Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Mengenal Sistem Ekonomi (Perekonomian) Brazil, Negara di Amerika Selatan

Sebagai salah satu negara besar dengan jumlah penduduk terbanyak kelima di dunia, Brazil memiliki ekonomi terbesar ke-8 dunia, berdasarkan GDP. Sedangkan berdasarkan purchasing power parity, negara di Amerika Selatan ini berada di peringkat ke-7.

Lantas, seperti apakah sistem ekonomi yang dijalankan oleh Brazil?


sistem ekonomi yang dianut brazil amerika latin selatan
Sistem ekonomi Brazil



Sistem perekonomian yang dianut Brazil

Dilansir dari laman Wikipedia, Ekonomi Brazil lebih berorientasi pada pasar bebas (liberal) namun secara moderat.

Perekonomian Brasil merupakan perekonomian terbesar di Amerika Selatan (Amerika Latin).

Mulai tahun 2000 hingga 2012, Brazil menjadi salah satu dari ekonomi utama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Rata-rata peringkat pertumbuhan GDP tahunannya lebih dari 5%, bahkan di tahun 2012 perekonomian Brazil mampu melampaui Britania Raya. Kala itu perekonomian Brasil merupakan yang terbesar keenam di dunia.

Selama lima puluh lima tahun (1950 sampai 2005), jumlah penduduk Brasil bertumbuh dari 51 juta menjadi sekitar 187 juta penduduk, yang artinya meningkat 2 persen per tahun.


Negara yang maju perekonomiannya biasanya memiliki banyak perusahaan besar dan orang-orang kaya di negaranya. Pada tahun 2012, Forbes menyatakan bahwa Brasil adalah negara dengan jumlah miliuner terbanyak kelima di dunia. Jumlah miliuner di Brazil merupakan yang terbesar di Amerika Latin, bahkan pernah melampaui jumlah miliuner di Britania Raya dan Jepang.

Brazil juga tercatat sebagai anggota dari beberapa organisasi ekonomi dunia, seperti Mercosur, Unasul, G8+5, G20, WTO, dan Cairns Group.


Sektor yang menyumbang GDP terbesar yakni sebanyak 67% adalah sektor pelayanan. Di bawahnya ada sektor industri yang menyumbang 27,5% GDP, disusul sektor Agribudaya yang memiliki andil sebesar 5,5%.

Jumlah buruh di Brasil diperkirakan berjumlah 100.77 juta yang 10 persen-nya bekerja dalam bidang agribudaya, 19 persen lainnya dalam sektor industri, dan mayoritas 71 persen bekerja dalam sektor pelayanan.


Untuk bidang agribudaya dan produksi makanan di Brazil memiliki komoditas seperti kopi, kedelai, gandum, beras, jagung, tebu, kokoa, sitrus, daging sapi, dan lain-lain. Adapun peringkat pertumbuhan agribudaya di Brazil adalah sebesar 9.2% (2008).

Sedangkan untuk sektor industri, Brazil memiliki berbagai industri utama, seperti automobil, petrokimia, mesin, elektronik, semen dan konstruksi, pesawat, tekstil, makanan dan minuman, pertambangan, consumer durables, dan pariwisata. Adapun peringkat pertumbuhan industri Brazil adalah 8,8 % (perkiraan 2008).


Perusahaan terbesar di Brazil

Pada tahun 2011, sebanyak 36 perusahaan asal Brasil masuk dalam daftar Forbes Global 2000. Forbes Global 2000 merupakan sebuah peringkat 2000 perusahaan publik teratas tahunan di dunia menurut majalah Forbes.

Adapun 13 perusahaan Brazil yang merupakan perusahaan terbesar di negara tersebut, meliputi:

1. Petrobas

2. Vale

3. Itau Unibanco

4. Ambev

5. Banco Bradesco

6. Banco do Brasil

7. OGX

8. Itausa

9. CSN

10. Gerdau

11. Eletrobras

12. Usiminas

13. Embraer.


Baca juga:

Mengenal sistem ekonomi negara adidaya / super power, Amerika Serikat


Demikian informasi mengenai sistem ekonomi yang dianut oleh negara Brazil. Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan anda mengenai Sistem ekonomi negara-negara di dunia.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL