Skip to main content

Mengenal Sistem Ekonomi yang Dianut Hungaria

Bagi anda pengamat sistem ekonomi negara-negara di dunia, artikel yang satu ini mungkin bisa menjadi bahan referensi anda.

Kali ini informasi yang akan diulas adalah tentang sistem ekonomi dari salah satu negara di Benua Eropa, yakni Hungaria.

Lantas, seperti apakah sistem perekonomian yang dianut oleh Hungaria?

Berikut ini penjelasan lengkapnya.


seperti apakah sistem perekonomian yang dijalankan oleh hungaria
Sistem ekonomi yang dijalankan Hungaria


Sistem ekonomi Hungaria

Perekonomian Hungaria merupakan ekonomi campuran dengan pendapatan tinggi, yang dilihat berdasarkan indeks pembangunan manusia yang sangat tinggi dan tenaga kerja yang terampil. Hungaria juga tercatat sebagai salah satu negara anggota OECD, dengan kesenjangan pendapatan terendah ke-13 di dunia, serta merupakan negara dengan ekonomi terkompleks ke-14 menurut Indeks Kompleksitas Ekonomi.

Hungaria sendiri merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-57 dari 188 negara di dunia (berdasarkan perbandingan versi IMF). Nilai ekonomi negara ini adalah sebesar $265,037 miliar, dengan pendapatan per kapita di peringkat ke-49 dunia (berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja).

Kalau dilihat dari sudut pandang pengeluaran (konsumsi), konsumsi rumah tangga merupakan komponen utama produk domestik bruto Hungaria yang mencakup 50% total PDB di negara tersebut. Kemudian negara tersebut memiliki formasi sebesar 22% dan pengeluaran pemerintah sebesar 20% dari total PDB.


Perekonomian Hungaria tergolong ekonomi pasar yang lebih berorientasi pada ekspor. Adapun nilai ekspor Hungaria di tahun 2015 tercatat sebesar $100 miliar dengan surplus neraca perdagangan sebesar $9,003 miliar. Di tahun yang sama, mitra dagang utama Hungaria adalah beberapa negara di Benua Eropa, seperti Jerman, Austria, Rumania, Slowakia, Prancis, Italia, Polandia dan Republik Ceko.

Dari segi penanaman modal asing, Hungaria tercatat sebagai salah satu negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur yang paling banyak mendapatkan investasi dari luar negeri. Jumlah investasi luar negeri yang langsung masuk ke Hungaria diperkirakan sebesar $119,8 miliar (2015).

Selain menerima investasi asing, rupanya Hungaria juga menginvestasikan modal ke luar negeri -- yakni sebesar $50. Kemudian untuk kapasitas produksi Hungaria, 80%-nya dikuasai oleh swasta. Meski begitu, pihak swasta tersebut dikenakan pajak yang lumayan besar, yakni sebesar 39,1% yang ditujukan untuk mendanai kesejahteraan rakyat negara tersebut.


Dari sektor industri, Hungaria memiliki industri-industri utama seperti pemrosesan makanan, farmasi, kendaraan bermotor, teknologi informasi, bahan kimia, metalurgi, alat mesin, barang listrik dan sektor pariwisata. Hungaria sendiri tercatat sebagai negara produsen elektronik terbesar di Eropa Tengah dan Timur. Bahkan dalam 20 tahun terakhir, Hungaria telah menjadi pusat teknologi mobile, keamanan informasi dan penelitian perangkat keras terkait di kawasan.

Selanjutnya dari sektor angkatan kerja, presentase orang yang bekerja di Hungaria diperkirakan sebesar 67,4% (Januari 2017). Sementara itu, persentase jumlah pengangguran di Hungaria adalah sebesar 4,2% (Juli 2017). Adapun mata uang negara Hungaria adalah Forint Hongaria.


Baca juga:

Mengenal sistem ekonomi Finlandia, negara asal produk HP fenomenal -- Nokia


Demikian pembahasan mengenai sistem ekonomi yang dijalankan oleh Hungaria, salah satu negara di Benua Eropa. Rupanya perekonomian di negara ini juga lumayan berkembang pesat juga, ya.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga