Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Ada Berapa Sistem Ekonomi di Dunia? Sebutkan dan Jelaskan Satu-Persatu!

Sistem ekonomi adalah suatu aturan yang mengatur bagaimana perekonomian di suatu negara dapat berjalan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan ekonomi yang diinginkan. Sistem ekonomi berguna untuk mengatur dan mengelola segala aspek perekonomian yang ada di suatu negara. Sistem ekonomi juga berguna untuk  memecahkan masalah perekonomian yang ada di masyarakat. Sistem ekonomi pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lalu, Ada Berapa Sistem Ekonomi di Dunia?

Sebutkan dan Jelaskan Satu-Persatu!


ada berapa sistem ekonomi di dunia, sebutkan daftarnya satu persatu
Daftar sistem ekonomi yang dianut negara-negara di dunia


Beberapa Sistem Ekonomi yang Ada di Dunia

Setiap negara memiliki jenis sistem ekonomi yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan ideologi yang dianut negara tersebut, kondisi sosial, ekonomi, politik, bahkan tergantung dengan keadaan alam. Perbedaan-perbedaan tersebutlah yang membuat sistem ekonomi negara yang satu tidak cocok diterapkan di negara lainnya, dikarenakan perbedaan kondisi di tiap-tiap negara. Beberapa system ekonomi yang diterapkan di beberapa negara di dunia, antara lain:


1. Sistem Ekonomi Liberal (Sistem Ekonomi Kapitalis)

Sistem ekonomi liberal banyak digunakan di sebagian besar negara yang ada di dunia. Sistem ekonomi liberal merupakan jenis sistem ekonomi yang pada pelaksanaannya memberikan kebebasan sebebas-bebasnya pada pelaku ekonomi. Dalam sistem ekonomi ini, pemerintah memiliki hak terbatas di dalam perekonomian, karena semua hak sepenuhnya dipegang oleh kekuatan pasar yaitu tergantung permintaan dan penawaran.

Pada sistem ekonomi liberal, semua pelaku ekonomi baik individu ataupun kelompok, memiliki wewenang yang penuh dalam mengatur pereokonomiannya. Sistem ekonomi liberal ini memiliki kelemahan, yaitu membuat kaum yang memiliki modal yang lebih besar mendominasi pasar dan dapat menggeser kaum yang memiliki modal yang lebih kecil, sehingga pemerataan ekonomi tidak terjadi. Beberapa negara yang menerapkan sistem ekonomi liberal adalah Amerika, Australia, dan sebagian besar-besar negara di Eropa Barat.


2. Sistem Ekonomi Sosialis

Sistem ekonomi sosialis merupakan kebalikan dari sistem ekonomi liberal, dikarenakan seluruh wewenang dalam mengatur perekonomian diatur oleh pemerintah. Dalam artian seluruh pengelolaan sumber daya ekonomi diatur dan dikendalikan oleh pemerintah. Pada sistem ekonomi sosialis, hak-hak individu tidak diakui, seluruh sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai oleh pemerintah. Semua perencanaan ekonomi sepenuhnya diatur oleh pemerintah dan semua produksi dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sistem ekonomi sosialis bertujuan untuk mencapai pemerataan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agar pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai, maka diperlukan kendali penuh terhadap perekonomian oleh pemerintah. Kelemahan sistem ekonomi ini adalah membuat tingkat kreatifitas masyarakat menjadi menurun. Beberapa negara yang menerapkan sistem ekonomi sosialis adalah Rusia, China, Korea Utara dan negara-negara komunis yang lain.


3. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran merupakan gabungan dari sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi sosialis. Pada sistem ekonomi ini, masyarakat diberikan kebebasan dalam melakukan kegiatan ekonomi dan pemerintah bertugas sebagai pengendali dan pengawas perekonomian. Sistem ini muncul untuk menggabungkan kelebihan dalam sistem ekonomi liberal dan sosialis agar saling menutupi kekurangannya satu sama lain. Beberapa negara yang menganut sistem ekonomi ini adalah India, Maroko, Mesir, Malaysia dan negara-negara lainnya.


4. Sistem Ekonomi Syariah

Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang didasarkan dengan ajaran-ajaran agama Islam yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadist. Sistem ekonomi ini biasanya dianut oleh negara-negara Timur Tengah yang mayoritas penduduk beragama Islam.


Baca juga:

Kenapa ekonomi Amerika dan China sangat kuat? Ternyata ini penyebabnya....


Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan Ada Berapa Sistem Ekonomi di Dunia? Sebutkan dan Jelaskan Satu-Persatu! Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan Anda tentang berbagai macam sistem ekonomi yang ada di dunia. (gk)


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR