Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Tips Jadi Kaya Menurut Warren Buffet, Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

Menjadi kaya adalah keinginan sebagian besar orang. Maka dari itu, banyak orang yang mencari tahu seperti apa tips menjadi kaya, cara cepat kaya, dan bisnis apa yang bisa membuat mereka cepat kaya.

Di artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa tips agar menjadi kaya. Tidak sembarangan, tips-tips berikut ini merupakan saran dari salah satu orang terkaya di dunia, yakni Warren Buffett.


tips menjadi kaya menurut warren buffett orang terkaya di dunia
Tips cepat kaya ala Warren Buffet

Dilansir dari laman Detik Finance, sosok Warren Buffett mungkin tidak asing lagi di telinga anda -- terutama bagi anda yang bergelut di dunia investasi saham.

Warren Buffett merupakan seorang pakar / ahli dalam bidang keuangan dan investasi, yang namanya cukup tersohor di muka bumi.


Berdasarkan data Forbes, Warren Buffett merupakan orang terkaya nomor dua di dunia setelah Bill Gates. Jumlah kekayaan Buffett mencapai US$ 78,7 miliar, atau setara dengan Rp 1.046 triliun.

Karena kesuksesannya yang luar biasa, banyak orang ingin tahu seperti apa cara agar bisa sukses seperti sosok Warren Buffett. Menurut Buffett, kekayaannya dibangun dengan cara yang sederhana, dan tentu bisa ditiru dengan mudah oleh orang lain.


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ada 6 tips cepat kaya ala Warren Buffett, diantaranya:


1. Investasikan keuntungan dari bisnis anda

Banyak orang yang menggunakan keuntungan bisnisnya untuk membeli barang-barang sesuai keinginannya, hal itu termasuk sesuatu yang dilarang Warren Buffett.

Menurut Buffett, jika bisnis atau investasi anda sedang untung jangan terburu-buru untuk membelanjakannya.

Sebesar apapun godaannya, usahakan keuntungan dari bisnis tersebut digunakan untuk investasi ataupun memperluas skala bisnis yang ada.

Dengan menggunakan uang untuk hal-hal yang produktif, tentu bisa membuat penghasilan anda bertambah -- dan jadi kaya bukan hanya isapan jempol belaka.


2. Tetap perhitungkan pengeluaran, meskipun kecil

Warren Buffett adalah tipikal orang yang tidak terlalu mau memusingkan hal-hal teknis. Ia lebih memilih untuk menggaji manajer yang terobsesi dengan angka angka mendetail untuk menjalankan seluruh bisnisnya. Tujuannya, agar si manajer bisa mengatur keuangan -- termasuk memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil perusahaan.

Buffett kerap berinvestasi pada sebuah perusahaan karena perusahaan tersebut memiliki perhitungan yang mendetail mengenai keuangan dalam perusahaannya.


3. Kenali resiko

Warren Buffet selalu menilai segala kemungkinan sebelum mengambil sebuah keputusan penting. Ia seringkali bertanya kepada dirinya sendiri 'setelah ini apa?' sebelum mengambil sebuah keputusan yang berisiko.

Dengan memperhatikan segala macam resiko, Buffett menilai hal itu dapat membantunya untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas. 


4. Harus tahu kapan untuk berhenti

Dalam berinvestasi, Buffett tahu kapan ia harus berhenti -- dalam situasi tertentu.

Hal itu dikarenakan Buffett pernah memiliki pengalaman masa kecil, saat itu dirinya pernah bertaruh dalam sebuah balapan dan kalah.

Selanjutnya ia bertaruh lagi guna mengembalikan uangnya, sayangnya ia kalah lagi.

Sejak saat itulah Buffett belajar untuk tidak mengulangi kesalahannya, dan tidak membiarkan rasa penasaran membodohinnya.


5. Jangan terlalu sering berhutang (kalau bisa jangan)

Warren Buffett pernah mengatakan, "hidup dalam utang kartu kredit tidak akan membantumu kaya'.

Buffett tergolong entrepreneur yang hampir tidak pernah berhutang -- bahkan untuk investasi dan membeli rumah atau tanah sekalipun.

Ia lebih suka membeli sesuatu secara tunai dengan uang yang sudah dimiliki.


Baca juga:



6. Pahami arti sebenarnya dari kesuksesan

Arti kesuksesan berbeda-beda bagi setiap orang.

Ada yang harus kaya raya baru menganggap dirinya sukses, ada juga yang menganggap hidup berkecukupan sudah tergolong sukses.

Warren Buffett sendiri mengukur sukses hidupnya dari banyaknya orang yang ingin dan benar-benar mencintainya.

Buffett juga tergolong orang yang tidak suka menyimpan uang yang banyak, bahkan ia sudah menyumbangkan separuh dari harta kekayaannya. Menurutnya, ia lebih mencintai proses (mencari uang) ketimbang hasil akhir dari proses tersebut (uang).


Baca juga:



Itulah dia pemaparan mengenai beberapa tips jadi kaya ala Warren Buffett.

Semoga paparan di atas bisa memberikan inspirasi untuk anda, dan salam sukses!




Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR