Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Mengapa Bisnis Lokal Anda Harus Memiliki Laman Google Bisnisku? Apa Saja Manfaatnya?


Apa itu laman Google Bisnisku (Google My Business)?



Laman Google Bisnisku adalah 'kotak profil' dari sebuah bisnis lokal yang muncul pada pencarian Google.

Untuk pencarian melalui laman desktop (PC), laman Google Bisnisku ini akan muncul di sebelah kanan layar, sedangkan pada pencarian Google versi mobile (smartphone), maka laman Google Bisnisku akan muncul di bagian paling atas.




Yang jadi pertanyaan, kenapa bisnis lokal anda harus memiliki laman Google Bisnisku?



Apa aja fungsi / manfaat dari laman tersebut?



mengapa bisnis lokal harus memiliki laman Google Bisnisku alasannya

Tampilan laman Google Bisnisku

Bisa anda lihat pada screen shoot di atas, gambar di atas adalah contoh tampilan laman Google Bisnisku (Google My Business) pada pencarian lokal.

Kalau anda ingin melihat secara langsung melalui smartphone / laptop anda, silahkan ketik di Google: "konveksi Bandung".







Maka akan muncul beberapa bisnis konveksi yang ada di Kota Bandung, itulah yang disebut dengan laman Google Bisnisku.


Fungsi dan manfaat dari laman Google Bisnisku bagi bisnis anda yang bersifat lokal

Sebelum anda membuat laman Google Bisnisku, ada baiknya agar anda mengetahui apa saja manfaat dari laman tersebut. Adapun manfaatnya terdiri dari:


1. Berada di kolom khusus pencarian bisnis lokal

Di era digital seperti sekarang, orang-orang sangat sering mengakses internet untuk berbagai kebutuhan mereka. Salah satu yang paling sering mereka buka / kunjungi adalah Google.

Melalui mesin pencari Google, banyak pengusaha lokal berlomba-lomba untuk 'menancapkan kaki' di search engine terbesar di dunia tersebut. Guna mengakomodir akan hal itu, Google pun menciptakan fitur Google Bisnisku (Google My Business) agar bisnis lokal bisa nangkring di laman pencarian Google.

Maka dari itu, fungsi laman Google Bisnisku sangat penting bagi bisnis lokal -- agar bisnis mereka muncul di laman teratas Google -- dengan kata kunci yang sesuai dengan bisnis mereka.


2. Menyediakan galeri foto dari bisnis anda

Di laman Google Bisnisku terdapat banyak fitur yang bisa memaksimalkan promosi dari suatu bisnis lokal. Salah satu fitur yang paling penting adalah, fitur gallery foto yang bisa diposting oleh pemilik bisnis.

Perlu anda ketahui, keputusan calon pembeli sebelum membeli produk / jasa adalah melalui mata (penglihatan). Jadi keberadaan foto-foto berkualitas sangat bagus untuk menunjang bisnis anda, dan foto-foto tersebut bisa anda posting di laman Google Bisnis anda.

Biasanya para pengusaha lokal akan memposting berbagai foto, seperti:

- Foto logo / brand perusahaan (untuk tujuan branding)

- Foto produk / jasa yang dijual (beserta daftar harga)

- Foto tempat usaha (beserta akses menuju ke sana dan lingkungan di sekitarnya)

- Foto kegiatan usaha, seperti proses penyimpanan barang di gudang, pengepakan, pengiriman, dan lain sebagainya

- Foto produk yang sudah pernah dibuat (semacam portofolio)

- Screen shoot testimoni

dan lain sebagainya.

Kesemua foto di atas tentu sangat penting untuk menunjang suatu bisnis lokal yang memiliki laman Google Bisnisku.

Jadi apabila anda ingin membuat laman Google Bisnisku, siapkan-lah foto-foto di atas, agar bisa memaksimalkan promosi bisnis anda.


3. Tersedia petunjuk arah bagi calon konsumen

Selain fitur gallery foto, laman Google Bisnisku juga memiliki fitur petunjuk arah menuju lokasi bisnis tersebut. Google Bisnisku sendiri sudah terintegrasi dengan fitur Google Maps -- alias peta digital milik Google.

Dengan adanya fitur petunjuk arah, maka calon pembeli / konsumen anda tidak perlu bersusah payah mencari alamat usaha anda. Mereka cukup memilih tulisan "Direction", maka akan muncul garis berwarna biru di peta -- dari posisi mereka berada -- menuju ke lokasi usaha anda. Di sana juga disertai estimasi waktu perjalanan, menyesuaikan kendaraan yang mereka gunakan (sepeda motor, mobil, dll).





4. Tersedia nomor kontak bisnis anda yang bisa dihubungi calon konsumen

Selain fitur gallery foto dan petunjuk arah, pemilik akun Google Bisnisku juga diberikan fitur untuk melengkapi profil bisnisnya, seperti nomor kontak dan website.

Dengan adanya nomor kontak, maka calon pembeli yang ingin menghubungi anda tinggal melihat nomor kontak yang tersedia, dan mereka akan langsung menghubungi anda via telepon.





5. Tersedia kolom review dan testimoni yang bisa diisi oleh konsumen anda

Rupa-rupanya Google benar-benar 'memanjakan' para pengguna laman Google Bisnisku agar bisa memaksimalkan kinerja bisnis mereka. Selain fitur galeri foto, petunjuk arah, dan nomor kontak, laman Google Bisnisku juga menyediakan kolom review dan testimoni.

Konsumen / pengguna yang sudah membeli produk / jasa anda bisa memberikan review dan testimoni mereka dalam bentuk rating (bintang 1 - 5) disertai komentar / testimoni.




Dengan adanya fitur ini, maka bisnis anda semakin memiliki daya tarik -- apalagi jika banyak review bintang 5 dan testimoni positif yang masuk.

Jadi, maksimalkan kinerja bisnis anda untuk melayani konsumen, agar review bisnis anda semakin bagus di laman Google Bisnisku.


Baca juga:



Itulah dia pembahasan seputar fungsi dan manfaat dari laman Google Bisnisku (Google My Business) bagi bisnis lokal anda. Penjelasan di atas juga bisa menjadi jawaban dari pertanyaan: "kenapa anda harus memiliki laman Google Bisnisku?"


Perlu diingat, keberadaan laman Google Bisnisku teramat penting, terutama untuk bisnis dengan skala lokal. Rumusnya adalah:

<Jenis bisnis anda> di <Kota / Daerah Domisili Bisnis Anda>.

Contoh: <Jual Pakan Ayam> di <Tangerang>.

Dan rumus di atas digunakan sebagai JUDUL atau NAMA dari laman Google Bisnisku yang nanti akan anda buat.


Untuk tutorial cara membuat laman Google Bisnisku (Google My Business), silahkan baca di laman support Google berikut ini >> https://support.google.com/business/answer/6085339?hl=id

Semoga bermanfaat!



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL