Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Manfaat Content Marketing Bagi Bisnis di Era Digital

Di era marketing online yang semakin maju, penerapan cara promosi konvensional sepertinya sudah 'terbaca' oleh calon pembeli.

Maksudnya adalah, calon pembeli sudah 'melek' dan bisa membedakan yang mana iklan atau artikel promosi terang-terangan, dan yang mana konten yang 'benar-benar mereka cari'.

Karena calon pembeli sudah 'melek' dengan promosi terang-terangan, maka keberadaan content marketing yang berkualitas wajib untuk dimaksimalkan.


Lantas, apa saja manfaat dari keberadaan content marketing?


manfaat dan keuntungan menerapkan content marketing bisnis digital
Manfaat dan keuntungan penerapan content marketing


Contoh content marketing

Sebelum mengulas manfaat dari content marketing, ada baiknya agar anda tahu apa saja contoh content marketing. Berikut ini beberapa contohnya:

- Postingan berbobot / edukasi / pemberi solusi bagi pembaca, baik di blog maupun media sosial.

- Copywriting di landing page

- Postingan di laman Google Bisnisku

dan lain-lain (intinya sebuah tulisan yang mengundang insight bagi pembaca).


Manfaat content marketing

Di era pemasaran digital yang semakin rumit, keberadaan content marketing mampu menjadi 'pemecah kebuntuan'. Ketika penjualan semakin sulit terjadi, keberadaan copywriting yang brilian mampu meningkatkan konversi hingga berkali-kali lipat. Tidak heran kalau jasa copywriting biasanya dipatok dengan harga sangat mahal, mengingat benefitnya yang sangat banyak.

Berikut ini beberapa manfaat dari keberadaan content marketing bagi bisnis di era digital, antara lain:


1. Content marketing akan muncul di pencarian Google, atau di newsfeed media sosial 

Saat ini sangat penting untuk 'menancapkan kaki' di mesin mencari dan lini masa media sosial. Content marketing yang bagus -- baik dari sisi kualitas dan penerapan SEO serta SMO yang tepat -- akan membuatnya muncul di laman pencarian Google (dengan keyword yang ditarget), serta lini masa follower (yang minatnya sesuai).

Bayangkan kalau anda membuat tulisan seadanya dan tidak memberikan 'nilai lebih', jangan harap tulisan anda akan muncul di laman pencarian Google dan lini masa media sosial.

Maka dari itu, keberadaan content marketing sangat penting -- asalkan cara pembuatan dan 'eksekusi'nya tepat.


2. Content yang bagus dan berbobot akan meningkatkan trust dari konsumen

Selain personal branding, keberadaan content marketing yang berkualitas juga bisa meningkatkan trust (kepercayaan) dari konsumen. Hal itu tentu membuat otoritas situs / akun media sosial anda semakin meningkat dan kredibilitas bisnis anda akan bertambah.

Banyak marketer yang mengatakan bahwa kualitas content marketing mewakili bisnis yang bersangkutan. Jadi jagalah 'nama baik' bisnis anda dengan konten-konten yang berkualitas dan berbobot (bukan asal-asalan).


3. Content marketing yang soft selling akan lebih menarik ketimbang hard selling (langsung jualan)

Saat ini, 'perhatian' dari calon konsumen adalah sesuatu yang sangat berharga. Banyak marketer online yang bersaing 'memperebutkan' perhatian calon konsumen, siapa yang paling banyak mendapatkan 'durasi' perhatian pembaca -- berarti konten yang dibuatnya telah sukses menarik perhatian mereka.

Kebanyakan marketer online yang masih 'awam' membuat konten asal-asalan (asal jadi). Banyak diantara mereka yang ingin langsung jualan (hard selling) dengan mengedepankan kualitas produk / jasa yang mereka jual.

Sebetulnya pembeli tak akan menghiraukan akan hal itu!

Mereka sudah 'melek' promosi yang terang-terangan dan yang terpenting, mereka TIDAK PEDULI dengan produk atau jasa yang anda jual.

Ketahuilah, sifat dasar manusia adalah egois. Mereka tidak peduli dengan orang lain, mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri.


Jadi penerapan content marketing yang BENAR adalah content edukasi atau konten yang mampu memecahkan permasalahan orang lain (konten yang diinginkan pembaca)

Misalnya:

Anda menjual produk obat pelangsing tubuh.

Maka konten yang anda buat adalah BUKAN konten yang berisikan manfaat, bahan-bahan, dan benefit lainnya dari produk yang anda jual (karena orang-orang tak akan peduli dengan produk dan bisnis anda).

Konten yang anda buat adalah, konten yang berisikan:

- penyebab orang-orang susah langsing
- olahraga yang direkomendasikan agar cepat langsing
- makanan apa saja yang boleh dikonsumsi agar tidak cepat gemuk
- jam makan yang tepat agar tidak obesitas
dan lain sebagainya.

Untuk 'perkenalan' produk (bukan promosi terang-terangan), dilakukan di bagian akhir konten. Itupun harus dilakukan sehalus mungkin, jangan sampai promosinya terlalu tampak. Ingat! Orang-orang tak akan peduli dengan produk dan bisnis anda, apalagi disertai konten yang LANGSUNG JUALAN.

Jadi penerapan content marketing yang soft selling sudah wajib hukumnya di era pembaca yang sudah 'melek' iklan dan promosi terang-terangan. Orang-orang lebih suka konten yang mengandung edukasi, ketimbang dijejali konten berisi promosi yang terang-terangan.




Baca juga:



Itulah dia pemaparan singkat tentang manfaat content marketing (yang berkualitas) bagi bisnis di era digital yang tentunya sangat vital.

Bagi anda yang kesulitan membuat content yang bagus, kami bisa membantu anda. Saat ini Onlenpedia.com membuka jasa pembuatan konten/artikel yang bisa anda lihat di:



Semoga bermanfaat!



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL