Skip to main content

Mengapa Harus Memiliki Blog Bisnis? Apa Saja Manfaatnya?

Bagi anda yang memilili bisnis offline atau bisnis di dunia nyata (konvensional), pernahkah terpikirkan di benak anda untuk meng-online-kan bisnis anda?

Jika YA, maka anda harus memenuhi salah satu syarat utama bisnis yang GO-ONLINE -- yakni harus memiliki blog bisnis.

Namun sebelum anda membangun blog bisnis, ada baiknya agar anda mengetahui apa saja manfaat memiliki blog bisnis. Baik alasan, maupun manfaat dari adanya blog bisnis -- akan kami ulas di artikel kali ini.


alasan kenapa harus memiliki blog bisnis di era digital online internet
Manfaat blog bagi bisnis / image via Pixabay



Alasan memiliki blog bisnis

Memiliki blog untuk bisnis di era digital bisa dibilang sangat direkomendasikan (meski tak diharuskan). Hal itu dikarenakan kebutuhan akan blog / website sangatlah vital.

Blog itu ibarat 'kios atau toko' di dunia maya, sedangkan mesin pencari Google ibarat sebuah 'pasar'. Jadi orang-orang yang berselancar di internet akan mengunjungi 'pasar' (Google) dan menemukan 'kios' (blog) anda.

Semakin sering orang-orang mengunjungi 'kios' (blog) anda, maka semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan produk / jasa yang anda jual.


Manfaat blog bisnis

Adapun manfaat blog bisnis meliputi:


1. Bisa 'menancapkan kaki' di mesin pencari Google (SEO)

Manfaat utama dari blog adalah agar bisa menancapkan kaki di mesin pencari Google, melalui artikel-artikel yang berkualitas dan berbobot.

Dengan keberadaan artikel blog di pejwan (istilah untuk blog di page one (halaman pertama) Google), tentu akan mempermudah branding usaha, dan kemungkinan bisa meningkatkan konversi (penjualan). Apalagi kalau keyword (kata kunci) yang ditarget berhubungan dengan bisnis anda, maka peningkatan omset sangat mungkin terjadi.

Sebagai contoh, anda memiliki usaha di bidang konveksi baju olahraga Bandung, kemudian ada netizen yang googling dengan keyword "Jasa pembuatan kaos olahraga di Bandung" dan ia menemukan artikel blog anda ada di halaman pertama Google (dan langsung mengunjunginya), maka kemungkinan penjualan terjadi akan semakin besar. Itu baru dari satu calon konsumen, belum lagi dengan calon-calon konsumen lainnya yang googling menggunakan kata kunci yang sama.

Sangat bagus, bukan?


2. Memperkenalkan produk / jasa yang anda jual

Ketika anda memutuskan untuk meng-online-kan bisnis anda, maka anda harus mengenalkan produk / jasa anda kepada calon konsumen secara online.

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan produk / jasa anda via internet, yakni melalui sosial media, media chatting, dan media blog. Dari ketiga cara tersebut, media blog adalah yang paling direkomendasikan karena memiliki nilai lebih yang tak dimiliki media sosial media dan media chatting, seperti eksistensi di mesin pencari, personal branding yang lebih berkualitas, dan konten-konten di dalamnya yang bisa menjadi nilai tambah.

Tapi yang paling direkomendasikan adalah kombinasi antara blog, media sosial, dan media chatting dalam memperkenalkan produk / jasa anda, yang mana blog adalah prioritas utama, media sosial sebagai media pendukung, dan media chatting sebagai sarana untuk closing penjualan.


3. Memberikan edukasi kepada calon pembeli

Blog bisnis tak semata-mata berisi informasi tentang profil bisnis, daftar produk / jasa yang dijual, harga produk / jasa, serta hal-hal lainnya yang terkesan 'egois'. Blog bisnis yang baik adalah blog bisnis yang didalamnya juga memiliki konten-konten edukasi yang berkualitas dan berbobot.

Menurut pandangan kami, blog bisnis yang mengutamakan 'manfaat untuk konsumen' dibandingkan 'ego untuk menonjolkan bisnis sendiri' -- akan lebih mudah mendapatkan hati calon konsumen. Tentunya konsumen lebih suka dijejali informasi dan edukasi yang bermanfaat, ketimbang dijejali produk jualan yang terkesan sp*m.


4. Meningkatkan kredibilitas dan otoritas bisnis anda

Blog bisnis ibarat sebuah 'properti online' yang menjadi 'identitas online' untuk mewakili bisnis anda. Apabila anda memiliki blog bisnis yang memiliki tampilan bagus, navigasi yang mudah, loading yang cepat, konten-konten yang berkualitas dan berbobot, maka kredibilitas dan otoritas bisnis anda akan semakin meningkat di mata konsumen.

Jadi peran blog bisnis juga bisa meningkatkan kredibilitas dan otoritas bisnis anda, asalkan dibangun dan dirawat dengan serius dan konsisten (tidak asal-asalan).


5. Menginformasikan promo-promo yang akan dibuat

Manfaat blog bisnis yang terakhir adalah, untuk menginformasikan promo-promo yang akan segera anda hadirkan. Calon konsumen tentu sangat menantikan ketika produk / jasa yang anda jual mengadakan promo -- baik berupa promo diskon, promo cashback, ataupun undian berhadiah. Dan cara anda mengkomunikasikan (menyampaikan) info promo tersebut adalah melalui artikel yang ada di blog bisnis milik anda.


Baca juga:



Itulah dia ulasan singkat mengenai alasan memiliki blog bisnis beserta berbagai manfaatnya. Apabila anda ingin memajukan bisnis anda -- jangan tunda lagi, ayo segera bangun blog bisnis anda dari sekarang!

Semoga bermanfaat!



Baca Juga