Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Fakta Menarik! Ternyata Sepatu Adidas, Nike, dan Onitsuka Dibuat di Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan merk sepatu seperti Adidas, Nike, dan Onitsuka?

Ya, merk-merk yang disebutkan di atas merupakan merk-merk kelas dunia yang namanya sudah sangat terkenal. Harga produk sepatu yang mereka produksi pun lumayan mahal, dan hal itu berbanding lurus dengan kualitasnya.

Meskipun terkenal sebagai merk-merk dari luar negeri, rupanya ada fakta menarik seputar negara pembuat sepatu bermerk Adidas, Nike, dan Onitsuka.

Rupa-rupanya negara yang memproduksi merk-merk sepatu di atas tidak lain dan tidak bukan adalah Indonesia.

Lantas, apakah benar kalau Adidas, Nike, dan Onitsuka dibuat di Indonesia?


apakah sepatu merk adidas nike onitsuka di produksi di Indonesia
Ilustrasi sepatu / image via Pixabay


Dilansir dari laman Detik Finance, ada fakta menarik yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartanto. Ia mengungkapkan bahwa industri sepatu dunia memang pernah berpindah dari Indonesia ke Vietnam. Akan tetapi di era sekarang, industri di bidang tersebut sudah masuk kembali ke Indonesia. Ia pun menyentil tentang merk-merk sepatu dunia seperti Nike dan Adidas yang kembali dibuat di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan Airlangga dalam dialog bersama para pemimpin redaksi media nasional, di Jakarta, Kamis malam (14/12/2017).

"Tetapi Nike masuk lagi ke Indonesia. khusus footwear sama clothing itu bagi Nike, bagi Adidas, bagi Reebok dan yang lain, Indonesia ini produsen nomor 6 di dunia, dan kita sekarang sudah bisa melampaui China," jelas Airlangga, dilansir dari laman Detik Finance.

"Jadi kalau kita lihat di Kudus, daerah Semarang itu, kita ini besar," tambah Airlangga.


Airlangga pun kembali menambahkan, merk sepatu Adidas dan Onitsa yang ada di Jepang ternyata juga diproduksi di Indonesia.

Sementara itu, orang-orang Indonesia malah tak mengetahui bahwa merk-merk sepatu kenamaan dunia tersebut dibuat di Indonesia.

Kebanyakan orang-orang Indonesia merasa bangga membeli sepatu merk ternama dari luar negeri tersebut, padahal sepatu tersebut justru dibuat di Indonesia.

"Jadi kalau masalah Adidas, Onitsuka, dan yang lain memang di Jepang sendiri ingin membeli sepatu buatan Indonesia. Kadang orang Indonesia kadang enggak sadar bahwa itu buatan Indonesia dan kualitasnya juga besar," tutur Airlangga.


Airlangga juga memaparkan bahwa Indonesia itu memiliki kekuatan di bidang produksi tekstil, clothing, hingga alas kaki, dan orientasinya pun ekspor hingga ke mancanegara.

"Kita punya kekuatan di textile, clothing, dan footwear," pungkas Airlangga.


Baca juga:



Itulah dia fakta menarik sekaligus membanggakan, di mana Indonesia ternyata adalah negara pembuat sepatu dari merk-merk kenamaan dunia, seperti Adidas, Nike, dan Onitsuka.

Suatu kebanggan yang besar memang, tapi sayangnya orang-orang di seluruh dunia tidak tahu akan fakta tersebut. Mereka tahunya bahwa Adidas, Nike, dan Onitsuka adalah brand kenamaan dunia, itu saja.



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR