Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Seperti Apa Sistem Ekonomi Finlandia? Berikut Ini Ulasannya!

Anda tau dengan merk ponsel Nokia?

Ya, merk ponsel yang dulu pernah berjaya ini asalnya dari Finlandia.

Finlandia, meski negeri ini "hingar-bingar" perekonomiannya tak seperti negara-negara maju Eropa Barat, rupanya perekonomian negara ini tergolong mapan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya perusahaan-perusahaan Finlandia yang mendunia dan dikenal masyarakat internasional.

Bicara soal Finlandia, seperti apakah sistem ekonomi yang dianut negara di kawasan Baltik tersebut?


sistem ekonomi yang dianut dan dijalankan finlandia eropa utara
Sistem ekonomi yang dijalankan Finlandia


Sistem Perekonomian Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara maju di dunia. Adapun sistem ekonomi yang dianut Finlandia adalah Sistem Ekonomi Campuran yang Terindustrialisasi.

Berkat sistem ekonomi yang mereka jalankan, Finlandia sukses membukukan pendapatan per kapita yang sejajar dengan negara-negara maju seperti Perancis, Jerman, Swedia dan Britania Raya. Untuk sektor ekonomi andalan, adalah sektor jasa yang menyumbang 67,5%, disusul oleh sektor manufaktur dan pengilangan yang menyumbang 31,4 %. Sedangkan sektor ekonomi pokok (primer) menyumbang sekitar 2,9%.


Kalau dilihat dari sudut pandang perdagangan internasional (ekspor), sektor ekonomi andalan Finlandia adalah manufaktur. Industri manufaktur terbesar adalah elektronik (21,6 persen), disusul mesin, kendaraaan, produk logam lainnya (21.1 persen), kehutanan (13.1 persen), dan kimia (10.9 persen). Kawasan Helsinki Raya menyumbang sepertiga dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

Untuk skala internasional, ekonomi Finlandia sangat terintegrasi dengan perekonomian global dengan perdagangan internasional menyumbang sepertiga PDB. Di kawasan Uni Eropa menyumbang 60% dari total perdagangan Finlandia, dengan mitra terbesar adalah Jerman, Rusia, Swedia, Inggris, Amerika Serikat, Belanda dan China.


Finlandia sendiri merupakan satu-satunya negara Nordik yang bergabung dengan zona Euro (negara pengguna mata uang Euro). Tetangganya, yaitu Denmark dan Swedia tetap memakai mata uang lamanya, sedangkan Islandia dan Norwegia bukan anggota Uni Eropa.


Liberalisasi ekonomi di Finlandia

Seperti negara Nordik lainnya, Finlandia juga telah meliberalisasi sistem ekonomi mereka tepatnya sejak akhir 1980-an. Hal itu ditandai dengan pasar produk dan keuangan yang dimodifikasi, beberapa perusahaan negara yang diprivatisasi, serta beberapa tarif pajak yang direvisi.

Di tahun 1991 ekonomi Finlandia pernah mengalami resesi yang cukup parah. Hal itu dikarenakan adanya overheating kredit, yang membuat Finlandia mengalami tekanan dari partner dagang utama mereka (utamanya Swedia dan Uni Soviet). Selanjutnya pertumbuhan dagang melambat dengan mitra dagang lainnya, bahkan perdagangan bilateral dengan Soviet mulai dihapuskan.

Akibat resesi lainnya juga berpengaruh pada sektor investasi dan properti, di mana harga saham dan harga rumah jatuh hingga 50%. PDB pun turun hingga 13% dan angka pengangguran naik dari nyaris 0% menjadi hampir 20% dari angkatan kerja.


Finlandia dan Uni Eropa

Finlandia sendiri tercatat bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 1995. Kala itu bank sentral diberikan kewajiban target inflasi sampai Finlandia bergabung dengan zona Euro.

Perlahan tapi pasti, pertumbuhan ekonomi Finlandia mulai membaik -- dan bahkan menjadi salah satu yang tertinggi di antara negara-negara anggota OECD.

Finlandia mulai menggunakan Euro sebagai mata uang negara sejak 1 Januari 1999. Kemudian mata uang mereka (FIM) ditarik dari peredaran dan digantikan seutuhnya oleh Euro (EUR) sejak 2002.


Perusahaan-perusahaan besar di Finlandia

Berikut ini daftar perusahaan besar di Finlandia yang bahkan sudah mendunia, diantaranya:

1. Microsoft, semenjak pengambilalihan Nokia tahun 2014, Nokia sendiri pernah merajai pasar handphone di era 2000-an

2. Stora Enso, produsen kertas terbesar di dunia

3. Neste Oil, perusahaan pemroses dan pemasar minyak

4. UPM-Kymmene, produsen kertas ketiga terbesar dunia

5. Aker Finnyards, produsen kapal pesiar terbesar dunia (seperti Freedom of the Seas milik Royal Caribbean )

6. Rovio Mobile, developer game Angry Birds

7. KONE, produsen lift dan eskalator

8. Wärtsilä, produsen pembangkit listrik dan mesin kapal

9. Finnair, maskapai penerbangan negara yang berpusat di Helsinki-Vantaa.

Selain daftar perusahaan di atas, ada juga beberapa perusahaan terbesar di Finlandia seperti ABB, Tellabs, Carlsberg, dan Siemens yang cukup terkenal di dunia.


Baca juga:

Mengenal sistem ekonomi Inggris, salah satu negara maju di Eropa Barat


Itulah dia pemaparan tentang sistem ekonomi yang dijalankan oleh negara Finlandia, salah satu negara maju yang ada di Eropa. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda seputar sistem ekonomi yang dianut negara-negara di muka bumi.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL