Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Ternyata Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa Berbeda Lho, Cek Penjelasannya Di Sini!


Saat ini sebagian rakyat Indonesia bisa dikatakan telah mengerti arti pentingnya memiliki asuransi semasa hidup. Produk finansial yang dulunya dianggap kebutuhan tersier ini memiliki berbagai manfaat, baik untuk memproteksi diri sendiri atau sebagai aset yang bisa digunakan saat berbagai risiko terjadi di masa mendatang. Kurangnya informasi mengenai jenis-jenis asuransi, mengakibatkan beberapa orang masih belum paham akan perbedaan jenis asuransi. Salah satu contohnya ialah perbedaan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang dianggap sebagian orang memiliki fungsi sama. Tanpa berlama-lama, mari kita bahas mengenai perbedaan jenis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa agar Anda tidak keliru lagi.


Ilustrasi Asuransi Jiwa


Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan diberikan kepada nasabah untuk tujuan perlindungan kesehatan. Manfaatnya ialah biaya untuk membayar dokter, rumah sakit, obat ataupun operasi akan terasa lebih ringan karena sebagian dananya diberikan oleh pihak penyedia asuransi kesehatan.

Terlebih dahulu seorang nasabah yang menggunakan layanan asuransi ini haruslah membaca beberapa ketentuan seperti penyakit apa saja yang bisa di cover biayanya oleh pihak asuransi. Berdasarkan jenis pengelolaan dananya, asuransi kesehatan dibagi menjadi 2 tipe yaitu asuransi kesehatan dari pemerintah dan asuransi kesehatan dari pihak swasta.

• Asuransi Kesehatan Pemerintah
Asuransi kesehatan pemerintah ini dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan wajib digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu ketentuan dari BPJS Kesehatan yang dinilai mampu meringankan beban golongan tertentu ialah tidak adanya pembayaran premi yang dibebankan. Sehingga dapat dikatakan biaya pengobatan yang ditanggung oleh BPJS untuk golongan tersebut gratis. Namun ada pula golongan yang harus tetap membayar premi sesuai ketentuan.

• Asuransi Kesehatan Swasta
Asuransi kesehatan swasta biasanya ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi diluar sana dengan berbagai penawaran menarik. Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era saat ini tentunya bisa memudahkan Anda untuk mencari asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemauan Anda.

Selain dilihat dari jenis pengelolaan dana, asuransi kesehatan juga memiliki jenis lainnya dilihat dari cara penggantian. Dikenal pula istilah cashless dan reimbursement untuk jenis ini. Cashless adalah metode yang mana Anda sebagai nasabah cukup menunjukkan kartu keanggotaan asuransi pada pihak rumah sakit. Nantinya pihak asuransi akan langsung menghubungi rumah sakit untuk menanggung biaya perawatan.

Sementara metode reimbursement adalah metode dimana nasabahlah yang terlebih dahulu menanggung biaya kesehatannya sendiri. Setelah semua urusan selesai, pihak asuransi akan mengganti sejumlah dana yang dikeluarkan oleh nasabahnya melalui pengajuan klaim dari nasabah itu sendiri.


Asuransi Jiwa

Berbeda halnya dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa diberikan kepada nasabah yang membutuhkan perlindungan saat orang terdekat meninggal dunia. Perlindungan yang diberikan berupa sejumlah uang pertanggungan untuk ahli warisnya sebagai pengganti nafkah dari orang yang telah tiada. Tidak hanya itu saja, asuransi jiwa bisa digunakan pula untuk seseorang yang mengalami cacat atau penyakit yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh, sehingga ia tidak mampu lagi bekerja. Terdapat 4 jenis asuransi jiwa yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah:

1. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)
2. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)
3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment)
4. Asuransi jiwa unitlink (produk asuransi sekaligus investasi)


Nah itu tadi sekilas info mengenai perbedaan jenis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Jika saat ini kamu belum memiliki asuransi, kamu bisa mengunjungi CekAja.com untuk membantumu mencari jenis asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Ingatlah melindungi aset adalah hal terpenting, jadi jangan sampai tidak memiliki asuransi ya. Untuk mengajukan asuransi, coba kunjungi laman situs https://www.cekaja.com/produk-asuransi/.


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR