Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

[Konsultasi] Bagaimana Agar Berjualan Jilbab Secara Online Bisa Laku?

Dari: Puteri Permata Sari (22 tahun) di Sragen

Saya seorang mahasiswa tetapi saya sudah menikah dan memiliki anak. Selain sebagai mahasiswa, saya bekerja sampingan sebagai pedagang. Yang saya jual berupa jilbab.

Ibu saya memiliki beberapa kios dan satu diantaranya saya isi dagangan saya. Untuk di kios tergantung sepi dan ramainya pasaran. Selain itu saya juga berdagang melalui media masa, seperti FB, BBM, dan Instagram.

Setiap hari saya menawarkan dagangan saya, tapi kenapa dagangan saya sepi pengunjung. Apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih.



Cara berjualan jilbab secara online agar laku
Cara agar berjualan online bisa laku / via Pixabay


Jawaban kami:

Halo mbak Puteri. Semoga anda selalu diberi kesehatan dan kesuksesan.


Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah anda lakukan di usia anda yang masih cukup muda. Meskipun anda sudah menikah, tak akan menghalangi impian anda untuk mencapai kesuksesan, khususnya di bisnis online.

Mengenai pertanyaan anda:

Bagaimana agar berjualan jilbab secara online bisa laku?

Kami akan coba menjawabnya.


Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, mengenai usaha anda yang sudah ada 'versi offline-nya' yaitu berupa kios -- hal itu sudah cukup bagus.

Kemudian langkah-langkah untuk meng'online'kan bisnis anda melalui Instagram, Facebook, dan BBM -- hal itu juga cukup bagus. Namun masih belum lengkap, karena menjual di 3 channel online tersebut belum-lah menjamin produk anda bisa laku.


Perlu anda ketahui, kalau anda berjualan di Facebook dan Instagram, maka audiens (pangsa pasar) yang anda sasar sebatas teman / follower anda saja.

Dan itu belum tentu tertarget.

Untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens media sosial, sangat dianjurkan agar anda menggunakan fasilitas iklan berbayar dari Facebook dan Instagram, yakni Facebook Ads. Di sana selain beriklan di Facebook -- anda sekaligus juga bisa beriklan di Instagram -- karena Instagram merupakan perusahaan milik Facebook, jadi keduanya ibarat 'satu paket'.


Untuk mengetahui cara pasang iklan di Facebook Ads, anda bisa Googling sendiri ya ;). Di Google banyak toturial lengkap cara beriklan di FB Ads -- jadi banyak insight yang bisa anda dapatkan dari sana.


Kemudian untuk BBM atau Blackberry Messenger, menurut kami juga memiliki kekurangan apabila dijadikan channel untuk berjualan online.

Biasanya pangsa pasar anda terbatas (sebatas teman BBM), dan kadang kurang tertarget. Selain itu, biasanya promosi yang dilakukan adalah dengan pesan broadcast, atau post foto produk di recent updates. Kedua cara tersebut sangat-sangat 'berbau' spam, dan tentu akan banyak teman anda yang men-delcont BBM anda, karena promosi yang 'tak tepat sasaran'.


Menurut kami, BBM bukan-lah sarana yang tepat untuk promosi produk secara online. BBM hanya sebagai sarana komunikasi akhir -- apabila ingin closing. Fungsi tersebut sama dengan WA yang hanya sebagai tempat 'tanya-tanya harga dan spesifikasi produk', bukan sebagai tempat promosi / spam.


Lantas, di mana channel terbaik untuk berjualan secara online?

Tempat terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda menjual produk hijab anda secara online adalah di situs-situs marketplace. Adapun situs-situs yang dimaksud meliputi:

1. Tokopedia

2. Shopee

3. Bukalapak.


Baca juga:



Kenapa harus di situs marketplace?

Jawabannya karena situs marketplace ibarat sebuah pasar / mall online. Orang-orang yang mengunjungi situs tersebut PASTI ingin/siap membeli barang.

Berbeda dengan Instagram, Facebook, dan BBM -- di mana para penggunanya (hanya) berniat untuk bercengkrama dengan teman-temannya dan tak ada niat membeli produk. Jadi apabila ada orang yang mempromosikan produk di beranda / RU mereka -- bakal 'ditandai' sebagai spam.


Lantas, bagaimana cara menjual produk di situs marketplace?

Cara sederhananya bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Daftarkan diri anda (sign up) di situs marketplace (Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee).

2. Buka toko / lapak di sana, jangan lupa sertakan nama toko dan logo toko anda.

3. Posting produk berupa judul, keterangan/spesifikasi, foto produk (usahakan lebih dari 1), harga produk, dan lain sebagainya.

4. Posting produk secara rutin dan konsisten tiap hari.

5. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa beriklan (berbayar di sana) seperti TopAds di Tokopedia dan Push di Bukalapak (untuk Shopee belum ada fitur iklan berbayar). Tenang saja, biaya iklannya cukup terjangkau, kok ;).

6. Dengan beriklan, kemungkinan produk anda laku akan lebih besar -- karena produk anda akan muncul di paling atas pencarian pada kata kunci yang anda bidik.


Baca juga:



Itulah dia saran / masukan dari kami mengenai permasalahan bisnis anda.

Semoga bermanfaat, dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR