Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Syarat dan Modal / Biaya Untuk Membuka Gerai Indomaret di Kota Anda

Saat ini nama Indomaret sudah sangat familiar, khususnya bagi mereka yang suka berbelanja di minimarket.

Tak hanya bisa untuk berbelanja kebutuhan, pesaing Alfamart ini juga menyediakan jasa pembayaran tagihan, seperti listrik, PDAM, BPJS, membeli pulsa pra bayar, dan lain sebagainya.


Bicara soal Indomaret, tahukah anda kalau gerai-gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia itu tidak dimiliki orang yang sama, lantaran mereka menjalankan sistem waralaba (franchise) di setiap pembukaan gerai baru?

Tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis, khususnya bagi anda yang memiliki modal besar -- agar bisa membeli hak franchise dari minimarket tersebut

Lantas, berapa biaya / modal untuk membuka gerai Indomaret? Apa saja persyaratan untuk bisa membeli hak waralaba Indomaret?

Berikut ini penjelasannya!

berapa modal biaya untuk buka gerai indomaret beli franchise waralaba
Syarat dan biaya buka gerai Indomaret


Syarat-syarat untuk membuka gerai Indomaret

Bagi anda yang memiliki banyak modal dan memutuskan untuk membeli hak waralaba Indomaret, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi.

Dilansir dari website resmi Indomaret, berikut ini beberapa persyaratan agar anda bisa membuka gerai Indomaret, diantaranya:

1. Anda adalah seorang WNI (Warga Negara Indonesia).

2. Anda harus menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2.

3. Memiliki kelengkapan perijinan usaha toko, seperti IMB/IPB ruang usaha/Ruko/Kios, UUG/HO, SIUP, TDP, NPWP, PKP, dan lain sebagainya.

4. Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta.

5. Memiliki jiwa entrepreneur, focus dan tunduk pada sistem Waralaba Indomaret.


Tahapan yang harus anda lakukan

Jika anda sudah memenuhi persyaratan di atas, maka ada beberapa tahapan yang harus anda lalui sebelum membuka gerai Indomaret, antara lain:


1.  Presentasi pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti:

- Sertifikat Bangunan
- IMB
- KTP
- KK
- SIUP (jika sudah ada)
- TDP
- NPWP
- PKP
- serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional Indomaret.


2.  Presentasi kedua

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.


3.  Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka gerai Indomaret siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba dengan Indomaret untuk jangka waktu 5 tahun.


Baca juga:



Bisnis berbasis kebutuhan konsumer, seperti minimarket memang 'tidak ada matinya'. Bisnis ini akan terus bertahan atau bahkan bertumbuh, meskipun negara sedang dilanda krisis.

Logikanya, meskipun krisis ekonomi melanda -- orang-orang PASTI tetap membeli kebutuhan pokok, seperti yang dijual di mini market.


Dan bicara tentang bisnis minimarket, Indomaret bisa menjadi waralaba yang bisa anda jalankan, karena namanya yang sudah cukup dikenal -- sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Apalagi minimarket seperti Indomaret tak hanya menjual kebutuhan pokok, mereka juga merambah ke bisnis pembayaran -- sehingga bisa menambah keuntungan dalam bisnis ini.


Demikian penjelasan kami mengenai syarat dan besaran biaya / modal untuk membuka gerai Indomaret. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, dan bisa menambah wawasan anda seputar bisnis franchise berbasis minimarket tersebut.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR