Skip to main content

Tempuh 7 Cara Keluar dari Zona Nyaman Agar “Mendewasa”


Zona nyaman memang menjadi satu pilihan yang tidak ingin dilepaskan oleh beberapa orang. Berada di zona ini berarti sudah mencapai kenyamanan pada titik kemampuan seseorang,  tidak ada tekanan, semua berjalan sesuai keinginan. Tentunya dengan mempertahankan satu kondisi ini mungkin berdampak kurang begitu baik untuk jangka panjangnya.

Hal ini karena adanya kecenderungan hidup pola prinsip yang monoton yang bisa menjadi boomerang bagi kehidupan menjadi tidak berkembang.  Dampak lainnya adalah kurangnya pengalaman untuk memiliki ruang adaptasi yang berbeda sosialisasi.  Sudah saatnya mungkin diantara Anda harus memilih keluar dari zona nyaman karena semakin bertambahnya umur zaman pun semakin moder. Perubahan zaman yang teru maju tentunya terselip beberapa tuntutan yang menjadikan Anda harus mengalami beberapa perubahan tentunya menjadi lebih baik.


Bagaimana cara keluar dari zona nyaman?


Dampak Zona Nyaman

Jika hanya mempertahankan zona nyaman sebagai pedoman hidup ada beberapa hal yang berdampak langsung bagi kehidupan. Diantaranya akan mematikan perkembangan kreativitas Anda. Sebagai satu contoh kasus dalam bidang pekerjaan sangat menyukai bidang menulis tetapi dia lebih memilih untuk bekerja dibidang keuangan. Hal ini sangat kontras dengan hal yang disukai performa pekerjaan. Kedua pekerjaan juga akan menjadi menurun tapi jika ingin memperjuangkan keduanya.

Satu hal yang mungkin Anda bisa mengeksplorasi beberapa tulisan ke beberapa penerbit sehingga pengalaman semakin bertambah.  Dampak yang lainnya yaitu tidak akan berkembang lagi ini bisa dijadikan acuan untuk bisa lebih bijak memilih Jarir maupun profesi kesukaan yang lebih Anda inginkan. Keluar dari zona nyaman akan membuat pola pikir fokus menjadi lebih luas dan terbuka tentunya semakin besar pula peluang keberhasilan Anda.

Inilah 7 cara keluar dari zona nyaman yang bisa dijadikan referensi bagi Anda

1. Mencari hal hal baru yang belum pernah Anda lakukan  sebagai peluang untuk mencapai pengalaman lebih banyak lagi.

2. Jika ingin keluar dari zona nyaman hal yang paling utama yaitu harus dipikirkan secara matang matang jangan mengambil keputusan tanpa mengetahui jalan yang akan dipilih jika sudah mantap keluar dari. Kebiasaan rutinitas yang sudah nyaman cara terbaik keluar dari zona nyaman dengan adanya keinginan tekad dan niat beberapa hal ini yang akan menjadikan beberapa diantara Anda bisa berpikir potensi lebih yang dimiliki

3. Mulai dari beberapa hal kecil bisa dilakukan untuk keluar dari zona nyaman sebagai satu contoh dalam pergaulan mungkin beberapa diantara Anda yang cenderung hanya bersosialisasi dengan beberapa orang jika ingin keluar dari zona nyaman dapat dilakukan dengan saling bertegur sapa dengan beberapa teman mulai bergabung dengan beberapa teman untuk bersosialisasi lebih banyak lagi dengan hal ini bisa mengetahui karakter banyak orang lain.

4. Perbanyak renungan dan introspeksi diri apakah selama ini yang telah Anda lalui sudah mencapai hasil memuaskan atau belum jika hal ini belum terealisasi dengan baik ada baiknya melakukan perubahan dan lebih memilih serta memikirkan hal apa yang harus dilakukan kedepannya untuk mencapai keberhasilan yang belum menjadi kenyataan jangan sampai keberhasilan dan kesuksesan tertunda karena mempertahan zona nyaman dibandingkan menemukan hal hal baru yang bisa jadi potensi dalam keberhasilan hidup

5. Ambil kesempatan yang terbaik,  sebagai salah satu contoh ketika menerima pekerjaan baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya segeralah ambil karena mengambil kesempatan di bidang yang belum dijumpai sebelumnya akan menciptakan pengalaman sendiri yang bisa dijadikan bahan pendewasaan diri bagi Anda. Apapun hal hal yang kanan terjadi tetaplah yakin jangan sampai goyah dengan berbagai perubahan yang akan terjadi kedepannya jangan takut untuk mengambil keputusan dan ragu terhadap resiko yang akan dialami nantinya

6. Bahan pertimbangan lain yang bisa dijadikan satu cara untuk keluar dari zona nyaman ada baiknya anda menulis beberapa point skill yang ada didalam diri anda lewat secarik kertas lalu tulis kelebihan yang Anda miliki disertai dengan hal ini Anda bisa mengetahui beberapa tujuan untuk kedepannya mengenai keputusan yang paling tepat Anda ambil untuk keluar dari zona nyaman

7. Jika Anda mulai jenuh dengan pekerjaan ataupun rutinitas ada baiknya ada juga harus menuliskan beberapa hal yang Anda tidak sukai di dalam secarik kertas tulis beberapa hal yang membuat bosan jenuh dengan aktivitas yang masih dipertahankan hingga saat ini dengan menuliskan beberapa hal yang tidak disukai bisa dijadikan sebagai bahan referensi mengenai beberapa pilihan pekerjaan yang pastinya tidak akan dialami kembali beserta resiko yang akan didapatkannya.


Ingat jangan pernah takut untuk memilih keputusan untuk keluar dari zona nyaman,  dengan keluar dari kebiasaan yang selalu dilakukan Anda akan mencoba hal hal baru jangan jadikan ini sebagai hal yang menakutkan justru ini usia dijadikan tantangan dalam hidup karena semakin banyaknya mencoba tantangan baru Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih berprinsip lagi untuk kedepannya.


Baca Juga
[NEW] Daftar situs penyedia dropship