Skip to main content

Kenapa Ekonomi Amerika Serikat dan China Kuat?

Amerika Serikat  dan China adalah dua negara yang masuk dalam daftar negara-negara terkuat di dunia, khususnya jika dilihat dari kriteria ekonomi. Meskipun sering menghadapi beberapa masalah, kedua negara tersebut masih tetap bertengger menjadi negara-negara teratas dalam perekonomian dunia.

Lalu kenapa ekonomi Amerika dan China kuat?


Mengapa ekonomi amerika serikat dan china sangat kuat?
Penyebab kuatnya ekonomi AS dan China


Faktor Penyebab Kuatnya Ekonomi Amerika dan China

Amerika Serikat dan China memang memiliki riwayat yang berbeda dalam membangun sektor ekonominya. Dibandingkan dengan China, Amerika Serikat memang jauh lebih dahulu menjadi negara penguasa. Sementara itu, China dulunya adalah negara yang terbelakang dan tertinggal. Setelah melakukan revolusi, akhirnya China berhasil menjadi salah satu negara pemimpin  ekonomi dunia.


A. 4 Faktor Kuatnya Ekonomi Amerika


1. Majunya teknologi

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang memiliki teknologi paling maju di dunia. Bagi para pelaku bisnis di media sosial, Amerika adalah rumah yang nyaman. Mereka adalah gudangnya penguasaan teknologi tingkat tinggi. Intel, Dell, iPhone, dan Google  adalah segelintir produk Amerika yang telah menguasai dunia.


2. GDP per kapita yang paling besar

GDP Cina memang lebih besar dari AS. Namun hal ini disebabkan karena China memiliki populasi penduduk yang besar pula, yaitu sekitar 1,4 miliar. Sementara itu, AS dengan jumlah 300 juta penduduk mampu menghasilkan satu per lima dari PDB dunia. Apabila dihitung dalam bentuk dolar, perekonomian Amerika dua kali lipat daripada China.


3. Pencetak mesin mimpi

Amerika Serikat adalah negara dengan mesin mimpi terbesar di dunia. Negara mengajak rakyatnya untuk memiliki impian besar dalam bidang bisnis dan ekonomi. Perusahaan venture capital di Amerika adalah wadah bagi ide-ide potensial yang bermunculan.


4. Amerika menjadi salah satu eksportir barang dan jasa terbesar di dunia

Kenapa ekonomi Amerika dan China kuat?

Bersama negara-negara seperti Jerman dan China, Amerika menjadi salah satu pelaku ekspor terbesar. Amerika sempat menghentikan kegiatan ekspornya karena resesi. Namun pada tahun 2012, ekspor yang dilakukan Amerika meningkat 40% dari tahun 2009.



B. 4 Faktor Kuatnya Ekonomi China


1. China menguasai berbagai macam sektor industri

Dengan strategi ATM (amati, tiru, modifikasi), China sukses menjadi barang penghasil produk-produk tiruan. Mereka tidak peduli meski dicap sebagai negara penjiplak. Nyatanya, produk-produk mereka tetap laku di pasaran dunia, terutama di negera-negara berkembang.


2. Konsisten dalam pembangunan ekonomi

China mengalami pertumbuhan ekonomi yang menakjubkan dalam dua hingga tiga dekade akhir. Hal ini menjadi sebuah sejarah tersendiri dalam perekonomian modern di dunia. Semangat untuk membangun ekonomi dimiliki oleh masyarakat dari kalangan bawah hingga atas. Berbeda dengan Amerika yang masih terpecah dengan larut mengurusi permasalahan politik.


3. Memiliki lokomotif properti, infrastruktur, dan otomotif

Properti, infrastruktur, serta otomotif adalah tiga lokomotif yang membuat ekonomi China bergerak begitu cepat selama dua puluh tahun terakhir. Ketiga hal tersebut saling bersinergi untuk membentuk kekuatan China.  Tak heran bila dalam waktu cepat China dapat menyusul ketertinggalannya.


4. Membuat iklim yang nyaman untuk bisnis

China sebagai negara berteknologi tinggi dipadukan dengan sistem perdagangan bebas adalah surga bagi para pebisnis. Sistem ini menyebabkan para investor berbondong-bondong ke China. Negara ini juga memberi izin yang cepat jika ada para investor yang akan menanamkan modalnya di sana.


Baca juga:

Sistem ekonomi China yang membuat negara itu bisa "mengimbangi" Amerika



Demikian tadi 4 hal yang menjawab pertanyaan kenapa ekonomi Amerika dan China kuat.

Negara-negara lain termasuk Indonesia dapat mengambil pelajaran dari kedua negara tersebut untuk menjadi negara yang maju. Terlebih Indonesia juga memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang tak kalah potensial.  (gk)

Baca Juga