Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Cara Mengelola Blog Bisnis yang Baik dan Benar (Harus Konsisten)

Blog bisnis adalah blog yang menjadi penunjang dari sebuah bisnis. Fungsi blog bisnis, bisa sebagai alat pemasar, penyampai informasi, penguat branding, dan penambah kredibilitas serta otoritas bisnis di mata calon pembeli.

Tak seperti blog-blog berbasis konten yang biasanya menjual slot iklan atau jasa review, blog bisnis hanya fokus menjual produk / jasa si pemilik blog. Misalnya, ada seorang pengusaha yang memiliki usaha jual pakan burung ke seluruh Indonesia, maka blognya memiliki tema yang tidak jauh-jauh dari burung, seperti tips-tips merawat burung, makanan yang bagus untuk burung, dan lain sebagainya.

Nantinya audiens dari blog tersebut benar-benar TERTARGET, yakni para pecinta burung. Jadinya, sangat pas untuk menjual produk si pemilik blog, yakni pakan burung.


Contoh blog bisnis dengan tema burung, bisa anda lihat di >>> Omkicau.com.

Contoh blog bisnis lainnya, bisa anda lihat di:

- Bisnis pembuatan kaos olahraga di Banjarmasin >>> Permatakonveksi.com.


Bicara tentang blog bisnis, anda bisa menggunakan Jasa pembuatan blog bisnis dari kami, atau menggunakan jasa pembuatan blog bisnis dari orang lain, atau bisa juga membuat blog bisnis dengan tangan anda sendiri. Semua terserah anda.

Namun, ketika anda sudah memiliki blog bisnis, maka anda harus serius dan konsisten dalam mengelolanya -- agar blog tersebut bisa menunjang bisnis anda secara maksimal.


Lantas, bagaimana cara mengelola blog bisnis dengan benar?

Berikut ini jawabannya!


cara mengelola blog bisnis yang baik dan benar
Cara mengelola blog bisnis / image via Pixabay

Cara mengelola blog bisnis dengan benar

Berikut ini tips dan cara mengelola blog bisnis dengan baik dan benar, diantaranya:


1. Rutin membuat artikel yang berkualitas dan berbobot

Artikel adalah 'nyawa' dari sebuah blog, apalagi blog yang berbasis bisnis. Semakin bagus, berbobot, dan konsisten artikel ditulis -- maka sangat bagus untuk meningkatkan 'otoritas' dari bisnis yang didukung blog tersebut.

Membuat blog adalah hal yang mudah. Namun konsistensi dalam menulis artikel blog bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan suatu komitmen yang sungguh-sungguh dan tidak mudah jenuh, agar artikel blog terus-menerus diupdate (secara rutin).

Jadi, kunci utama dalam mengelola blog bisnis adalah, konsistensi dalam membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca karena disitulah letak 'nyawa' dari blog yang menjadi penunjang bisnis anda.


2. Jangan lupa submit artikel

Semakin hari jumlah blog semakin banyak bermunculan. Hal itu juga menyiratkan bahwa jumlah artikel yang terpublish dalam sehari akan semakin banyak.

Hal ini tentu berpengaruh pada 'proses pengindeks-an' artikel di mesin pencari Google, yang mana akan membutuhkan waktu yang lebih lama apabila menunggu Google mengindeks artikel blog anda secara otomatis.

Alangah baiknya agar anda melakukan indeks artikel secara 'manual', yakni dengan submit URL artikel terbaru di laman search console Google Webmaster Tools. Dengan cara 'manual' ini, maka anda ibaratnya 'meminta langsung' kepada Google untuk mengindeks artikel terbaru di blog anda. Hal ini jauh lebih baik daripada anda menunggu dan terus menunggu tanpa kepastian kapan artikel blog anda akan diindeks.

Adapun cara submit URL artikel bisa anda baca di:



3. Sering-sering mengunjungi Google Webmaster Tools untuk memeriksa 'kesehatan' blog anda

Blog itu ibarat 'properti di dunia maya'. Alhasil, terkadang ada kerusakan, atau sesuatu yang menurunkan 'kesehatan' blog anda -- sehingga performanya pun ikut turun.

Untuk mengecek kesehatan situs anda, anda bisa secara rutin mengunjungi laman Google Webmaster Tools.




Ada beberapa menu penting yang bisa anda periksa, seperti:

- HTML Improvement, yakni untuk mengetahui adanya double meta tag / tittle tag di blog anda. Posisi menu ini ada di >> Search Appearance > HTML Improvements.

- Links to your site, yakni untuk mengetahui backlink dari situs lain ke situs anda. Periksa satu-persatu URL website yang mengarah ke situs anda, apabila ada banyak 'situs-situs aneh' yang memberikan link ke situs anda, anda patut waspada. Anda harus menghapus link-link tersebut dengan metode >>> DISAVOW BACKLINK. Adapun posisi 'Links to Your Site' ada di >> Search Traffic > Links to Your Site.

- Sitemap, untuk mengecek jumlah artikel yang sudah terindeks, posisinya ada di >> Crawl > Sitemaps.

- Broken URL, untuk mengecek laman situs / blog anda yang 'error 404' alias link bermasalah di situs anda. Posisi 'Broken URL' ada di >> Crawl > Crawl Errors.

- Apabila banyak URL yang 'error 404' (pada langkah sebelumnya), silahkan hapus tiap link dengan mengkopas URL link error di >> Google Index > Remove URLs. Setelah anda remove URL, silahkan kembali ke menu >> Crawl > Crawl Errors, kemudian 'Mark as Fixed'.


4. Jangan lupa share artikel anda di media sosial (seperti Facebook dan Twitter)

Menulis dan terus menulis artikel rasanya akan sia-sia apabila artikel tidak dishare ke media sosial. Untuk itu, anda perlu melakukan share artikel anda di fanpage Facebook anda, di Twitter, atau di media sosial lainnya yang relevan. Namun ingat, share URL blog ini jangan berlebihan -- karena akan terkesan sebagai aktivitas spamming. Jadi share artikel ini seperlunya saja, dan usahakan di fanpage Facebook yang relevan dengan bisnis anda.


5. Kalau perlu iklankan blog anda di Facebook Ads / Google Adwords agar meningkatkan branding dan penjualan

Langkah kelima ini hanya opsional saja, alias tidak harus anda lakukan. Biasanya langkah ini dilakukan oleh pemilik blog bisnis yang:

- Memiliki banyak modal

- Ingin cepat terjadi penjualan (konversi), tanpa harus melalui proses natural SEO yang biasanya sangat lama.


Dan cara ini tidak cocok bagi pemilik blog yang:

- Minim modal

- Menyukai proses natural SEO, dan mengesampingkan penjualan / konversi secara 'instan'.


Bagi anda yang ingin belajar cara beriklan di Google Adwords, silahkan Googling sendiri-sendiri, ya!.

Untuk cara pasang iklan di Facebook Ads, silahkan baca:



Baca juga:



Itulah dia tutorial cara mengelola blog bisnis yang baik dan benar.

Ingat, membuat blog bisnis bukan dengan cara 'Set and Forget' (membuat blog dan langsung tinggalkan). Mengelola blog bisnis yang tepat adalah sama seperti memelihara hewan piaraan, yang mana blog harus anda rawat dengan baik, dan 'beri makan' blog anda dengan artikel-artikel berkualitas secara rutin dan konsisten.

Semoga bermanfaat! (af)



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR