Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Berjualan Online Melalui Iklan Baris


Dulu, pebisnis cuma bisa memasang iklan baris di koran. Caranya pun cukup rumit. Mereka harus menelepon pihak koran, kemudian mendeskripsikan iklan yang mau dipasang berikut nomor kontaknya.

Nah, di era modern ini, kamu bisa berjualan online sekaligus pasang iklan baris di Internet.

Selain lebih mudah, potensi ditemukan oleh masyarakat pun cukup besar. Soalnya, siapa sih di zaman sekarang yang nggak pakai Internet?





Pengguna media sosial di Indonesia saja bahkan sudah mencapai 150 juta jiwa per tahun 2019 lho.

Iklan baris sangat potensial buat mendongkrak bisnismu. Untuk itu, pelajari kiat pasang iklan baris dalam proses berjualan online di sini ya:


Memasukkan Deskripsi Singkat, Padat, Jelas

Bikin iklan baris jelas beda banget dengan bikin campaign di media sosial. Saat membuat kampanye, kamu bisa main-main dengan bahasa, asal menarik dan membekas di hati warganet.

Kalau kamu mau membuat iklan baris, kamu harus menggunakan deskripsi yang singkat, padat, tetapi jelas. Soalnya, pengguna Internet di iklan baris cuma mau mencari informasi barang, gak lebih.

Jika iklanmu bertele-tele, pengguna bakal bingung dan merasa malas buat membeli produkmu.


Pilih Platform

Ada banyak platform iklan baris yang tersedia di Internet. Misalnya seperti OLX, atau iklan.gratis. Pilih platform yang mau kamu pakai, dan sesuaikan dengan peraturan platform tersebut.

Setiap platform punya format yang berbeda-beda, jadi, kamu bisa sesuaikan dengan produk kamu. Harus kamu ingat bahwa platform iklan baris nggak menyediakan sistem rekening bersama apalagi jual beli.

Jadi, sistem jual-beli terjadi langsung antara penjual dan pembeli. Di sinilah kepercayaan harus ada antara pembeli dan penjual. Risiko tertipu besar, maka disarankan bagi kedua belah pihak untuk berhati-hati.


Beri Kontak yang Jelas

Karena platform iklan baris nggak menyediakan sistem jual beli, maka kamu wajib memasukkan kontak yang jelas.

Gunakan nomor telepon yang memang sering kamu pakai, kalau perlu yang sudah terdaftar berbagai aplikasi messenger seperti misalnya Whatsapp dan Line.

Kalau pembeli susah buat menghubungi kamu, maka mereka bakal malas buat melakukan transaksi lebih lanjut. Mereka juga bakal mengira kalau kamu main-main, bahkan berniat untuk menipu.


Masukkan ke Kategori yang Benar

Berbagai platform iklan baris punya kategori-kategori iklan tertentu. Misalnya, kategori properti, kendaraan, makanan, dan sebagainya.

Pilih kategori iklan baris yang benar. Soalnya, hal ini akan memengaruhi jumlah orang yang melihat iklanmu.

Kalau kamu menaruh rumah yang mau kamu jual di kategori kendaraan, orang nggak akan menemukan iklanmu di kategori properti. Rugi banget, kan?


Gambar Sesuai

Beberapa platform nggak cuma menyediakan ruang buat kalimat iklan, tetapi juga foto. Ini merupakan sesuatu yang wajib buat kamu perhatikan. Pasang foto yang jelas, supaya pembeli tahu produk apa yang kamu jual.

Hindari mengambil foto yang memuat copyright, dan jangan mencuri foto dari orang lain. Walau niatmu bukan buat menipu, tetapi ini bakal bikin kamu dicap nggak profesional.

Bukan cuma itu, kamu bahkan bisa dituntut karena menyajikan informasi yang salah serta mencuri hak cipta orang lain. Tentu kamu nggak mau hal buruk ini terjadi saat menjalankan bisnis berjualan online.

Setelah kamu memasang kalimat deskripsi yang jelas dan mengunggah foto serta memasukkan kategori, kini kamu bisa menerbitkan iklanmu.

Sekarang, kamu sudah tahu betapa mudahnya pasang iklan baris di Internet buat berjualan online. Kamu bisa pilih cara ini, atau manfaatkan platform e-commerce jika kamu ingin pakai sistem jual-beli dari platform bersangkutan.

Mana yang lebih baik?

Tentu itu semua tergantung keperluanmu ya.

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR