Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Pasang / Mengaktifkan SSL (Https) Blogger Pada Blogspot TLD (Custom Domain)

Ada kabar gembira bagi pengguna blogspot yang menggunakan custom domain (TLD).

Beberapa waktu yang lalu Google mengumumkan bahwa blogger kini memiliki versi https untuk blogspot dengan domain khusus. Padahal sebelumnya hal itu hanya berlaku untuk subdomain blogspot.

Dengan adanya kepastian tersebut, banyak pengguna blogspot custom domain yang ingin mengaktifkan sertifikat SSL (https) di blog mereka.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara memasang sertifikat SSL (https) milik blogger di blogspot berdomain TLD?

Simak tutorialnya berikut ini!



cara mengaktifkan ssl https blogger di blogspot custom domain tld
Blogger sudah mendukung https untuk custom domain TLD / image via Pixabay


Keuntungan / manfaat menggunakan SSL (https) pada blog

Sebelum membahas tentanf tutorial setting https pada blogger custom domain, ada baiknya agar anda mengetahui apa saja manfaat dari penggunaan sertifikat SSL (https) pada blog.

Adapun manfaat yang dimaksud meliputi:


1. Dengan adanya https, maka sistem akan membantu memastikan bahwa pengunjung blog membuka situs yang benar dan tidak dialihkan (redirect) ke situs berbahaya.

2. Membantu mendeteksi jika ada
penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh blogger ke pengunjung. Istilahnya adalah data yang dikirim terenkripsi.

3. Dengan adanya https, keamanan semakin meningkat dan membuat orang lain lebih sulit melacak aktivitas atau mencuri informasi pengunjung blog.

4. Google pernah mengatakan bahwa https merupakan salah satu parameter dalam pemeringkatan situs di hasil pencarian. Artinya https sangat bagus untuk SEO blog.

5. Menambah trust (kepercayaan) karena situs yang dikunjungi akan bertuliskan "Aman" (disertai icon gembok berwarna hijau) di bagian kiri tab browser.


Cara setting SSL (https) milik blogger di blogspot custom domain (TLD)

Berikut ini tutorial langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mengaktifkan fitur https pada blogger custom domain, diantaranya:


1. Karena fitur ini belum bisa diakses di alamat blogger.com, alhasil, anda harus mengunjungi alamat draft.blogger.com. Tenang saja, tampilan dashboard-nya sama persis dengan blogger.com.

2. Setelah anda mengunjungi draft.blogger.com, selanjutnya buka "Setelan" > "Dasar". Kemudian aktifkan "HTTPS Availability" dengan memilih "YES", setelah itu halaman dashboard akan me-refresh otomatis. Proses ini namanya propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS atau menunggu HTTPS aktif. Dalam masa ini untuk sementara blog tidak bisa diakses. Akan tetapi proses ini tidak berlangsung lama, jadi silahkan tunggu selama beberapa menit. Selama beberapa menit tersebut, bagian "HTTPS redirect" belum bisa diaktifkan (bertuliskan "NO" secara default).

3. Apabila proses propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS telah selesai, silahkan refresh halaman dashboard Blogger anda. Kemudian aktifkan juga "HTTPS redirect" (di bawah tulisan "HTTP Availability") menjadi "YES" agar blog diakses hanya menggunakan HTTPS saja. Jika ada link di blog dengan menggunakan url HTTP maka otomatis akan dialihkan ke HTTPS, begitu juga jika ada pengunjung yang mengakses dengan url lama yang masih menggunakan HTTP maka akan otomatis dialihkan ke HTTPS. Hal ini bagus untuk SEO artikel lama anda yang sudah memiliki posisi bagus di mesin pencari.

4. Selanjutnya buka menu "Theme/Template" > "Edit HTML" kemudian anda dihadapkan pada halaman script template anda.

5. Cari (ketik ctrl+F) tulisan "http" di dalam template, kemudian ubah satu-persatu "http" menjadi "https". Hal ini penting karena apabila masih ada URL "http" di dalam template anda, maka blog anda masih belum bertuliskan "Aman" di bagian kiri tab browser (saat alamat blog diakses).

6. Langkah berikutnya, silahkan edit robot.txt di bagian "Setelan" > "Preferensi Penelusuran" menjadi "Ya", kemudian isi dengan script di bawah ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search 

Allow: / 
Sitemap: https://www.domainanda.com/sitemap.xml


7. Buka Webmaster tools, kemudian "Add Property" untuk https://domainanda.com.

8. Lakukan sekali lagi "Add Property" untuk https://www.domainanda.com. Ini penting untuk memantau kinerja situs anda yang sudah menggunakan https.

9. Kemudian submit sitemap di masing-masing properti anda, yakni pada bagian "Crawl" > "Sitemap" > "Add/Test Sitemap", isi dengan "Sitemap.xml", kemudian refresh page.

10. Tiap kali artikel baru dipublish, lakukan Fetch as Google atau Submit Article di Search Console cukup di satu properti webmaster, yakni yang menggunakan alamat https://www.domainanda.com. Untuk properti lainnya seperti http://domainanda.com, http://www.domainanda.com, dan https://domainanda.com cukup dibiarkan saja (fungsinya hanya sebagai 'klaim kepemilikan', bukan untuk memantau kinerja situs).


Setelah semua setting di atas dilakukan, silahkan cek di browser anda dengan mengetikkan http://domainanda.com atau cukup domainanda.com saja, maka akan otomatis redirect ke https://www.domainanda.com.

Selain itu, pada tab browser di samping kiri alamat situs anda akan tampak icon gembok berwarna hijau disertai tulisan "Aman" (kalau menggunakan browser Chrome).


Baca juga:



Itulah dia cara setting sertifikat SSL (https) milik blogger di blogspot custom domain (TLD). Tentunya hal ini sangat menggembirakan karena baru sekarang blogger mendukung https pada custom domain. Sebelumnya, blogger mendukung https hanya pada subdomain blogspot.

Semoga bermanfaat!



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR