Skip to main content

Kenali Gejala Kelainan Jantung Bawaan


Kelainan jantung bawaan adalah penyakit jantung sejak lahir. Mari ketahui gejalanya demi perawatan yang tepat.


Ilustrasi serangan jantung


Penyakit jantung bawaan adalah masalah pada jantung yang biasanya muncul sejak lahir. Kelainan ini dapat sering menyebabkan berbagai gejala. Terkait ini, ada beberapa gejala yang harus Anda tahu soal kelainan jantung bawaan.


Mengenal penyakit jantung bawaan

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, kondisi penyakit jantung bawaan ini dapat memengaruhi berbagai bagian dari jantung bayi. Mulai dari dinding jantung, katup jantung dan struktur pembuluh darah.

Tingkat keparahan dari kelainan jantung bawaan ini juga bervariasi, mulai dari keadaan yang sederhana, sampai kondisi yang cukup rumit. Bahkan hingga menyebabkan gejala yang mengancam nyawa.


Gejala kelainan jantung bawaan

Kelainan jantung bawaan bisa dideteksi sejak bayi masih dalam kandungan menggunakan beberapa pemeriksaan, salah satunya USG kehamilan. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan rutin jika dokter kandungan mendengar ada yang salah terkait detak jantung pada janin.

Namun, tak semua kasus begitu. Ada juga yang gejala kelainan jantung bawaan tidak terlihat sampai kelahiran. Ini biasanya pada gangguan yang ringan. Akan tetapi, gejala yang dapat timbul adalah irama jantung abnormal, mudah lelah, kesulitan bernapas, dan pembengkakan pada organ tertentu.

Bayi baru lahir dengan kelainan jantung bawaan dapat mengalami berbagai keluhan seperti sesak napas, bibir kebiruan, kulit pucat kebiruan, dan kesulitan untuk makan dengan cukup. Berbagai keluhan ini dapat berdampak pada gangguan pertumbuhan anak.


Perawatan kelainan jantung bawaan

Bila memang anak terlanjur memiliki kelainan jantung bawaan, beberapa catatan penting dalam merawat penderita penyakit ini perlu digarisbawahi oleh orang tua. Perawatan untuk kelainan jantung bawaan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kecacatan yang terjadi. Beberapa bayi dengan kelainan jantung ringan dapat diobservasi dan tidak perlu mendapatkan terapi khusus.

Namun, pada beberapa kasus, para bayi yang mengalami kelainan ini dapat diberikan obat-obatan untuk meringankan gejala yang timbul. Untuk kasus yang lebih berat, operasi jantung adalah satu-satunya solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan penderita kelainan jantung ini.

Sementara itu, kelainan jantung bawaan memang dapat terjadi karena faktor genetik dan biasanya jenisnya berbeda. Untuk menentukan terapi yang tepat, diperlukan pemeriksaan menyeluruh. Jalan satu-satunya adalah memeriksakan anak Anda ke dokter.

Jika sudah terdeteksi, tentu bagus dan memudahkan pemeriksaan. Tapi, bagi bayi yang tidak terdeteksi soal gejala kelainan jantung bawaan, orang tua perlu mengetahui gejalanya.


Baca Juga
[NEW] Daftar situs penyedia dropship