Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Potensi Ekonomi Indonesia: Mungkinkah Ekonomi Indonesia Akan Setara dengan Negara Maju?

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam melimpah ruah. Akan tetapi, kesejahteraan ekonomi masyarakat tidak mencerminkan kekayaan yang dimilikinya. Banyak orang yang masih hidup dalam ambang batas kemiskinan. Sebagian penduduk masih menerima gaji di bawah upah minimum regional (UMR). Kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan bukanlah hal yang asing lagi.

Mungkinkah ekonomi Indonesia akan setara dengan negara maju?


kapan indonesia menjadi negara maju ekonominya seperti as china
Bisakah ekonomi Indonesia seperti ekonomi negara maju?



Negara kepulauan ini dinobatkan sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Akan tetapi, kecepatan pertumbuhan ini tidak diimbangi dengan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Akibatnya, secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi yang terjadi masih tertinggal dengan negara maju.


Mungkinkah Ekonomi Indonesia Akan Setara dengan Negara Maju? Mari Kenali Dulu Potensi yang Dimiliki Indonesia

Meskipun Indonesia telah digadang-gadang sebagai salah satu pemimpin ekonomi dunia di tahun 2030, masyarakat merasa pesimis dengan target tersebut. Realita di masyarakat menunjukkan bahwa target kesejahteraan ekonomi tersebut kurang masuk akal. Meskipun begitu, mari kita gali beberapa potensi ekonomi Indonesia yang dapat mendorong terjadinya kesejahteraan masyarakat.


1. Pelayanan Konsumen

Masih banyak kendala yang ditemukan dalam sektor pelayanan konsumen yang menghambat kemajuan ekonomi negara. Pertama, masyarakat mengalami kesulitan untuk mendirikan usaha ritel karena banyaknya kualifikasi yang harus dipenuhi. Peraturan-peraturan berkaitan dengan pelayanan finansial juga cukup kompleks dan menghambat pelaku usaha yang ingin terjun ke bidang tersebut. Apabila masalah tersebut dapat diselesaikan, pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan.


2. Agrikultur

Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi agrikultur. Berbagai macam tanaman mulai dari tanaman pangan hingga hias dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Akan tetapi, potensi ini belum dikembangkan dengan maksimal oleh masyarakat dan pemerintah. Apabila semua lini masyarakat mampu mengembangkan sektor agrikultur Indonesia, negara ini dapat menjadi adikuasa di bidang tersebut.


3. Perikanan

Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, kekayaan laut Indonesia cukup melimpah. Sayangnya berbagai kendala muncul, seperti penangkapan ikan ilegal dan penggunaan praktik-praktik yang dilarang. Sampah yang menumpuk di laut juga merupakan salah satu kendala terbesar di dalam sektor perikanan karena menurunkan kualitas air laut beserta hasilnya. Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak guna mengatasi masalah ini.


4. Energi

Mungkinkah ekonomi Indonesia akan setara dengan negara maju? Seiring dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara, kebutuhan energi akan meningkat. Indonesia tidak dapat mengandalkan pasokan energi dari sumber daya yang lazim digunakan selama ini karena cadangan yang semakin menipis. Menggunakan sumber energi lain yang tidak biasa digunakan menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan ini. Dengan memenuhi kebutuhan energi produktivitas masyarakat juga dapat ditingkatkan guna membangun perekonomian negara agar setara negara maju.


5. Pariwisata

Indonesia memiliki potensi besar di sektor pariwisata. Beragam jenis obyek wisata berada di negara ini, seperti pantai, dataran tinggi, artifak bersejarah, dan lain sebagainya. Beberapa obyek wisata mampu dikelola baik, namun terdapat sebagian tempat wisata yang belum terealisasi potensinya. Infrastruktur seperti akses menuju tempat wisata merupakan salah satu hal yang menghambat perkembangan pariwisata di daerah-daerah tertentu.


Baca juga:

Peringkat berapa perekonomian Indonesia di dunia saat ini?


Banyak orang yang menanyakan: mungkinkah ekonomi Indonesia akan setara dengan negara maju?

Tentu saja.

Kelima poin di atas menunjukkan hal-hal potensial yang masih dapat dikembangkan guna mendorong peningkatan ekonomi yang signifikan di Indonesia. Kerja sama dari berbagai pihak berperan penting dalam kesuksesan pencapaian target itu.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR