Skip to main content

5 Usaha Kecil yang Menguntungkan di Bulan Puasa

Onlenpedia.com | Menjelang bulan Puasa, banyak sekali hal-hal yang dipersiapkan orang-orang, termasuk dalam menentukan peluang usaha. Ya, momen bulan Ramadhan sangat disayangkan kalau tidak dibarengi dengan menjalankan usaha yang menjanjikan di bulan tersebut.

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha di bulan puasa dan masih bingung dalam memilih usaha yang tepat, melalui artikel ini -- akan kami paparkan 5 peluang usaha yang cukup menjanjikan di bulan Ramadhan. Adapun 5 peluang usaha tersebut meliputi:



peluang usaha kecil yang menguntungkan bulan puasa
Peluang usaha di bulan Ramadhan / via Pixabay


1. Jual produk muslim

Sudah tak diragukan lagi, jualan produk muslim merupakan salah satu peluang usaha kecil yang menjanjikan di bulan puasa. Hal itu tak lepas dari kebutuhan akan produk-produk yang menunjang untuk beribadah di bulan Ramadhan.

Namun, sebisa mungkin jalankan usaha ini sejak 2 minggu sebelum puasa -- karena saat itulah orang-orang membeli produk muslim untuk keperluan Ramadhan. Adapun produk-produk yang dimaksud meliputi hijab, gamis, koko, tasbih, sajadah, mukena, dan lain sebagainya.


2. Jualan es buah

Di saat bulan Ramadhan tiba, maka tak semua orang bisa mempersiapkan menu minuman segar untuk berbuka. Hal ini bisa anda manfaatkan, yakni dengan menjalankan usaha jualan es buah untuk berbuka puasa.

Dengan kesegarannya yang begitu menggoda, membuat es buah diburu banyak orang sebagai penyegar dahaga saat berbuka puasa. Dan hal itu terbukti, di mana omset para penjual es buah sangat bagus saat bulan Ramadhan. Bahkan ada teman admin yang memiliki kenalan penjual es buah yang mampu meraup omset hingga 20 juta -- hanya di bulan Ramadhan.

Sangat menggiurkan, bukan?

Baca juga:

Pilih bisnis atau investasi? Lihat 3 perbandingannya!


3. Jualan aneka kue Ramadhan

Selain es buah, menu kue-kue 'khas' Ramadhan seperti kue bingka, kue lapis, dan lainnya juga diburu orang-orang untuk pelengkap berbuka puasa. Bagi anda yang ingin menangkap peluang ini, anda bisa mempertimbangkan untuk jualan aneka kue Ramadhan saat bulan puasa tiba. Anda bisa merasakan sendiri nanti seberapa besar omset yang akan anda dapat.


4. Jualan kurma

Kurma merupakan buah yang disunnahkan dikonsumsi pertama kali saat berbuka puasa, dengan jumlah yang ganjil.

Biasanya orang-orang akan membeli 'persediaan' kurma untuk sebulan penuh. Dan pembelian biasanya dilakukan 1 -  2 minggu sebelum bulan puasa tiba.

Mungkin peluang ini bisa anda manfaatkan -- yakni dengan menjual aneka kurma untuk keperluan bulan puasa. Mengapa tidak?


5. Usaha pesan-antar kuliner sahur

Saat bulan Ramadhan tiba, orang-orang tak hanya fokus pada menu buka puasa. Kadang menu sahur pun mendapat perhatian khusus, terlebih bagi mereka yang malas untuk memasak sendiri.

Nah, di sinilah anda bisa menangkap peluang untuk buka usaha pesan-antar kuliner sahur. Jalinlah kerja sama dengan depot kuliner yang buka saat sahur, dan tawarkan menu yang bisa dipesan dan diantar kepada orang-orang di sekitar tempat tinggal anda. Dijamin, pasti banyak orang-orang yang ingin 'tau beres' soal menu sahur -- dan mereka akan menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Sangat menarik, bukan?


Baca juga:



Itulah dia pemaparan mengenai 5 peluang usaha yang menjanjikan di bulan puasa. Ingat, jangan sia-siakan peluang bisnis di bulan Ramadhan, karena bulan tersebut adalah bulan yang penuh dengan berkah. Siapa tau anda juga kebagian berkah di bulan tersebut?


Baca juga:

5 Usaha sampingan dari rumah yang cocok untuk ibu rumah tangga


Baca Juga