Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Kisah Sukses Bos EMTEK Group (SCTV dan Indosiar), Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Banyak sekali kisah pengusaha lokal sukses yang bisa anda jadikan inspirasi.

Setelah sebelumnya menceritakan tentang kisah sukses Bob Sadino dan kisah raja properti Ciputra, kali ini kami akan berbagi cerita tentang kisah sukses Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Bagi yang belum tahu sosoknya, beliau adalah pemilik dari EMTEK Group yang menaungi stasiun TV seperti SCTV dan Indosiar.

Lantas, seperti apakah kisah kesuksesan pemilik SCTV dan Indosiar ini?


kisah sukses eddy kusnadi sariaatmadja bos emtek sctv indosiar
Kisah sukses Eddy Sariaatmadja / image via Forbes.com


Latar belakang

Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah salah satu pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang media pertelevisian. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 11 Desember 1963.


Kesuksesan seorang Eddy Sariaatmadja bukan tanpa alasan. Beliau didukung oleh background pendidikan yang tak sembarangan.

Eddy Sariaatmadja telah menyelesaikan pendidikan dengan gelar sarjana di jurusan Civil Engineering, University of New South Wales, Australia di tahun 1978. Tak cukup sampai di situ, beliau juga sukses meraih gelar Master di bidang Engineering di tahun 1980.

Berbagai pencapaian di perguruan tinggi di atas, membuat Eddy Sariaatmadja mampu membangun bisnis-bisnisnya di bidang teknologi, khususnya media pertelevisian.


Karir bisnis

Eddy Sariaatmadja merupakan pengusaha sukses di bidang media pertelevisian yang cukup disegani. Dirinya mempunyai perjalanan bisnis yang cukup panjang, di salah satu lini bisnisnya -- yaitu Emtek Group.

Hal itu diawali pada era '80-an, di mana Eddy Sariaatmadja mendirikan perusahaan dengan nama PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk (Emtek) yang bergerak di bidang teknologi. Perusahaan tersebut juga mendapat hak eksklusif sebagai disributor komputer Compaq di Indonesia.

Seiring waktu berjalan, Emtek Group sukses meraih kejayaan sebagai perusahaan raksasa di Indonesia. Hal itu tak lepas dari kemampuan bisnis yang dimiliki Eddy, yang tentu samgat berpengaruh pada kemajuan Emtek Group.

Pada tahun 2005, Eddy memutuskan untuk membeli saham SCTV sebanyak 473 unit dan mayoritas kepemilikan PT Surya Citra Media akhirnya berada di tangan Eddy. Tak cukup sampai disitu, Eddy Kusnadi kemudian juga membeli saham dari PT Citrabumi Sacna milik Henry Pribadi serta PT Indika Multimedia milik Agus Lasmono, putra salah satu pendiri SCTV.

Keluarga Eddy Kusnadi pun akhirnya menguasai saham SCTV sebesar 78.69%. Kontrol media pertelevisian SCTV berada di bawah kendali Emtek Group.


Pembelian mayoritas saham tersebut merupakan langkah yang sangat tepat. Pada tahun 2006, aset yang dimiliki PT Surya Citra Media Tbk yang menaungi SCTV mampu meraih keuntungan hingga senilai Rp 1,82 triliun. Penjualan bersihnya mencapai Rp 1,2 triliun. Sungguh keuntungan yang cukup fenomenal kala itu.

Kesuksesan di bidang pertelevisian kian jelas terlihat pada Emtek Group. Grup media milik Eddy itu kemudian mengakuisisi stasiun televisi Indosiar, salah satu anggota dari the big four dalam bisnis pertelevisian di Indonesia kala itu. Tentu hal ini merupakan langkah cerdas berikutnya, yang mana Indosiar pun semakin maju berkat tangan dingin dari Eddy.


Kesuksesan bisnis

Kesuksesan bisnis yang diraih Eddy Sariaatmadja tak lepas dari pendidikan teknologi dan bakat bisnis yang dimilikinya. Tidak heran kalau beliau memiliki kecerdasan dalam melihat peluang, dan mengeksekusinya dengan langkah yang tepat.

Menurut majalah Forbes tahun 2015, Kekayaan bersih Eddy Sariatmadja mencapai 1,58 miliar USD. Bahkan pada tahun 2016 beliau dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 6 di Indonesia.


Biodata Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Nama: Eddy Kusnadi Sariaatmadja
Lahir: tanggal 11 Desember 1963 di Jakarta, Indonesia
Kebangsaan: Indonesia
Pekerjaan: CEO Emtek
Agama: Kristen Protestan
Istri: Sofi Wijaya
Anak: Adi Sariaatmadja, Alvin Widarta Sariaatmadja
Orang tua: Mohamad Soeboeb Sariaatmadja.


Baca juga:



Itulah dia sepenggal cerita tentang kisah sukses bos Emtek Group, Eddy Kusnadi Sariaatmadja.

Banyak inspirasi yang bisa kita dapat dari beliau, seperti kecerdasan dalam melihat peluang, ketepatan cara mengeksekusi ide, kemampuan manajemen bisnis yang mumpuni, dan kecermatan dalam melihat berbagai perubahan.

Bagaimana menurut anda?



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR