba sulit, alias kepepet. Dengan keadaan yang serba sulit / kepepet, maka dengan sendirinya akan muncul 'The Power of Kepepet' dari dalam diri anda.

'The Power of Kepepet' merupakan kekuatan luar biasa yang akan muncul di saat anda kepepet. Kekuatan ini sangat luar biasa, bahkan di luar perkiraan anda. Dan dalam keadaan biasa -- kekuatan ini tak akan pernah muncul meskipun anda berusaha untuk memunculkannya.

Gak percaya?

Sebagai contoh, ada seorang pemuda bernama Ajie yang sangat takut dengan anjing. Suatu hari, Ajie dikejar anjing galak yang ingin menggigitnya. Ajie pun lari dengan cepat dan anjing tersebut terus mengejarnya. Ajie pun terpojok di ujung gang sempit di mana ada pembatas berupa kandang yang cukup tinggi. Karena terdesak (sambil terus berlari), Ajie pun tanpa pikir panjang langsung melompati pagar tersebut. Ia pun berhasil melompati pagar dan selamat dari kejaran anjing galak tersebut.

Ajie pun merasa heran kenapa dirinya bisa melompati pagar yang cukup tinggi tersebut. Di lain hari, ia pun mencoba melompati pagar tersebut, namun akhirnya gagal. Di percobaan kedua dan seterusnya Ajie mencoba lagi dan tetap gagal. Ajie pun akhirnya menyerah.

Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa kekuatan (luar biasa) Ajie yang bisa melompati pagar tinggi -- muncul dalam situasi kepepet (dikejar anjing galak). Ketika dalam keadaan biasa (tanpa dikejar anjing), Ajie selalu gagal melompati pagar tersebut.

Itulah dia 'magis' dari 'The Power of Kepepet' yang muncul di saat tertentu saja (dalam keadaan kepepet). Bayangkan kalau 'kekuatan' tersebut diaplikasikan ke dalam dunia bisnis. Tentunya anda akan jauh dari rasa putus asa dan menyerah ketika merintis bisnis anda.


Baca juga:



Itulah dia gambaran singkat tentang cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis. Apabila anda masih ragu dalam memulai bisnis -- cobalah langkah-langkah di atas, dijamin pasti manjur.

Gak percaya?

Silahkan coba sendiri!


Baca Juga