Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Sistem Ekonomi Apa Saja yang Pernah Dianut oleh Indonesia? Inilah Jawabannya


Pertanyaan “Sistem ekonomi apa saja yang pernah dianut oleh Indonesia?”

Tentunya banyak muncul di benak orang-orang, bukan hanya di benak para pelajar saja. Sistem ekonomi pada dasarnya adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur sumber daya dan faktor produksi suatu negara.

Setiap negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda-beda. Beberapa sistem ekonomi paling terkenal dan kerap digunakan di berbagai negara antara lain adalah sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi kapitalis.

Bagaimana dengan Indonesia? Apa sistem ekonomi yang pernah dan hingga saat ini digunakan di negara ini?

Berikut penjelasan lebih lengkapnya.


sistem ekonomi apa saja yang pernah di anut oleh indonesia
Sistem ekonomi yang pernah dianut Indonesia


Sistem Ekonomi di Indonesia: Sistem Perekonomian Pancasila

Indonesia menganut sistem ekonomi yang diberi nama sistem perekonomian Pancasila. Ya, Pancasila memang dasar negara Indonesia yang ternyata nilai-nilainya digunakan juga untuk melandasi sistem perekonomian di tanah air.

Apa saja yang perlu kita ketahui tentang sistem perekonomian Indonesia ini?

Berikut ini adalah beberapa hal penting tentang sistem ekonomi Pancasila.


Apa Itu Sistem Perekonomian Pancasila?

Sistem perekonomian Pancasila adalah sebuah sistem ekonomi dengan landasan Pancasila dan UUD 45. Sistem perekonomian Indonesia ini disusun sebagai usaha bersama berdasarkan pada kepentingan bersama dan kekeluargaan.


Apa Dasar Sistem Perekonomian Pancasila?

Pancasila menjadi landasan perekonomian Indonesia. Dasar dari sistem perekonomian ini bisa ditemukan di dalam kitab UUD 1945 Pasal 33. Ada empat ayat di dalamnya yang menjelaskan tentang dasar sistem perekonomian Pancasila.

Ayat 1: Perekonomian berdasar pada azas kekeluargaan.
Ayat 2: Cabang produksi yang penting dikuasai oleh negara untuk kepentingan orang banyak.
Ayat 3: Sumber daya alam dikuasai oleh negara untuk kepentingan orang banyak.
Ayat 4: Perekonomian nasional memiliki beberapa prinsip di antaranya adalah: kebersamaan, kemandirian, berwawasan lingkungan, dan berkeadilan.


Apa Saja Nilai Dasar Perekonomian Pancasila?

Salah satu hal terkait dengan pertanyaan “Sistem ekonomi apa saja yang pernah dianut oleh Indonesia?” adalah tentang nilai dasar sistem perekonomian itu sendiri. Nilai-nilai dasar suatu sistem ekonomi tentunya banyak menentukan arah dan tujuan dari sistem ekonomi tersebut.

Untuk sistem perekonomian Pancasila, ada empat nilai-nilai dasar. Hal ini bisa ditemukan di UUD 1945 Pasal 33. Di dalamnya tertulis jika nilai-nilai dasar sistem perekonomian Pancasila adalah kerja sama, gotong royong, kekeluargaan, dan keadilan.


Apa Saja Karakteristik Perekonomian Pancasila?

Ada beberapa karakteristik penting pada sistem perekonomian di Indonesia. Dengan mengandalkan dasar dan nilai-nilai Pancasila, karakteristik sistem perekonomian di Indonesia terbentuk. Beberapa di antaranya adalah:

- Kegiatan ekonomi dianggap sebagai bentuk gotong royong yang harus memprioritaskan hubungan kekeluargaan.

- Produksi barang strategis dan sumber daya alam yang semuanya dikuasai oleh pemerintah adalah seluruhnya demi kemakmuran rakyat Indonesia.

- Kegiatan ekonomi yang dilakukan di Indonesia memiliki sistem berkelanjutan dan juga memegang teguh wawasan lingkungan.

- Seluruh kegiatan ekonomi oleh pihak swasta diawasi oleh pemerintah agar praktek monopoli dan kecurangan bisa diminimalisir.


Baca juga:

Mungkinkah perekonomian di Indonesia akan setara dengan negara maju?



Demikian penjelasan tentang hal-hal yang perlu diketahui tentang sistem perekonomian Pancasila. Dengan memahami nilai-nilai, dasar, dan karakteristiknya, kita sebagai warga negara Indonesia tentunya akan lebih paham tentang kondisi ekonomi dan bisnis yang ada di negara ini.

Inilah mengapa pertanyaan “Sistem ekonomi apa saja yang pernah dianut oleh Indonesia?” sebenarnya adalah pertanyaan penting yang jawabannya harus diketahui oleh banyak orang.

Itulah penjelasan terkait sistem ekonomi Negara Indonesia. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan Anda.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR