Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 Tips Mengelola Uang Gaji di Tahun 2018

Tahun 2017 sudah berganti ke tahun 2018. Banyak hal yang harus diperbaiki, salah satunya dalam hal pengelolaan keuangan.

Bicara soal pengelolaan keuangan, mungkin di tahun-tahun sebelumnya anda kurang bijak dalam mengelola uang gaji anda. Alhasil, uang gaji yang anda terima habis begitu saja tanpa adanya simpanan ataupun investasi.

Guna 'memperbaiki' sesuatu yang 'salah' di tahun sebelumnya, berikut ini ada beberapa tips dalam mengelola uang gaji yang bisa anda praktekkan di tahun 2018.

Apa sajakah tips-tipsnya?


tips mengelola uang keuangan gaji di tahun 2018
Tips mengelola gaji di tahun 2018 / image via Pixabay


Dilansir dari laman Detik Finance, mungkin sebagian dari anda masih sulit dalam mengatur uang gaji yang anda terima setiap bulannya. Hal itu mungkin dikarenakan sifat yang terlalu boros dan membeli sesuatu yang diinginkan (yang belum tentu dibutuhkan).

Saat itulah kadang anda merasa bahwa gaji anda tak cukup. Padahal kesalahan belum tentu ada pada jumlah gaji, namun gaya hidup juga turut mempengaruhi.


Di tahun 2018 ini, sebaiknya anda segera mengubah pola hidup anda -- terutama dalam hal finansial. Berikut ini ada beberapa tips mengelola uang gaji di tahun 2018, diantaranya:


1. Prioritaskan untuk membayar tagihan atau utang (kewajiban)

Biasakan-lah untuk menempatkan tagihan atau utang (kewajiban) sebagai prioritas. Jangan sampai tagihan / utang dibiarkan berlarut-larut, sebisa mungkin dilunasi -- lebih cepat lebih baik.

Tagihan kartu kredit dan lainnya mungkin terlihat sulit dilunasi. Namun melunasinya di tahun 2018 bukan mustahil asal Anda punya komitmen yang kuat.

Mulailah dengan membayar tagihan dengan jumlah terkecil atau bunga terbesar, dan jadikanlah sebagai prioritas yang wajib di perhatikan setiap bulannya. Niscaya, anda akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan.


2. Alokasikan uang untuk dana darurat

Dana darurat adalah dana simpanan yang nantinya akan digunakan di saat situasi yang urgent dan memerlukan biaya.

Dalam perencanaan keuangan yang baik, dianjurkan agar setiap orang memiliki alokasi untuk dana darurat. Untuk jumlahnya, setidaknya setara dengan 3 bulan gaji.

Mungkin terasa sulit mengumpulkan uang sebanyak itu. Namun, apabila dilakukan secara perlahan (tapi pasti), maka dana darurat pasti akan terkumpul.

Lebih baik 'sedia payung, sebelum hujan'.


3. Siapkan perencanaan anggaran

Anggaran adalah mekanisme perhitungan pendapatan dan biaya dalam suatu periode. Ada baiknya anda membuat perencanaan anggaran dengan teratur, agar pemasukan dan pengeluaran bisa dipantau.

Misalnya setelah anda berbelanja, langsung catat jumlahnya sehingga anda bisa tahu berapa jumlah pengeluaran dalam sebulan.

Begitu pula dengan pemasukan bulanan, sebisa mungkin anda catat -- agar bisa mengetahui selisih antara pendapatan dengan pengeluaran.

Di jaman digital seperti sekarang , membuat dan mencatat anggaran sudah semakin mudah dengan tersedianya berbagai aplikasi yang bisa diunduh lewat smartphone.


4. Mulailah untuk berinvestasi

Ada baiknya di tahun 2018 ini anda memulai untuk berinvestasi, demi masa depan yang lebih baik.

Investasi yang dilakukan, bisa dalam bentuk saham, reksa dana, emas, maupun properti. Pilihlah instrumen yang sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Jangan lupa juga untuk berinvestasi dalam bentuk 'non-teknis', seperti mengembangkan kemampuan dan ilmu pengetahuan, serta menambah pengalaman anda .


5. Menabung

Selain berinvestasi, menabung juga dianjurkan karena sifatnya yang saving money ('mengamankan' uang dari pemborosan).

Tahukah anda, semakin banyak uang di tangan anda -- maka semakin banyak pula 'timbulnya keinginan' untuk membeli sesuatu.

Seandainya uang anda ditabung di bank, setidaknya anda bisa meminimalisir keinginan untuk membeli sesuatu yang tak terlalu dibutuhkan.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan tentang 5 tips mengatur uang gaji di tahun 2018. Cobalah untuk mempraktekkan tips-tips di atas, niscaya keuangan anda di tahun 2018 akan semakin sehat.



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR