Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Ampuh Mengatasi Kejenuhan Dalam Kegiatan Blogging

Onlenpedia.com | Anda seorang blogger? Apabila ya, maka simak tulisan ini baik-baik.

Mungkin dalam awal-awal menjadi blogger, anda akan merasakan 'sensasi' semangat yang luar biasa dalam membangun blog anda. Hal itu dikarenakan kegiatan tersebut terasa masih baru bagi anda, dan anda memiliki impian besar untuk meraih kesuksesan dari blog anda (bagi yang menjalankan blog untuk bisnis).

Sayangnya, semangat yang menggebu di awal -- bisa berubah drastis menjadi rasa jenuh yang akut. Admin pun merasakan hal serupa, di mana ketika admin menjalankan kegiatan blogging di atas 1 tahun -- admin merasakan kejenuhan yang luar biasa.

Kabar baiknya, admin akhirnya tau cara mengatasi rasa jenuh tersebut -- sehingga admin tetap eksis sebagai blogger sejak tahun 2015 hingga sekarang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kejenuhan dalam kegiatan blogging?

Simak ulasannya berikut ini!



cara mengatasi kejenuhan dalam kegiatan blogging blogger
Cara mengatasi rasa jenuh / bosan dalam menjadi blogger / via Pixabay


Penyebab rasa jenuh / bosan dalam kegiatan blogging

Sebelum mepaparkan tentang cara mengatasi kejenuhan dalam blogging, berikut ini akan admin uraikan apa saja penyebab munculnya rasa jenuh dalam kegiatan blogging. Adapun penyebabnya terdiri dari:


1. Kehilangan ide

Ide adalah 'bahan bakar' dalam kegiatan blogging. Tanpa adanya ide, maka blog tak akan berjalan dengan semestinya.

Ketika awal-awal anda menjalankan kegiatan blogging, anda tentu merasakan banyaknya ide berdatangan di kepala anda. Namun, seiring waktu berjalan -- ada masa di mana ide-ide baru urung berdatangan di kepala anda (stuck)

Hal itu (mungkin) disebabkan suasana yang begitu-begitu saja (kerja dari rumah), sehingga ide-ide segar tidak muncul lagi. Tidak heran, kebosanan dan kejenuhan pun semakin akut menghinggapi diri anda -- dan anda pun mulai malas melakukan kegiatan blogging.


2. Kegiatan yang monoton (menulis terus-menerus)

Kalau ide adalah 'bahan bakar' dalam kegiatan blogging, maka menulis adalah 'kemampuan' yang vital untuk mengakomodir ide menjadi konten blog anda.

Kegiatan menulis bagi seorang penulis (atau mereka yang memiliki passion di bidang tersebut) tentu sangat menyenangkan. Namun, apabila kegiatan tersebut dilakukan terus-menerus dalam waktu yang lama -- maka muncul-lah rasa jenuh / bosan. Istilahnya, 'melakukan sesuatu yang monoton itu terasa sangat membosankan'.


3. Penghasilan yang kecil

Khusus bagi blogger yang blogging for money, tujuan utama dari kegiatan blogging adalah untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Hal itulah yang membuat motivasi blogger semakin menyala, terutama bagi blogger yang masih pemula dan belum tahu dunia blogging 'sesungguhnya'.

Memang betul, mereka yang baru terjun di dunia blogging -- di kepala mereka terbayang akan penghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan (seperti kata para penjual ebook). Orientasi mereka adalah 'hasil', bukan 'proses'. Karena orientasi mereka adalah 'hasil', namun hasilnya tak sesuai harapan, maka mereka pun mulai jenuh melakukan kegiatan blogging.

Ingat, kegiatan blogging bukanlah lari sprint, melainkan lari maraton. Bukan siapa yang cepat berlari, melainkan siapa yang kuat bertahan hingga mencapai garis finish.

Maka dari itu, dalam menjalankan kegiatan blogging -- anda harus memahami segala prosesnya. Perlu waktu 1 hingga 2 tahun untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dan cukup untuk biaya hidup anda. Apabila anda baru menjalani 3-6 bulan -- kemudian mengeluh, maka anda TIDAK PANTAS untuk menjadi seorang blogger.


Baca juga:



Cara mengatasi rasa / jenuh dalam kegiatan blogging

Setelah mengulas tentang penyebab munculnya rasa jenuh / bosan dalam kegiatan blogging, tiba saatnya admin paparkan tentang cara mengatasinya. Adapun cara mengatasi kebosanan / kejenuhan dalam blogging, meliputi:


1. Lakukanlah kegiatan 'blogging outdoor' untuk mendapatkan ide-ide  baru

Poin pertama ini adalah solusi dari penyebab rasa jenuh dalam blogging di poin pertama. Adapun penyebab yang dimaksud adalah 'kehilangan ide dalam blogging'.

Cara mengatasi 'kehilangan ide dalam blogging' adalah, dengan sedikit mengubah 'kebiasaan' anda. Kebiasaan yang dimakud dalam hal 'tempat' anda melakukan kegiatan blogging.

Kalau biasanya anda blogging di rumah (indoor), maka ubahlah kebiasaan anda dalam menjalankan kegiatan blogging, yaitu di luar rumah (secara outdoor). Anda bisa mencari tempat di luar rumah yang pemandangannya bagus, mendamaikan, dan membuat otak menjadi fresh. Dari situ, anda bisa menemukan ide-ide baru untuk mengisi konten blog anda.

Agar tak cepat bosan, tempat blogging outdoor yang anda lakukan -- kalau bisa jangan cuma di satu tempat. Cobalah untuk berpindah-pindah tempat, misalnya hari ini di kafe, hari esoknya di taman, hari esoknya lagi di mall, dan seterusnya. Harapannya, ide-ide yang anda dapatkan akan semakin variatif, dan tentu akan membuat mood anda semakin bagus.


2. Gunakan jasa penulis artikel, atau menulis di tempat-tempat yang berbeda (mencari suasana baru)

Untuk poin yang kedua ini adalah solusi dari penyebab rasa jenuh blogging di poin 2 -- yaitu 'kegiatan yang monoton (menulis terus-menerus)'.

Cara mengatasinya yakni dengan menyewa jasa penulis / beli artikel yang bisa menggantikan tugas anda. Anda bisa menemukan jasa penulis artikel yang murah dan berkualitas di FORUM ADS ID.

Bagi anda yang tak memiliki modal untuk menyewa jasa penulis / beli artikel, anda bisa melakukan kegiatan seperti di poin pertama -- yakni blogging outdoor. Dengan suasana dan tempat yang (selalu) baru, maka rasa jenuh dalam menulis perlahan-lahan bisa teratasi. Trust me!


3. Jangan bergantung pada pengiklan, pikirkan sesuatu yang dapat 'dijual' pada blog anda (combine monetization)

Seperti poin-poin sebelumnya, poin ketiga ini adalah solusi dari penyebab rasa jenuh dalam blogging yang ketiga -- yaitu 'penghasilan yang terlampau kecil'.

Kalau dalam waktu 3-6 bulan blogging namun penghasilan masih kecil, maka hal itu adalah sesuatu yang wajar. Lain halnya kalau anda sudah aktif sebagai blogger lebih dari setahun -- maka hal itu perlu mendapatkan perhatian khusus.

Ada berbagai sebab kenapa penghasilan anda masih kecil, yakni traffic yang kurang bagus atau cara monetisasi yang salah. Anggap saja kalau traffic blog anda sudah bagus, namun penghasilan masih kecil -- maka anda perlu mengubah cara monetisasi blog anda.

Selama ini para blogger kerap menghasilkan uang dari blog lewat iklan pihak ketiga, seperti PPC, PPM, Affiliate, jasa review, blogpost, dan lainnya. Menurut admin, cara tersebut kurang 'manjur' untuk menghasilkan uang yang banyak dari blog anda.

Apabila anda menginginkan penghasilan yang besar dari blog, cobalah untuk 'menjual sesuatu' dari blog anda. Anda bisa menjual produk (fisik atau digital), ataupun menjual jasa / layanan di blog anda -- karena uang 'hasil jualan' jauh lebih banyak ketimbang 'uang dari iklan'.

Anda tetap bisa mengkombinasikan pendapatan iklan dan pendapatan dari produk / jasa yang anda jual -- istilahnya combine monetization. Semakin banyak variasi monetisasi blog anda, maka semakin banyak pemasukan anda.

Ingat, jangan jadikan iklan sebagai sumber penghasilan utama blog anda -- melainkan hanya sampingan saja. Anda harus 'menjual sesuatu' di blog anda, agar hasilnya lebih maksimal.

Admin sendiri sudah menerapkannya (menjual jasa) di blog ini. Silahkan lihat jasa yang admin jual >> DI SINI.


Baca juga:



Kegiatan apapun itu -- pasti tak lepas dari yang namanya rasa jenuh, tak terkecuali kegiatan blogging. Bagi anda para blogger yang (juga) mengalami kejenuhan, cobalah menerapkan hal-hal yang dijelaskan di atas.

Ingat, bisnis apapun yang anda jalankan pasti ada masa jenuhnya. Tinggal pintar-pintar anda dalam menyiasati hati dan pikiran anda, agar tetap bersemangat dalam melakukan kegiatan yang anda tekuni.

Baca juga:

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR