Skip to main content

Cara Memulai Bisnis Parcel Lebaran Beserta Tips Suksesnya

Onlenpedia.com | Bisnis Parcel Lebaran merupakan salah satu bisnis 'musiman' yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, pada momen-momen tertentu (seperti Lebaran), yang namanya parcel akan selalu dicari orang-orang. Kegunaannya, yaitu sebagai 'hadiah Lebaran' -- baik dari bos kepada karyawan, dari pengusaha ke loyal costumer, dari teman ke teman, ataupun antar kerabat.

Bicara soal bisnis parcel Lebaran, bagi anda yang berminat untuk menjalankan usaha ini -- di sini akan dijelaskan mengenai cara memulai bisnis parcel Lebaran, serta beberapa tips sukses menjalankan bisnis tersebut.

Seperti apakah?


tips sukses bisnis parcel lebaran
Cara memulai dan tips sukses bisnis parcel Lebaran / via Pixabay


A. Cara memulai bisnis parcel Lebaran

Berikut ini ada beberapa tips mengenai cara memulai bisnis parcel Lebaran. Silahkan anda simak dengan baik tips-tips di bawah ini!


1. Cari supplier yang tepat

Yang namanya parcel pastinya memerlukan produk-produk (biasanya makanan dan minuman dalam kemasan) yang akan dibungkus dan dihias dalam 'satu kesatuan'. Maka dari itu, anda memerlukan supplier yang tepat untuk mendapatkan produk-produk tersebut.

Tipsnya, carilah supplier produk yang murah (namun tidak murahan), agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Seandainya bisnis parcel Lebaran anda dimulai dengan modal yang seadanya, maka usahakan mencari supplier yang bisa dibayar secara bertahap -- namun dengan batas waktu tertentu.


2. Skill dalam membuat parsel

Tampilan adalah hal yang paling menentukan dalam penjualan parcel Lebaran. Maka dari itu, anda harus memiliki skill dan kreatifitas yang bagus dalam merangkai parcel yang akan anda jual.

Variasikan berbagai bentuk dan hiasan parcel yang anda buat, agar lebih unik dan menarik. Anda bisa belajar melalui internet, buku, atau bisa juga mengikuti kursus membuat parcel yang biasanya diadakan di kota-kota besar. Selanjutnya, kombinasikan ilmu yang anda dapatkan dengan kreatifitas anda sendiri, agar menghasilkan parcel yang unik dan menarik di mata calon pembeli.


Baca juga:



3. Teknik pemasaran yang tepat

Apalah artinya memiliki produk yang bagus, namun orang-orang tidak mengetahuinya. Maka dari itu, anda harus memiliki teknik pemasaran yang tepat -- karena pemasaran jauh lebih penting daripada produksi. Pemasaran / marketing adalah ujung tombak dari bisnis -- apapun itu!

Caranya?

Anda bisa memasarkan parcel anda dengan menitipkan ke toko-toko besar, supermarket, ataupun minimarket. Selain itu, anda juga bisa membuat proposal untuk dikirimkan ke instansi atau perusahaan yang biasanya membutuhkan parsel Lebaran. Kemudian agar hasilnya lebih maksimal, anda juga perlu memasarkan produk anda via media sosial, media chatting, ataupun situs marketplace.


4. Permodalan

Permodalan menjadi hal yang cukup krusial dalam memulai bisnis, termasuk bisnis parcel Lebaran. Anda harus menghitung kebutuhan modal dengan cermat, harus efisien, dan hindari yang namanya hutang. Ingat, bisnis anda harus menyesuaikan dengan modal yang anda miliki, bukan sebaliknya!


5. Action

Ketika perencanaan bisnis dan yang lainnya sudah matang, tiba saatnya anda untuk bertindak (action) menjalankan bisnis anda.

Segera jalankan bisnis parcel Lebaran anda sesuai dengan yang anda rencanakan. Bisnis Anda tidak akan pernah terwujud nyata jika Anda tidak pernah mengambil langkah pertama untuk memulainya. Maka dari itu, action akan menjawab segala keraguan anda dalam menjalankan bisnis tersebut!


Baca juga:



B. Tips sukses bisnis parcel Lebaran

Setelah mengulas tentang cara memulai bisnis parcel Lebaran, kali ini kita akan membahas tentang tips sukses menjalankan bisnis tersebut.

Lantas, apa sajakah tipsnya?


1. Pasarkan produk anda di lingkungan terdekat

Memasarkan parcel Lebaran bisa diawali dengan 'radius terdekat' terlebih dahulu. Anda bisa memasarkan parcel Lebaran kepada kerabat, tetangga, teman, ataupun kenalan anda. Apabila produk yang anda tawarkan menarik perhatian mereka, bukan tidak mungkin mereka akan membelinya. Dan potensi lainnya, bisa saja mereka merekomendasikan produk anda ke orang-orang terdekat mereka. Selanjutnya, produk anda pun akan dikenal dari mulut ke mulut (viral).


2. Maksimalkan berbagai metode promosi (online dan offline)

Untuk menggapai hasil yang maksimal, anda harus memaksimalkan berbagai metode promosi (online dan offline). Buatlah brosur, kartu nama, atau akun sosial media khusus untuk bisnis anda. Selain itu, anda juga bisa membuat proposal penawaran ke instansi dan perusahaan. Biasanya instansi dan perusahaan secara rutin mengirim parcel untuk rekanan, kolega, dan customer mereka -- terutama saat Lebaran.


3. Pesanan harus diantar tepat waktu

Bisnis parcel memiliki sensitifitas dalam waktu pengantaran. Hal itu dikarenakan produk parcel Lebaran sangat berkaitan pada momen tertentu (misalnya Lebaran), jadi apabila momen tersebut terlewatkan -- maka maknanya akan hilang. Apalagi kalau parcel tersebut diisi dengan produk makanan / minuman yang memiliki masa kadaluwarsa, tentu harus diantar tepat waktu.


4. Inovasi

Jangan berfikir seperti orang kebanyakan, tapi buatlah something different. Disitulah letak kreatifitas anda dalam melakukan inovasi, terutama dalam teknik pengemasan parcel.

Ketahuilah, teknik dalam pengemasan parcel akan terus berkembang dan trend cepat berganti. Jangan pernah berhenti untuk belajar berbagai macam teknik. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan tempat anda untuk belajar, jadi tak ada alasan untuk berhenti mempelajari teknik-teknik baru.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan tentang cara memulai bisnis parcel Lebaran beserta tips suksesnya. Jangan pernah menyia-nyiakan peluang bisnis ini -- karena meskipun musiman -- peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Semoga bermanfaat!


(Sumber: Pojokbisnis.com)


Baca Juga