Skip to main content

3 Peluang Bisnis Lebaran Tanpa Modal

Onlenpedia.com | Di bulan Ramadhan, apalagi menjelang Lebaran -- banyak orang yang bertanya-tanya tentang peluang bisnis Lebaran, usaha yang menjanjikan menjelang Lebaran, dan pertanyaan-pertanyaan terkait. Salah satu yang paling sering ditanyakan orang-orang adalah, peluang bisnis tanpa modal di saat Lebaran.

Memangnya ada?

Jawabannya, tentu saja ADA.

Melalui artikel ini, akan admin paparkan tentang 3 peluang bisnis Lebaran tanpa modal yang bisa anda praktekkan. Peluang-peluang bisnis tersebut terdiri dari:


peluang bisnis lebaran tanpa modal menjanjikan
Peluang usaha Lebaran tanpa modal / via Pixabay


1. Menjualkan kue kering milik pedagang lain

Meskipun tak memiliki modal berupa uang, anda bisa menggunakan kemampuan lobi anda untuk menjalankan bisnis. Salah satunya dengan menjadi 'perantara' dalam jualan kue Lebaran.

Seperti yang kita tahu, Lebaran identik dengan kue kering yang biasa disuguhkan untuk para tamu. Maka sudah jelas kalau jualan kue Lebaran akan laris-manis menjelang Hari Kemenangan tersebut.

Lantas, bagaimana kalau tanpa modal?

Jawabannya, silahkan gunakan kemampuan lobi anda dengan para pedagang kue kering di sekitar tempat tinggal. Tawarkan diri anda untuk menjualkan kue-kue tersebut. Sebelumnya, anda harus riset dan survei tempat jualan kue paling murah di kota anda, agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Lantas, bagaimana cara memasarkannya?

Di era digital seperti sekarang, anda bisa memasarkan produk apapun secara online, tak terkecuali kue Lebaran. Tawarkan-lah kue kering yang anda jual via media sosial, media chatting, forum dan grup di internet, serta channel-channel lainnya.

Untuk pengiriman, bisa anda lakukan sendiri dengan menetapkan ongkir (ongkis kirim). Apabila anda malas mengirimkan pesanan, anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga, seperti GO-Jek, ekspedisi lokal, dan lainnya -- yang ongkirnya juga dikenakan kepada pembeli.


2. Makelar mobil carteran

Lagi-lagi, kemampuan lobi anda akan diuji. Apabila anda merasa jualan kue terlalu banyak pesaing, maka anda bisa menjalankan opsi kedua -- yakni menjadi 'makelar' mobil carteran. Anda bisa menjalankan bisnis ini tanpa harus memiliki modal.

Ketahuilah, orang-orang yang ingin piknik/rekreasi saat Lebaran terkadang kesulitan menemukan mobil carteran. Di lain pihak, ada juga pemilik mobil yang kesulitan mendapatkan konsumen. Di situlah letak peluang bisnis yang bisa anda garap, yakni menjadi perantara antara mereka.

Gunakan kemampuan lobi anda untuk mengajak kerja sama pemilik mobil yang ingin menyewakan mobilnya. Untuk pemasaran, bisa anda lakukan secara online -- agar menjangkau lebih banyak orang.

Salah satu cara pemasaran yang paling efektif yaitu menawarkan jasa rental mobil tersebut di grup-grup Facebook dengan tema pariwisata lokal di kota / provinsi anda. Gunakanlah kalimat promosi yang menarik, dan jangan sampai terkesan spamming.


Baca juga:



3. Jual produk fashion Lebaran dengan sistem dropship

Kalau dua poin sebelumnya harus mengandalkan kemampuan lobi, maka peluang bisnis Lebaran yang ketiga ini sangat cocok untuk anda yang kurang ahli dalam melakukan lobi.

Anda bisa menjual produk fashion Lebaran secara online, yakni dengan sistem dropship. Sistem dropship mengartikan kalau anda menjualkan produk milik orang lain.

Untuk pembayaran dari pembeli akan anda handle, sedangkan pengepakan dan pengiriman barang dilakukan oleh supplier anda (dengan mengatasnamakan toko online anda). Untuk keuntungannya, didapat dari selisih harga jual ke konsumen -- dengan harga beli produk ke produsen.

Cara memasarkan produk dropship, bisa anda lakukan via Facebook, Instagram, BBM, ataupun LINE. Biasanya foto produk bisa didapatkan dari supplier, yang memudahkan anda dalam memasarkan produk.


Baca juga:



Peluang bisnis menjelang Lebaran memang sangat menjanjikan. Apalagi kalau bisnisnya bisa dijalankan tanpa modal, tentu sangat cocok bagi mereka yang tak memiliki modal.

Bagaimana menurut anda?


Baca Juga
[NEW] Daftar situs penyedia dropship