Skip to main content

5 Tips Menjalankan Usaha Dengan Modal Seadanya

Onlenpedia.com | Bagi anda yang bermodal seadanya atau 'bahasa gaul'nya bermodal cekak dan anda ingin menjalankan bisnis, maka postingan ini sangat cocok untuk anda. Ketahuilah, dengan modal minim pun anda tetap bisa menjalankan bisnis, asalkan anda menerapkan 5 tips yang akan dipaparkan di bawah ini.

Apa sajakah tips yang dimaksud?



tips menjalankan usaha dengan modal seadanya cekak
Tips menjalankan bisnis dengan modal apa adanya / via Pixabay


Modal uang bukanlah segalanya dalam menjalankan suatu bisnis. Kemauan yang keras dan tekad yang kuat mampu 'mengalahkan' kekurangan dari segi permodalan. Namun, alangkah baiknya agar anda memperhatikan tips-tips berikut ini ketika anda menjalankan bisnis .

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini 5 tips menjalankan usaha dengan modal seadanya, antara lain:


1. Pilih 'kelas' usaha yang lebih rendah

Memulai bisnis dengan modal seadanya tentu harus 'sadar diri'. Artinya, apabila keinginan anda ingin menjalankan bisnis seperti bisnis tambang, pangkalan minyak, atau bisnis 'kelas atas' lainnya, maka hal itu mustahil dilakukan dengan modal seadanya.

Jalankan-lah bisnis yang sesuai dengan modal yang anda miliki, namun terbukti menghasilkan. Lambat laun, modal pun terkumpul -- dan anda bisa scale up bisnis ataupun ekspansi.

Pertimbangkan menjalankan usaha modal kecil namun menguntungkan, seperti buka depot kecil-kecilan, buka bengkel kecil-kecilan, jasa potong rambut, jasa servis handphone, dan lain sebagainya. Ke depannya anda bisa melakukan scale up, ekspansi, ataupun membangun bisnis baru yang 'kelas'nya lebih tinggi -- apabila bisnis yang anda rintis sukses.


Baca juga:


2. Jangan memilih usaha yang sudah 'sunset'

Apa itu usaha yang sudah 'sunset'?

Sesuai namanya, 'sunset' berarti matahari yang tenggelam. Kalau diikaitkan dengan bisnis, bisnis 'sunset' berarti bisnis yang trendnya sudah mulai tenggelam. Tenggelam di sini, bisa karena terlalu banyaknya pesaing, tren yang sudah menurun, bidang yang tak lagi dibutuhkan masyarakat, dan sebab-sebab lainnya.

Maka dari itu, pilihlah bisnis yang tidak sedang 'sunset', atau bisa juga menjalankan bisnis yang tak akan pernah 'sunset' meski banyak pesaing, seperti bisnis di bidang kuliner.


3. Pilihlah bisnis yang perputarannya cepat, agar modal cepat bertambah

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis modal kecil yang cepat berkembang, maka pilihlah bisnis yang perputarannya cepat. Dengan begitu, barang yang dijual cepat habis -- dan keuntungan yang didapat bisa dijadikan tambahan modal.

Banyak sekali contoh bisnis yang perputarannya cepat, dan admin kembali merekomendasikan bisnis di bidang kuliner. Seperti yang kita tahu, bisnis kuliner itu perputarannya cepat, dan orang-orang biasanya membeli makanan di depot yang sama lebih dari sekali.


4. Hemat dan bijak dalam pengelolaan keuangan

Yang namanya menjalankan bisnis dengan modal seadanya, maka anda harus disiplin dalam mengelola keuangan. Bijaklah dalam membelanjakan uang hasil usaha anda, karena uang tersebut bukan semata untuk pribadi -- melainkan juga untuk pengembangan usaha.

Apabila anda tergolong orang yang boros, dijamin usaha anda akan sulit berkembang. Kemungkinan terburuknya, bisa saja bisnis anda bangkrut, lantaran kehabisan uang untuk memutar usaha (sebagai akibat dari sifat anda yang terlalu boros dalam menggunakan uang hasil usaha anda).


5. Modal kecil, korbankan dengan lebih banyak waktu

Ketika anda menyadari kekurangan dari segi modal, maka anda harus memaksimalkan 'sumber daya' lain, yaitu waktu. Jangan gunakan standar waktu karyawan (8 jam sehari), ketika anda merintis bisnis dari nol.

Ketika anda merintis bisnis, anda harus rela mengorbankan lebih banyak waktu untuk membangun bisnis anda (guna menutupi kekurangan modal). Anda bisa menjalankan usaha siang dan malam, agar pendapatan perhari anda bisa maksimal. Semakin maksimal waktu yang digunakan, pendapatan anda pun akan maksimal, efeknya -- anda pun bisa lebih cepat untuk scale up bisnis anda.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan singkat tentang 5 tips menjalankan bisnis dengan modal seadanya. Ingat, modal uang bukanlah segala-galanya dalam berbisnis. Modal sesungguhnya adalah kekuatan tekad, kerja keras, dan mental baja.

Salam sukses!


Baca juga:




Baca Juga