Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Contoh Bisnis Kreatif yang Bisa Dijalankan Mahasiswa dan Pelajar dari Hobi Mereka


Ada banyak contoh bisnis kreatif yang bisa dijalankan mahasiswa dan pelajar di Indonesia. Saat ini, sudah bukan saatnya lagi mahasiswa dan pelajar hanya mengandalkan uang saku atau uang kiriman dari orang tua. Dengan berbisnis, para mahasiswa dan pelajar akan memiliki pemasukan sendiri yang jumlahnya bahkan bisa lebih dari nominal uang jajan dari orang tua mereka.

Berbisnis tidak harus dimulai dengan rencana yang muluk-muluk. Kadang, bisnis yang sukses bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, seperti dari hobi yang kita miliki. Apa sajakah bisnis kreatif yang bisa dimulai dari hobi? Berikut ini beberapa contohnya.


bisnis kreatif yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa di tahun 2019
Bisnis kreatif untuk mahasiswa dan pelajar


Bisnis Kreatif Paling Diminati Mahasiswa dan Pelajar Saat Ini

Sudah banyak orang Indonesia yang sukses karena menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobinya. Membuka bisnis berdasarkan hobi tentunya tak hanya mendatangkan keuntungan finansial, tapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari sesuatu yang memang kita sukai.

Untuk para mahasiswa dan pelajar masa kini, inilah contoh 5 bisnis kreatif yang belakangan ini sangat diminati. Contoh-contoh bisnis kreatif di bawah ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuka usaha kalian sendiri di kemudian hari.


1. Bisnis Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner atau makanan memang salah satu sektor bisnis tersukses di Indonesia. Banyak orang yang rela menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk sekali wisata kuliner. Apalagi dengan adanya pengaruh sosial media saat ini, kuliner kekinian menjadi cepat viral dan pasti banyak dicari.

Untuk kalian yang hobi memasak atau membuat kue, cobalah bisnis kuliner kekinian ini. Promosinya bisa kalian lakukan lewat Instagram atau Facebook untuk mempermudah usaha kalian dikenal banyak orang.


2. Bisnis Jasa Fotografi

Sosial media memang memiliki pengaruh sangat besar pada kehidupan kita saat ini. Berfoto menjadi salah satu hal yang tidak bisa ditunda-tunda lagi, apalagi jika sudah berada di tempat-tempat berpemandangan indah atau tempat-tempat unik nan Instagramable. Karena hal inilah sekarang banyak anak muda yang memiliki kamera DSLR dan menekuni hobi fotografi.

Makin lama, kemampuan mereka semakin terasah dan kualitas foto yang mereka ambil tak kalah dengan fotografer profesional. Hobi ini bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan. Menawarkan jasa fotografi untuk mengabadikan berbagai momen spesial atau untuk keperluan foto pre-wedding tentunya bisa mendatangkan banyak uang.


3. Bisnis Makeup Artist

Salah satu contoh bisnis kreatif yang bisa dijalankan mahasiswa dan pelajar adalah bisnis makeup artist. Banyak anak muda di Indonesia yang tertarik pada bidang tata rias atau make-up. Hal ini bisa dibuktikan dengan menjamurkan video tutorial make-up yang diupload di YouTube.

Mengingat banyak sekali anak muda Indonesia yang berbakat dalam bidang tata rias ini, bisnis kreatif berupa jasa makeup artist dinyana akan sangat berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Menyewa jasa makeup artist membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para mahasiswa dan pelajar yang sedari awal sudah memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang tata rias.


Baca juga;

Banyaknya modal yang dibutuhkan untuk membuka gerai Alfamart



Itulah tadi beberapa contoh bisnis kreatif yang patut kalian coba. Daripada hobi hanya digunakan untuk mengisi waktu luang, kalian bisa mengubahnya menjadi pundi-pundi rupiah. Dengan demikian, mungkin kalian bisa meringankan beban orang tua. Uang kuliah atau uang jajan sudah bisa kalian bayar sendiri tanpa meminta lagi. Karenanya, cermati semua contoh bisnis kreatif yang bisa dijalankan mahasiswa dan pelajar di atas tadi dan temukan inspirasi untuk memulai bisnis kalian sendiri.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR