Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Peringkat Berapa Perekonomian Indonesia di Dunia Saat Ini?

Banyak yang bertanya-tanya, peringkat berapa ekonomi Indonesia di dunia saat ini?

Apakah ada yang tau jawabannya?

berapa peringkat ekonomi indonesia di dunia saat ini sekarang
Peringkat ekonomi Indonesia saat ini


Indonesia adalah salah satu negara besar yang tergolong sebagai negara berkembang. Meski begitu, akhir-akhir ini perekonomian Indonesia semakin bagus, membuktikan bahwa Indonesia tengah berada dalam langkah untuk menjadi negara maju.

Hal itu bisa dibuktikan dengan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang telah menembus US$ 1 triliun per tahun. Dengan jumlah tersebut, Indonesia pun 'berhak' untuk masuk ke dalam grup trillion dollar club, yakni kelompok negara dengan PDB US$ 1 trilyun ke atas.

"Indonesia luar biasa, ekonomi Indonesia masuk ke dalam US$ 1 triliun, dan US$ 1 triliun ekonomi. Itu adalah sesuatu yang besar dan itu menunjukan bahwa Indonesia mengarah kepada ekonomi besar dunia," tutur Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo beberapa waktu yang lalu.


Lantas peringkat berapa ekonomi Indonesia saat ini?

Kalau diukur dari total PDB tersebut, Agus Martowardojo mengaku kalau Indonesia saat ini berada di peringkat 15 sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Total PDB tersebut diperkirakan bakal terus meningkat, lantaran pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus menanjak.


Selain diakui di level ASEAN, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga diakui dunia internasional. Hal itu dibuktikan dengan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan tahunan International Moneter Fund (IMF)-World Bank pada Oktober 2018.

"Mereka (IMF) sangat positif dengan ekonomi kita. Bahkan mereka percaya ekonomi Indonesia tumbuh 5,3 persen (2018), kita di pemerintah dan DPR itu sepakati pertumbuhannya 5,4 persen, tetapi kalau dari IMF mengatakan 5,3 persen, saya lihat ini cerminan konfiden dari IMF terhadap Indonesia," tambah Agus.


Versi IMF

Seperti yang kita tahu, saat ini nilai Rupiah mengalami pelemahan yang cukup besar akibat dari perang dagang antara AS dan China.

Meskipun nilai tukar Rupiah melemah, hal itu berbanding terbalik dengan ekonomi Indonesia yang malah tumbuh dengan subur. Ekonomi Indonesia yang kian membaik ini ditunjukkan oleh data statistik GDP (PDB) dalam sebuah situs statisticstimes.com.

PDB / GDP (Gross Domestic Bruto) sendiri adalah nilai dan jasa akhir yang dihasilkan dari berbagai unit produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu setahun.

Pada tahun 2018, sepuluh besar negara dengan perokonomian teratas (secara nominal) adalah:

1. Amerika Serikat
2. China
3. Jepang
4. Jerman
5. Inggris
6. Prancis
7. India
8. Italia
9. Brasil
10. Kanada.

Kalau dilihat dari segi Purchasing Power Parity (PPP) atau keseimbangan kemampuan berbelanja, kadang-kadang juga disebut (paritas daya beli), 10 negara dengan peringkat teratas yaitu:

1. China
2. Amerika Serikat
3. India
4. Jepang
5. Jerman
6. Rusia
8. Brasil
9. Inggris
10. Perancis.


Peringkat Indonesia dalam daftar GDP (PPP) sendiri terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Bahkan proyeksi IMF menunjukkan bahwa tahun 2023 nanti Indonesia akan naik ke peringkat 6.


Baca juga:



Peringkat perekonomian Indonesia di dunia selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Namun, perubahan yang terjadi bersifat positif yang artinya terus bergerak maju dan lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Bagaimana menurut anda?


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL