Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Arti Kewirausahaan dan UMKM di Mata Sandiaga Uno

Onlenpedia.com | Selain berbagi rahasia kesuksesan bisnisnya, pengusaha sekaligus Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 -- Sandiaga Uno -- juga berbagi opini tentang arti kewirausahaan dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) bagi perekonomian Indonesia.

Lantas, seperti apakah arti kewirausahaan dan UMKM di mata Sandiaga Uno?



arti kewirausahaan dan umkm menurut sandiaga uno indonesia
Arti kewirausahaan dan UMKM menurut Sandiaga Uno / image via Instagram


Kewirausahaan dan UMKM di mata Sandiaga Uno

Menurut pandangan Sandiaga Uno, kewirausahaan itu adalah sebuah pola pikir. Kewirausahan juga bisa berarti sebuah ide yang menyebar luas terutama di kalangan anak muda.

Kenapa harus anak muda?

Hal itu dikarenakan anak muda lebih menyukai dinamika (perubahan) dan tentunya dipenuhi oleh gairah dan semangat. Menurut Sandiaga Uno, dinamisme dan semangat akan membuat masa depan dunia usaha menjadi lebih cerah.

Perpaduan antara kerja keras (working hard), kerja cerdas (working smart), serta bermain sungguh-sungguh (playing hard) semakin bergeser dari tren musiman menjadi gaya hidup. Menurut Sandiaga Uno, kalau situasi seperti ini terus berlanjut (atau bahkan terus meningkat), maka hal itu akan membuat prospek bisnis dan perekonomian Indonesia menjadi semakin cerah.


Sandiaga Uno menambahkan bahwa saat ini masih ada kesalahpahaman tentang konsep dari kewirausahaan. Adapun kesalahpahahaman yang dimaksud meliputi:


1. Banyak pemuda yang menganggap bahwa kewirausahaan adalah sesuatu yang mudah

Sebagian besar pemuda menganggap bahwa kewirausahaan adalah sesuatu yang mudah dan PASTI sukses. Maka dari itu banyak diantara mereka yang resign dari pekerjaaan dan fokus menjadi wirausaha.

Menurut Sandiaga Uno, kewirausahan bukan berarti harus meninggalkan sebuah pekerjaan demi membuka usaha sendiri. Meskipun menjadi seorang pekerja (karyawan), seseorang masih bisa untuk memiliki jiwa wirausaha.

Di mata Sandiaga Uno, wirausaha tidak selalu tentang uang -- melainkan adalah sebuah pola pikir yang terus menghasilkan kreativitas dan inovasi.

Kewirausahaan memang memiliki visi yang baik, tetapi tidak harus tergantung pada tempat ia bekerja. Jadi seorang wirausahawan tidak terbatas hanya pada lokasi atau status dan posisi di tempat kerjanya, melainkan pada kualitas kreativitas dan ide-ide yang dimilikinya.


2. Beberapa contoh wirausahawan memang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang memadai

Terkadang latar belakang pendidikan seseorang dianggap penting untuk menjadi wirausaha. Misalnya harus kuliah jurusan ilmu manajemen bisnis dulu baru 'boleh' buka usaha.

Menurut Sandi Uno, seharusnya sudut pandang wirausaha diarahkan pada kesuksesan mereka dalam mengembangkan usahanya, dan bukan pada latar belakang pendidikan mereka.

Sandiaga juga berpendapat bahwa kewirausahaan mengharuskan adanya kebijaksanaan, bukan intuisi yang buta. Selain itu, kewirausahaan bukan bertujuan untuk menjadikan seseorang menjadi kaya, melainkan menjadikan seseorang menjadi lebih baik lagi.


3. Kewirausahan adalah bukan semata untuk diri sendiri

Banyak sekali wirausaha yang berfokus pada diri sendiri dan hanya ingin mencapai kekayaan sendiri. Menurut Sandiaga Uno, hal tersebut sangatlah keliru.

Bagi Sandi, kewirausahaan adalah tentang kerjasama dengan orang lain. Selain itu, kewirausahaan juga berbicara tentang bagaimana memberikan manfaat kepada orang lain. Jadi tak sekedar 'bisnis' semata, melainkan juga impact positif bagi orang lain.


Beberapa tambahan mengenai kewirausahaan dan UMKM di mata Sandiaga Uno, diantaranya:

1. Kewirausahaan bertentangan dengan konsep keberuntungan. Sandiaga Uno menyatakan bahwa orang yang bergantung pada keberuntungan akan selalu menanti keberuntungan itu datang. Sementara, menanti 'sesuatu yang tidak pasti' hanya akan membuat seseorang menjadi miskin.

2. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pelaku mayoritas ekonomi Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi negara. Menurut Sandiaga Uno, UMKM seharusnya diperhatikan secara lebih serius oleh pemerintah.

3. Kendala pada UMKM akan sangat mengganggu perekonomian Nasional. Dalam hal pengelolaannya, menurut Sandiaga Uno, ada tiga masalah besar yang dihadapi pelaku UMKM saat ini, yakni kualitas sumber daya manusia (SDM), akses pasar, dan pendanaan (modal).

Baca juga:



4. Sandiaga Uno melihat UMKM dibiarkan tumbuh sendiri oleh pemerintah tanpa kebijakan yang berpihak. Hebatnya, sektor tersebut justru mampu bertahan pada saat krisis dan menopang perekonomian negara selama lebih dari sepuluh tahun terakhir.

5. Sektor UMKM seharusnya dijadikan pilar penciptaan lapangan kerja. Selama ini, menurut Sandi Uno, jiwa kewirausahaan telah membuktikan bahwa UMKM mampu bertahan dan mampu mempekerjakan karyawan rata-rata 5-10 orang per unit usaha. Tentu hal itu sangat positif dalam rangka mengurangi angka pengangguran.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan tentang arti penting kewirausahaan dan UMKM bagi perekonomian Indonesia menurut Sandiaga Uno.

Semoga informasi di atas bisa menjadi bahan masukan bagi anda, terutama yang masih ragu dalam berwirausaha.

Salam sukses!



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR