Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Pahami BI Checking Terlebih Dahulu Sebelum Ngutang ke Bank

BI Checking sering kali digunakan oleh pihak bank guna menentukan apakah seseorang layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak. Dikarenakan hal inilah, tidak sedikit debitur yang merasa kecewa karena skor BI Checking miliknya kurang memenuhi kriteria yang membuat pengajuan kreditnya ditolak. Lalu sebenarnya, apa sih yang disebut sebagai BI Checking itu?

Ilustrasi BI Checking


Mungkin bagi masyarakat awam, istilah BI Checking masih tergolong kurang familiar. Padahal hal ini sangatlah penting untuk diketahui, terutama bagi anda yang ingin mengajukan kredit ke bank. Pada dasarnya, BI Checking merupakan Informasi Debitur Individual (IDI Historis) yang menunjukan laporan atau historis keuangan para debitur.

Di dalamnya, pihak bank dapat melihat data debitur seperti identitas, agunan, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana atau pembiayaan yang diterima, penjamin, serta kolektibilitas, dan dari sini pula pihak bank dapat melihat secara jelas mengenai kelancaran pembayaran yang dilakukan oleh nasabah.

Seluruh informasi yang ada kemudian disimpan pada sebuah Sistem Informasi Debitur (SID) yang dimana bila ada suatu lembaga yang mengajukan permintaan BI Checking, maka data yang terdapat di dalam sistem tadi akan diberikan.


Tips Menaikan Skor BI Checking

Perlu diketahui bahwa penggunaan kartu kredit akan sangat mempengaruhi skor BI Checking. Hal tersebut disebabkan kelancaran pembayaran tagihan kartu kredit sepenuhnya akan dicatat kelak ke dalam sistem BI Checking tersebut.

Sebelum membahas mengenai cara memiliki skor BI Checking yang baik, ketahui dulu tingkatan skor nya. Terdapat lima peringkat skor, yaitu:

- Skala 1 : Kredit Baik (Lancar)

- Skala 2 : Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK), atau Kredit dengan mutasi yang tidak lancar selama 1 – 2 bulan

- Skala 3 : Kredit tidak Lancar atau Kredit yang mutasinya tidak lancar selama 3 – 6 bulan

- Skala 4 : Kredit Diragukan atau Kredit tidak lancar yang sudah melebihi jatuh tempo namun belum diselesaikan oleh debitur

- Skala 5 : Kredit Macet atau Usaha pengaktifan kembali kredit tidak lancar namun gagal.


Jika anda mendapatkan skor di skala 1, maka dapat dipastikan pengajuan kredit akan segera diterima, namun bila ternyata anda berada di skala 5 ataupun 4, maka pengajuan belum tentu akan langsung diterima. Nah, agar skor BI Checking anda berada di skala yang baik, yuk ketahui beberapa cara berikut ini:


1. Bayar Penuh

Walaupun terdapat pilihan untuk membayar tagihan minimum sebesar 10% dari total tagihan, cobalah untuk selalu membayar penuh tagihan setiap bulannya. Hal tersebut dikarenakan pembayaran minimum hanya akan dapat membuat tagihan anda semakin menumpuk.
Ketika anda membayar tagihan dengan jumlah minimum, maka sisa pembayaran yang tersisa akan digabungkan dengan bunga dan jumlah tagihan di bulan berikutnya, yang tentunya akan semakin menguras kantong.


2. Jangan Pernah Melewati Jatuh Tempo

Setiap bank yang melayani kredit nasabah, biasanya mereka akan memberlakukan tanggal jatuh tempo bagi para debitur yang rata-rata paling maksimal 15 hari setelah tagihan tersebut tercetak. Nah, jika tidak terdeteksi adanya pembayaran hingga melebihi jangka waktu yang telah ditentukan, maka kartu anda akan tergitung menunggak.

Tunggakan yang terjadi terhadap kartu kredit anda akan memberikan pengaruh yang cukup besar di dalam BI Checking anda, yang tentunya hal tersebut juga akan mempersulit anda untuk mengajukan kredit ke depannya. Mengunggak 1 – 2 bulan saja, permohonan kartu kredit sudah sulit untuk dikabulkan.

Informasi mengenai BI Checking ini memang penting untuk diketahui, khususnya bagi para nasabah yang ingin mengajukan kartu kredit. Untuk mengecek apakah BI Checking anda baik atau tidak, sekarang sudah tidak perlu menunggu untuk mengajukan kredit dulu, karena BI Checking sudah dapat dilakukan pengecekan melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Ingin tahu bagaimana caranya? Baca saja informasi lengkapnya melalui https://www.cekaja.com/kredit/news/138911-kenali-bi-checking-sebelum-ngutang-ke-bank.html. Jangan sampai pengajuan kredit anda ditolak karena BI Checking yang tidak memenuhi syarat.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR